ADVERTISMENT

img
Ide

10 Inspirasi Jualan Makanan Serba Lima Ribu Dijamin Laris

10 Inspirasi Jualan Makanan Serba Lima Ribu Dijamin Laris
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Ada banyak ide usaha yang hanya membutuhkan modal kecil, tapi mampu menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi. Salah satu ide usaha yang cocok dengan kriteria tersebut adalah usaha makanan ringan.

Makanan ringan sering kali hanya membutuhkan modal yang kecil, tapi mampu meraih potensial laris yang tinggi dan keuntungan yang cukup besar. Hal ini dapat terjadi karena masyarakat Indonesia yang gemar ngemil. Ingin tahu apa saja ide usaha makanan ringan yang menjanjikan?

Simak beberapa inspirasi jualan makanan serba lima ribuan berikut ini:

1. Keripik Singkong

Bila sebelumnya membahas usaha singkong keju, kali ini adalah singkong yang diubah menjadi keripik singkong.

Untuk mengubah singkong utuh menjadi keripik singkong, Anda perlu memotongnya secara tipis dan kecil agar memperoleh tekstur yang garing saat dimakan. Ada berbagai alat bantu yang mampu memotong singkong menjadi tipis dan kecil atau sesuai dengan keinginan penjual.

Usaha keripik singkong ini dapat dikreasikan sesuai dengan ciri khas penjual. Ada yang membuat keripik singkong dengan rasa pedas manis, gurih, sangat pedas, dan lainnya.

2. Pisang Ijo

Pisang ijo atau es pisang ijo adalah makanan khas Makassar yang berpotensial laris karena bentuknya yang unik dan inovatif, yaitu buah pisang yang dibalut dengan tepung berwarna hijau. Menurut Sawwal dan Cahyo, prospek usaha pisang ijo cukup cerah karena rasanya yang lezat, tetapi pesaingnya relatif sedikit di pasaran sehingga jauh lebih berpotensial bila menjalankan usaha ini.

3. Pisang Cokelat

Ide usaha makanan ringan selanjutnya adalah pisang cokelat atau yang biasa disebut piscok. Pisang cokelat merupakan makanan ringan yang memadukan unsur tradisional dan modern. Target konsumen dari usaha ini sangat beragam, tetapi target yang paling berpotensial adalah anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua dari kalangan menengah ke atas.

4. Makaroni Pedas Level

Jenis usaha makanan ringan selanjutnya yang berpotensi laris adalah makaroni pedas level. Makaroni pedas level adalah pasta jenis makaroni yang kemudian dikeringkan bagai kerupuk dan diberi kepedasan dengan tingkat atau level yang berbeda-beda, mulai dari level 1 yang minim pedas hingga level tertinggi yang bisa dibuat oleh penjual.

5. Stik Bawang

Stik bawang merupakan makanan ringan yang terbuat dari olahan tepung dan bawang yang kemudian dibentuk stik memanjang. Makanan ringan satu ini memiliki banyak variasi. Pada tahun 90-an, kue bawang diolah dengan hanya digunting secara manual. Namun, seiring berjalannya waktu, kue bawang dibentuk melalui cetakan yang disesuaikan dengan selera atau keinginan penjual.

6. Kuping Gajah

Usaha makanan ringan selanjutnya yang berpotensi laris dengan harga Rp 5.000 adalah kuping gajah. Meski memiliki nama kuping gajah, makanan ringan satu ini tidak berasal dari kuping gajah asli. Rasanya manis dan renyah, biasa dijual secara kiloan sehingga mudah dijangkau penjual grosiran.

7. Basreng

Basreng atau bakso goreng merupakan makanan ringan khas Sunda yang terbuat dari bakso ikan dan digoreng. Biasanya, basreng dicampur dengan bumbu rempah, lada, dan cabe. Penjualan basreng bisa dikatakan mirip dengan makaroni pedas level karena basreng akan diberikan tingkat kepedasan yang variatif ketika dijual di pasaran. Namun, hal ini memang bergantung pada penjualnya.

Basreng menjadi makanan ringan yang banyak digemari karena mayoritas masyarakat Indonesia merupakan penikmat pedas. Meskipun begitu, basreng juga dijual dalam bentuk original tanpa pedas agar bisa dikonsumsi anak-anak atau mereka yang tidak menyukai pedas.

8. Kue Sus Kering Cokelat

Ide usaha makanan ringan selanjutnya adalah kue sus kering cokelat. Makanan ringan satu ini memiliki kerenyahan di luar dan kelembutan di dalam. Isi dari kue sus kering dapat dikreasikan sesuai dengan keinginan penjual juga. Anda dapat membuat rasa isian yang lain, seperti vanila dan green tea.

9. Kerupuk Emping

Kerupuk emping merupakan makanan ringan khas Indonesia yang terbuang dari biji melinjo. Terlepas dari rasanya yang pahit, kerupuk emping masih digemari banyak orang. Selain menjadi cemilan, kerupuk emping sering disajikan dengan makanan berat, misalnya nasi goreng, nasi uduk, nasi gurih, nasi ayam penyet, dan nasi kuning.

10. Kacang Telur

Usaha makanan ringan selanjutnya yang berpotensi laris adalah kacang telur. Makanan ringan satu ini dibagi menjadi dua rasa, yaitu asin dan manis. Komposisinya sama saja, yaitu kacang tanah, telur, tepung ketan, bawang putih, garam, dan ketumbar.

Namun, kacang telur manis didominasi gula pasir sebagai pemanisnya. Kacang telur menjadi salah satu makanan ringan yang digemari karena sifatnya tahan lama, praktis, dan awet sehingga tidak perlu menghadapi risiko takut basi.

Itulah beberapa inspirasi usaha makanan serba lima ribuan yang berpotensial laris. Ide-ide ini berpotensial laris karena modalnya yang cenderung kecil, tetapi jenis makanannya diminati oleh kalangan luas sehingga mampu meraih keuntungan yang besar.

sumber: https://finance.detik.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.