ADVERTISMENT

img
Ide

Ide Bisnis Sampingan Bagi Karyawan Untuk Menambah Cuan

Ide Bisnis Sampingan Bagi Karyawan Untuk Menambah Cuan
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Sebagai karyawan di sebuah perusahaan baik karyawan swasta atau pegawai negeri sipil (PNS), tidak ada salahnya melakukan usaha sampingan karyawan untuk meraih tambahan penghasilan.

Tentunya, sebelum memulai usaha sampingan. Sebaiknya pertimbangkan jenis usaha yang tidak mengganggu pekerjaan. Anda memang harus memikirkan cara membagi waktu antara pekerjaan utama dan usaha sampingannya, agar tetap profesional. 

Dilansir dari Indeed, selain alasan penghasilan tambahan. Biasanya, alasan lain mengapa karyawan melakukan usaha sampingan untuk mengeksplor kemampuan atau menuruti hobi di luar pekerjaan full time sebagai karyawan. 

Berikut ulasan Bisnis terkait sejumlah ide usaha sampingan karyawan yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang mau memulainya.

1. Social Media Expert Melansir dari Inc.

Beberapa orang memiliki barang yang ingin mereka jual secara online tetapi tidak punya waktu untuk memotret barang tersebut, membuat deskripsi, dan mempostingnya di situs yang berbeda. Anda dapat memulai bisnis dengan membantu orang lain menjual barang mereka secara online dan mendapatkan komisi dari harga jual akhir.

2. Menulis

Usaha sampingan sebagai penulis, blogger, kontributor atau bahkan content writer bisa menjadi pilihan. Anda juga bisa mengikuti lomba-lomba menulis yang diselenggarakan. ANda bisa mengerjakannya saat istirahat kantor, sepulang kerja, atau di akhir pekan. 

3. Fotografi

Apabila Anda punya keahlian memotret, maka usaha sampingan fotografi akan sangat menjanjikan. Sebagai permulaan, Anda cukup menawarkan jasa tersebut ke orang-orang di kantor. Kalau hasil Anda bagus, maka Anda bisa merambah ke tempat yang lebih luas.

4. Jual Foto Online

Menjual gambar ke berbagai platform stok fotografi online bagi yang tertarik dengan fotografi dan editing foto. Gambar Anda dapat berupa alam, orang, peristiwa, landmark, atau aktivitas. Anda dapat membuat foto lebih menarik dengan mengeditnya.

5. Kerajinan

Jika Anda menyukai kerajinan tangan, seperti membuat dari bahan bekas, daur ulang, menyulam, menjahit. Maka, Anda bisa jadikan hobi tersebut sebagai sebuah usaha sampingan. Apalagi mengingat, kini banyak orang suka dengan kerajinan tangan yang unik. 

Nah, itu tadi beberapa ide usaha sampingan bagi karyawan untuk menambah penghasilan. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mencari referensi ide usaha sampingan. Terima kasih salam semangat semoga sukses.

sumber : https://entrepreneur.bisnis.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.