ADVERTISMENT

img
Ide

Proses Pembuatan Abon Cakalang dan Tips Agar Tahan Lama

Proses Pembuatan Abon Cakalang dan Tips Agar Tahan Lama
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Semua orang pernah mencicipi abon, makanan yang satu ini terbuat dari serat daging hewan, berwarna cokelat kehitaman. Makanan yang bercita rasa khas manis ini biasanya terbuat dari daging sapi dan ayam, namun kini abon memiliki banyak variasi sendiri.

Di antaranya abon bisa juga terbuat dari berbagai macam bahan baku, salah satunya berbahan dasar ikan. Abon ikan ini cukup laris manis dan digemari banyak orang lho.

Pasalnya abon ikan memang memiliki rasa yang lezat dan sangan nikmat. Abon ikan ini sangat cocok disajikan sebagai lauk utama. Nggak perlu nambah lauk lain lagi, cukup disajikan sebagai teman nasi hangat, tuangkan abon ikan di atasnya. Aduk rata bersama nasi, atau makan secara perlahan. Dijamin endes banget.

Bagaimana tidak enak? Bentuk dan rasa dari abon ikan ini nggak kalah dari abon daging sapi atau ayam. Selain itu abon ikan juga sehat karena mengandung nutrisi bagus untuk tubuh.

Nah, meskipun beda bahan dasarnya, namun cara pembuatan abon ikan ini tak beda jauh dari abon daging kok. Kamu bisa juga membuat abon ikan ini langsung di rumah. Sehat dan nikmat diraih, hemat pun tak terelakkan. Dan sekaligus menjadi peluang usaha Kamu lho karena mengingat banyaknya penggemar abon ikan ini.

Abon ikan ini juga bisa kamu bawa saat perjalanan jauh, untuk menu santap saat perjalan atau dijadikan sebagai oleh-oleh saat berwisata. Yuk langsung buat abon ikan di rumah, simak cara mudahnya seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (29/10).

Cara Membuat Abon Ikan Cakalang

abon

Berikut cara membuat abon ikan cakalang yang bisa kamu praktekkan langsung dan bisa menjadi ide usaha:

Bahan:

  • 1 ekor ukuran sedang ikan cakalang
  • 3-4 cm jahe
  • 1 batang daun bawang
  • 15-20 cabe rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • garam secukupnya
  • 3-4 siung bawang merah
  • minyak goreng secukupnya
  • micin secukupnya
  • 1 sachet kecil kecap manis

Cara membuat:

  1. Cuci bersih daging ikan dengan diberi perasan lemon atau cuka dan garam.
  2. Potong ikan jadi 2 bagian, kukus selama 10-15 menit.
  3. Angkat, tunggu sedikit dingin. Suwir-suwir ikan sesuai selera.
  4. Goreng ikan hingga agak kuning selama 2-3 menit. Angkat dan tiriskan.
  5. Haluskan bumbu, cabai rawit, jahe, bawang putih, bawang merah, daun bawang.
  6. Tumis bumbu halus, masukkan suwiran ikan cakalang. Aduk rata.
  7. Tuang sedikit kecap manis. Tunggu sampai ikan kering, angkat.

Tips Agar Abon Tahan Lama

Jangan buru-buru menyimpan abon ketika sudah matang. Abon yang sudah kering ini perlu dibiarkan terlebih dahulu di suhu ruangan supaya panasnya menguap. Jika langsung disimpan dalam wadah tertutup saat masih panas, abon tidak akan renyah dan baru 2 hari, pasti sudah basi.

Setelah panasnya menguap, barulah simpan abon dalam wadah tertutup dan kedap udara. Abon bisa disimpan di suhu ruang saja dan bertahan hingga 1 minggu lamanya. Sementara, jika disimpan di dalam kulkas, daya tahannya bisa menjadi semakin lama, yakni mencapai 1 bulan.

Itulah tadi tips dan resep membuat abon ikan cakalang, semoga artikel ini menjadi salah satu ide usaha Kamu ya. Selamat mencoba dan salam sukses!

sumber: https://www.briliofood.net

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.