ADVERTISMENT

img
Ide

Aesthetic Anyaman Rotan: Keunggulan, Fungsi, dan Peluang Usahanya

Aesthetic Anyaman Rotan: Keunggulan, Fungsi, dan Peluang Usahanya
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Rotan merupakan bahan baku utama kerajinan, lebih tepatnya anyaman rotan. Disebut anyaman, sebab rotan ini dibentuk dengan cara dianyam, menggunakan tekhnik lilitaan sehingga setiap helai rotan membentuk sebuah anyaman yang memiliki keindahan serta banyak ragam bentuk dan fungsi.

Fungsi Anyaman Rotan

Anyaman rotan berfungsi sebagai hiasan bahkan berfungsi sebagai benda pakai. Namun, fungsinya memang lebih banyak pada nilai guna alias benda pakai. Seperti:

  • Tudung saji yang terbuat dari anyaman rotan
  • Kursi goyang
  • Kursi dan meja tamu
  • Ayunan bayi
  • Tempat lampu hias
  • Piring
  • Tempat tisu
  • Tikar
  • Dan lain-lain.

Banyak lagi anyaman rotan lain yang memiliki nilai fungsi. Bahkan, hulahop yang dipakai untuk olahraga pun terbuat dari rotan. Pemisah ruangan yang terbuat dari rotan tidak hanya memiliki fungsi guna, tetapi memiliki fungsi estetis.

Penjual Anyaman Rotan

Anyaman rotan banyak dijual di toko-toko pinggir jalan. Produk industri rumahan ini tetap saja ada dan tetap bertahan hingga kini, karena manfaat dan memang teruji kualitasnya dari segi awet dan keindahan.

Seperti kita lihat di kawasan Setiabudi, Bandung, banyak benda-benda yang berasal dari rotan dijadikan berbagai benda rumah tangga. Misalnya, perangkat kursi meja tamu, kursi makan, kap lampu, pemisah ruangan, tempat buah-buahan, alas piring.

Bahkan, permainan anak yang saat ini sudah jarang atau susah ditemui dijual di tempat ini, yakni kuda-kudaan dari anyaman rotan. Harganya bervariasi sesuai dengan jenis bendanya.

Lebih Awet

Barang-barang rumah tangga yang berasal dari anyaman rotan sesungguhnya akan lebih tahan lama dibanding barang-barang rumah tangga yang terbuat dari busa atau bahan sintetis lain, seperti sofa.

Daya tahan anyaman rotan memang tak diragukan lagi sebab rotan memang dikenal sebagai tumbuh-tumbuhan yang memiliki daya tahan cukup lama.

Kursi-kursi atau meja yang terbuat dari rotan tentulah memiliki usia pakai yang relatif lebih lama dibandingkan kursi-kursi modern zaman ini yang hanya mementingkan segi tampilan, segi model dan desain saja.

Benda-benda yang terbuat dari anyaman rotan bisa bertahan hingga 20 tahun. Bahkan, lebih. Bergantung pula pada cara pakai dan pemeliharaannya.

Perawatan

Dalam memelihara benda anyaman rotan, sebaiknya cukup dilap dengan kain kering yang bersih. Warna rotan akan semakin pekat jika mendapat penyinaran cahaya matahari secara langsung.

Warna putih kekuning-kuningan akan menjadi kuning kecokelat-cokelatan dan akan menjadi lebih pekat jika rotan tersebut tersinari cahaya matahari, terlebih di sore hari. Warna pekat inilah yang membuat anyaman rotan semakin indah dan disukai oleh pemburu anyaman rotan.

Apa kelebihan produk dari rotan?

Produk dari rotan memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki dari bahan lain diantaranya yaitu :

  1. Desain lebih banyak, unik dan artistik.
  2. Ramah lingkungan
  3. Nyaman digunakan
  4. Tahan cuaca
  5. Awet dan tahan lama.

Berapa modal yang diperlukan untuk usaha Pembuatan perabot rotan?

Untuk modal, kami tidak bisa memberikan detail karena pelaku usaha bebas menentukan sesuai dengan dana yang mereka miliki, namun sudah pasti yang dibutuhkan untuk usaha pembuatan furnitur dari rotan ini yaitu memiliki tenaga kerja, memiliki bahan baku, dan memiliki pemasaran yang baik.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa Admin bagikan kali ini tentang peluang usaha kerajinan dari rotan, semoga bermanfaat dan sukses selalu dengan usaha Anda.

sumber: https://ragamhandicraftrajapolah.wordpress.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.