ADVERTISMENT

img
Ide

Boba Minuman Segar, Peluang Cuan Bagi Para Pelaku UKM

Boba Minuman Segar, Peluang Cuan Bagi Para Pelaku UKM
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Minuman boba adalah salah satu minuman viral dan kekinian serta banyak digemari oleh masyarakat Indonesia terutama kalangan anak-anak, remaja dan dewasa.

Dianggap kekinian karena minuman boba ini disajikan dalam kemasan yang apik dan menarik. Foto-foto tentang minuman ini cukup banyak diunggah di berbagai media sosial oleh para warganet. Walau sebenarnya minuman Boba sudah ada sejak kurang-lebih 40 tahun silam.

Era tahun 80-an minuman ini telah mulai diperkenalkan. Kita akan bahas asal-usul boba yang kembali viral ini.

Asal Usul Boba

Pada tahun 1980-an banyak kedai teh yang mulai memasukkan es teh susu ke dalam daftar menunya. Dan pada tahun 1987, sebuah kedai teh bernama Chun Shui Tang Teahouse (sebagaimana dilansir situs kuliner Chowhound) di kota Taichung, Taiwan, memperkenalkan Boba sebagai topping pada teh susunya (milk tea).

Tahukah kalian, ternyata kata boba sendiri berasal dari bahasa slang/plesetan/gaul bahasa China. Namun Banyak orang lebih suka menyebutnya dengan bubble tea atau bubble drink.

Minuman Boba mulai masuk di Indonesia pada awal tahun 2000-an yang dipelopori oleh sebuah brand Hop Hop The Bubble Drink. Dan sejak beberapa tahun terakhir ini minuman yang terbuat dari tepung tapioka yang dibentuk bulat kecil-kecil tersebut kembali viral dan menjadi tren.

Peluang Usaha Boba

Menjual minuman Boba tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Namun Anda harus jeli dalam memilih lokasi strategis, menyiapkan kemasan yang menarik dan membuat booth atau gerobak dengan desain yang kekinian.

Pelaku UMKM bisa membuka usaha ini secara perorangan atau beberapa orang untuk membentuk usaha mikro. Jika tidak dijadikan mata pencaharian sehari-hari, Anda bisa membuat kelompok kecil dan aktif berjualan disetiap ada event acara yang mengundang keramaian.

Disini Anda akan memperoleh double keuntungan yaitu bisa melihat event acaranya dan memperoleh cuan.

Proses Pembuatan Boba

Lalu bagaimana proses membuat boba itu sendiri? Anda wajib simak penjelasan berikut :

Membuat boba bisa dibilang cukup sederhana dan bahannya pun mudah didapat.

Langkah-langkah pembuatan boba :

  1. Siapkan kurang lebih 60ml air mendidih dalam mangkuk tahan panas.
  2. Masukkan 60-70 gram tepung tapioka ke dalam mangkok berisi air mendidih tadi. Boleh juga ditambahkan sedikit pewarna makanan. Aduk sampai rata kemudian tutup adonan tersebut dengan serbet/kain yang lembab agar adonan tidak mengering. Biarkan beberapa menit.
  3. Setelah agak dingin, bentuk adonan tadi menjadi bulatan kecil-kecil. Letakkan bulatan-bulatan kecil tersebut ke wadah loyang/nampan yang telah dialasi kertas roti. Biarkan bulatan-bulatan Boba tersebut mengering dalam waktu 2-4 jam.
  4. Siapkan panci dan isi dengan air kurang-lebih setengahnya dan rebus air hingga mendidih. Setelah air mendidih, masukkan bulatan-bulatan Boba yang telah mengering tadi ke dalam panci. Boba akan tenggelam dan jika sudah setengah matang Boba aka mengapung. Biarkan 15-20 menit lagi hingga bulatan-bulatan Boba menjadi matang. Angkat Boba yang telah matang dan tiriskan.
  5. Campurkan teh, susu dan es batu. Disini Anda harus banyak melakkan uji-coba untuk mendapatkan takaran yang pas. Anda bisa memilih memakai susu murni tapi boros atau memakai kental manis yang lebih ekonomis. Setelah campurannya pas, masukkan Boba sebagai topping-nya.

Pengemasan

Setelah proses pembuatan selesai, Anda bisa menjual boba dalam bentuk kering dan menggunakan kemasan plastik yang kedap udara dan pastikan tidak bocor.

Jadi apa bila Anda ingin menjual boba dalam bentuk kering, proses pengolahan boba cukup sampai pada proses pembulatan boba kecil-kecil dan biarkan boba mengering dalam waktu 2-4 jam. Tanpa direbus dan kalian sudah bisa mengemasi boba tersebut.

Pemasaran

Untuk pemasaran, kalian bisa langsung menjual boba ke toko-toko kue atau bahan-bahan kue. Dan bisa pula langsung ke para pelaku UKM penjual minuman dingin boba. 

Atau bila perlu kalian bisa membuka usaha minuman dingin boba menggunakan gerobak atau booth sendiri, dan dapat meminimalisir modal untuk memulai usaha boba.

Itu tadi adalah cara pembuatan boba serta peluang usaha dari berbisnis boba. Semoga menjadi salah satu referensi Anda untuk memulai bisnis. Semoga bermanfaat!

sumber : https://www.klarisan.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.