ADVERTISMENT

img
Ide

Ide Robbins, Mantan Cleaning Service Toilet Ini Kekayaannya Capai Rp 9 T

Ide Robbins, Mantan Cleaning Service Toilet Ini Kekayaannya Capai Rp 9 T
Artikel ditulis olehAhmad Saleh

Perjalanan menuju kesuksesan memang tidaklah mudah. Hal ini juga dirasakan oleh Tony Robbins sebelum dirinya dikenal sebagai pelatih, motivator, dan salah satu pembicara termahal di dunia.
Siapa sangka, pria dengan kekayaan mencapai US$ 600 juta atau setara Rp 9 triliun (kurs Rp 15.000) ini dulunya hanya seorang pembersih toilet.

Dilansir dari Investors dan The Strive, Anthony Robbins lahir dengan nama asli Anthony J. Mahavorick, pada 29 Februari 1960 di Hollywood Utara California. Hubungan yang tidak stabil antara sang ibu dengan ayah tirinya membuat lingkungan keluarga yang keras bagi dirinya dan saudara-saudaranya.

Sebagai anak tertua dari tiga bersaudara lainnya, Robbins akhirnya harus bertanggung jawab terhadap kehidupan saudara-saudaranya. Sampai ada satu titik di mana Robbins harus kerja banting tulang di masa sekolahnya untuk membayar tagihan.

Namun, semuanya berubah saat ia menginjak usia 17 tahun. Pertengkaran besar terjadi antara Robbins dan ibunya hingga akhirnya ia memutuskan untuk keluar dari rumah.

Robbins adalah anak yang rajin. Saat SMP ia mengambil kursus membaca cepat dan membaca hampir 700 buku terkait psikologi dan pengembangan diri hingga waktu SMA.

Namun sayangnya, setelah lulus SMA ia tidak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Ia lebih memilih melakukan pekerjaan kasar demi memenuhi kebutuhan hidupnya, yakni sebagai petugas kebersihan. Dari pekerjaan itu, ia mendapat US$ 40 (Rp 600 ribu) dalam seminggu.

Pada masa itu, ia bahkan pernah hampir tidak menghasilkan cukup uang untuk bertahan selama beberapa tahun. Meski demikian, pekerjaan itu memberikan banyak ruang baginya untuk berpikir dan mengembangkan dirinya.

Karena tuntutan ekonomi, ia akhirnya merambah ke bidang sales dengan menjual langganan musik dari pintu ke pintu. Pekerjaan ini pun mampu membuatnya menghasilkan US$ 3.000 atau setara Rp 45 juta dalam sebulan.

Tidak lama setelah itu, Robbins memulai karirnya dengan mempromosikan seminar untuk pembicara motivasi Jim Rohn. Jim Rohn adalah seorang penulis, pembicara motivasi sekaligus seorang pengusaha.

Sumber : detik.finance

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.