ADVERTISMENT

img
Ide

Peluang Usaha Produk Es Krim Harus Dicoba, Ini Alasannya!

Peluang Usaha Produk Es Krim Harus Dicoba, Ini Alasannya!
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Siapa sih yang ga tau es krim? Sahabat AnekaUKM juga pasti pernah merasakan nikmatnya es krim. Ternyata es krim merupakan sejenis makanan hidangan beku.

Produksi es krim secara komersial mulai dilakukan pada abad ke-18, menyusul ditemukannya mesin freezer pada tahun 1846.

Nah.. Pabrik es krim pertama dibangun di Baltimore, Amerika Serikat, pada tahun 1851. Es krim dapat dikatakan sebagai salah satu jenis makanan yang sangat populer di dunia dan sangat digemari semua kalangan.

Tak hanya lezat, es krim juga sangat baik untuk kesehatan lho! Hal ini karena es krim karena kaya akan nutrisi dan termasuk makanan dengan gizi tinggi.

Komposisi terbesar es krim adalah susu yang merupakan sumber protein dan energi yang dapat membantu pertumbuhan (Chan, 2008).

Susu yang digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan es krim adalah susu skim.

Pada umumnya produk susu skim memperlihatkan label kandungan lemak di bawah 0,5 %. Susu skim atau semi skim yang diproduksi mempunyai kandungan lemak antara 1 % sampai 2 % sehingga memberikan pilihan yang lebih bervariasi pada konsumen.

Es krim biasa dikonsumsi sebagai makanan selingan (desert) dan dikelompokkan dalam makanan cemilan (snack) (Hassanudin, 2011).

Bahan yang digunakan adalah kombinasi susu dengan bahan tambahan seperti gula dan madu atau tanpa bahan perasa dan warna, dan stabilizer.

Bahan campuran es krim disebut ice cream mix (ICM), dengan pencampuran bahan yang tepat dan pengolahan yang benar maka dapat dihasilkan es krim dengan kualitas baik (Susilorini, 2007).

Sahabat AnekaUKM, kita sudah membahas sedikit banyak tentang es krim, nah… sekarang kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai peluang pasar produk es krim.

Mungkin setelah membaca artikel ini Sahabat AnekaUKM mendapat ide untuk membuka bisnis es krim. Maka dari itu, mari di simak dengan seksama ya..!

Mengapa Es Krim?

Sumber gambar: istockphoto.com

Diantara bisnis yang trend, sahabat AnekaUKM perlu melirik bisnis es krim, karena es krim amat digandrungi sekarang ini.

Pasalnya jenis bisnis yang satu ini memiliki peluang pasar dengan laba yang cukup menjanjikan.

Tidak berbeda dengan bisnis makanan atau minuman pada umumnya, peluang bisnis pencuci mulut nan lembut ini sekiranya sangat layak untuk ditekuni. Alasan bisnis es krim ini banyak diminati adalah (Anonim, 2007):

1. Iklim Tropis

Indonesia secara geografis terletak di khatulistiwa. Sehingga bisa dibilang kondisi iklim tropis Indonesia mendukung keberlangsungan menjajal bisnis ice cream.

Terlebih suhu udara cenderung semakin bertambah yang mana pada kenyataannya terasa pas untuk menyantap menu es krim yang nikmat.

2. Diminati oleh Semua Kalangan

sumber gambar: istockphoto.com

Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa bisa dibilang semua senang makan es krim. Karenanya es krim termasuk produk dengan peluang pasar menjanjikan.

Memasarkan produk es krim dirasa lebih mudah dibanding produk asing atau baru. Sehingga yang perlu dilakukan hanyalah membuat mesin es krim yang lezat apalagi jika penyajiannya dibuat dalam kemasan yang menarik.

3. Pasar Bisnis Es Krim Mudah Dicari

Hal-hal yang diperlukan untuk membuka bisnis es krim hanyalah lokasi strategis dan ramai seperti pasar, mall, taman, sekolah, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, pebisnis juga hanya perlu menyediakan mesin es krim yang berkualitas sehingga dapat menghasilkan produk yang baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.

4. Tidak Membutuhkan Banyak Karyawan dan Keterampilan Tinggi

Dalam menjalankan bisnis es krim, hanya dibutuhkan minimal 1 orang karyawan yang bekerja sebagai operator mesin sekaligus merangkap menjadi pelayan dan kasir.

Jadi bisa dibilang 1 mesin hanya membutuhkan 1 karyawan saja. Selain itu, yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis ini adalah ketekunan dan pengalaman.

Pengalaman ini mudah didapatkan dengan mempelajari apa yang ada.

5. Proses Pembuatan Es Krim Mudah dan Cepat

Proses pembuatan es krim terbilang mudah dan tidak mebutuhkan waktu lama. Jumlah produksi dan varian pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan sendiri.

6. Peluang Bisnis yang Tidak Ada Matinya

Peluang bisnis ice cream termasuk binsis yang fleksibel. Maksudnya bisnis ini tidak akan pernah ada matinya. Dari jaman dulu hingga sekarang bisnis ice cream sekiranya akan terus ada.

Tentunya berkembang seiring dengan kemajuan jaman dan inovasi serta kreativitas manusia. Dengan demikian, bila ingin selalu sukses bersaing secara sehat harus mencoba terus berinovasi menyuguhkan varian es krim lezat yang dibuat dengan mesin es krim handal.

Kandungan Gizi Es Krim

Selain lezat, es krim bermanfaat untuk kesehatan. Sebagai informasi untuk Sahabat AnekaUKM, berikut kandungan 1 porsi es krim:

137 gr kalori
40,26 gr kadar Air
2,31 gr protein
7,26 gr lemak
0,59 gr ash
15,58 gr karbohidrat
0,5 gr serat
14,01 gula

Kandungan tersebut mencakup berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan, di antaranya: Vitamin D 33,33% Total lemak (lipid) 20,74% Vitamin B2 12,15% Karbohidrat 11,98% Vitamin C 11,33% Vitamin A 11,14% Vitamin B12 10,83% Fosfor 9,86% Kalsium 8,40% Isoleusin 7,72% Vitamin B5 7,66% Triptofan 6,82% Valin 6,77% Leusin 5,65% Threonine 5,45% Lisin 5,08%.

Manfaat Mengonsumsi Es Krim

Sehingga manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi es krim adalah:

  1. mencegah osteoporosis
  2. meningkatkan kekebalan tubuh
  3. tidak menyebabkan gemuk
  4. indeks glikemik rendah sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama
  5. meningkatkan fungsi saraf dan organ
  6. menurunkan resiko penyakit jantung
  7. menurunkan resiko kanker kolorektal
  8. menurunkan resiko hipertensi
  9. membantu menurunkan berat badan
  10. meningkatkan libido
  11. meningkatkan kesuburan
  12. membantu merangsang otak
  13. membantu memperkuat tulang
  14. menambah energi
  15. memperbaiki mood
  16. Dan mencegah kanker payudara. (Admin, 2020).

Performa Bisnis Es Krim di Indonesia

Seperti yang kita ketahui produk pangan khususnya makanan dan minuman siap saji saat ini memiliki prospek pasar yang semakin luas.

Hal ini disebabkan karena adanya pergeseran pola konsumsi masyarakat yang akan menimbulkan perubahan pola belanja yang dipicu oleh perubahan pola pikir.

Selain itu adanya peningkatan pendapatan per kapita penduduk Indonesia membuat kemampuan daya beli masyarakat juga semakin meningkat. Salah satu produk yang mengalami pertumbuhan adalah es krim.

Terlihat dari grafik di atas, dari tahun ke tahun, pertumbuhan dan perkembangan industri es krim di Indonesia semakin meningkat.

Meskipun peningkatan permintaan tersebut menunjukkan nilai yang cukup tinggi, namun konsumsi es krim per tahun di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Singapura, dan Thailand yang telah mencapai angka lebih dari 1,2 liter per orang per tahunnya.

Rendahnya tingkat konsumsi es krim di Indonesia disebabkan oleh terbatasnya pemain pasar yang menawarkan produknya secara nasional.

Di bawah ini gambaran potensi produk es krim di Indonesia yang menunjukkan bahwa 50% pasar dikuasai oleh daya beli masyarakat yang sedang.

 

Sumber: repository.upnjatim.ac.id

Pertumbuhan industri es krim di Indonesia dalam setengah dasawarsa terakhir ini sedang naik-naiknya. Selain pertumbuhan jumlah produsen yang berlipat, titik penjualan es krim ritel pun mengalami hal yang sama. Menarik bukan?

sumber: https://ukmindonesia.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.