ADVERTISMENT

Ide

11 Ide Usaha Kecil Menengah Kreatif dan Untung Banyak dengan Modal Sedikit

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Tahu nggak sih kalau kamu dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia dengan menjalankan UKM? Karena dengan banyaknya UKM, dapat memeratakan tingkat perekonomian rakyat kecil dan juga mengentaskan masalah kemiskinan.

Apasih UKM itu? UKM atau Usaha Kecil dan Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang dimiliki perorangan atau badan usaha sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh UU No. 20 tahun 2008.

Apa kriteria yang membedakan usaha kecil dan usaha menengah? Usaha kecil memiliki kekayaan bersih 50 juta rupiah dengan maksimal yang dibutuhkannya mencapai 500 juta rupiah.

Usaha menengah memiliki kekayaan bersih lebih dari 500 juta rupiah hingga 10 miliar rupiah dan hasil penjualan tahunannya mencapai 2.5 miliar rupiah sampai dengan 50 miliar rupiah.

Nah kalau kamu masih bingung bisnis apa yang bisa kamu jalani, kamu bisa mengikuti 11 ide UKM kreatif dengan untung banyak di bawah ini. Dengan menjalankan UKM, kamu dapat membuka lapangan pekerjaan baru dan menolong orang-orang yang membutuhkan pekerjaan.

Sekarang tinggal kamu tentukan deh UKM apa yang mau kamu jalankan, yuk langsung simak aja!

1. Bisnis Kursi Cafe dari Drum atau Krat Botol

Drum dan krat botol bekas bisa kamu manfaatin untuk dijadikan kursi yang menarik sehhingga bisa memiliki nilai jual yang lebih tinggi lho. Kamu bisa mencari krat botol atau drum yang sudah tidak terpakai di warung atau tempat barang loak yang ada di sekitar tempat tinggal kamu.

Hiasi krat dan drum bekas tersebut sesuai kreasi. Setelah kursi drum dan krat botol tersebut sudah menarik dan layak untuk dijual, kamu bisa memasarkannya di internet. Buatlah sebanyak yang kamu bisa, supaya kamu dapat menjual dengan skala besar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

2. Freelance Graphic Designer

Graphic designer banyak dicari oleh pelaku bisnis kecil atau bahkan perusahaan besar untuk membantu mereka dalam membuat design yang mereka perlukan. Kamu harus mencari graphic designer untuk membantu kamu menjalankan agensi kecil-kecilan yang akan kamu buat.

Pada tahap awal menjalani usaha freelance graphic designer, carilah mahasiswa tingkat akhir atau fresh graduate yang belum banyak pengalaman untuk meringankan modal kamu untuk membayar mereka.

Tawarkan jasa yang disediakan agensi kamu dan mempromosikan hasil-hasil design yang menarik di media sosial. Setelah mendapatkan keuntungan besar, kamu bisa mengembangkan usaha kamu menjadi sebuah agensi besar dengan graphic designer yang berpengalaman untuk menjangkau klien dari perusahaan terkemuka.

3. Daur Ulang Produk

Daur ulang sangat berguna demi mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah yang tidak bisa diurai secara alami sehingga membutuhkan proses yang panjang. Kamu juga bisa memanfaatkan hasil daur ulang untuk dijadikan barang-barang yang menarik dan memiliki harga jual.

Manfaatkan sampah plastik seperti botol-botol bekas untuk dijadikan tempat pensil. celengan, pot tanaman, dll. Tuangkan kreasi kamu sebanyak-banyaknya untuk menghias botol-botol bekas supaya bisa menjadi barang-barang baru yang menarik untuk dibeli.

4. Berjualan Aksesoris Handphone

Zaman sekarang semua orang memiliki handphone, dari anak muda hingga orang tua. Sehingga aksesoris handphone seperti casing atau kabel charger juga banyak dicari orang. Kamu dapat memanfaatkan situasi ini dengan menjual casing warna-warni yang disukai oleh wanita, karena biasanya wanita lebih sering mencari aksesoris handphone dibandingkan pria. 

Pastikan kamu mendapatkan supplier yang bisa dipercaya untuk memasok barang-barang aksesoris handphone jualan kamu. Pasarkan penjualan aksesoris handphone kamu di toko online atau media sosial, agar dapat memudahkan dan memperbesar konsumen kamu untuk melihat barang jualan kamu dan melakukan transaksi.

5. Berjualan Barang-Barang Antik

Barang antik akan selalu memiliki nilai tersendiri bagi banyak orang. Banyak sekali barang-barang antik yang bisa kamu jual untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya seperti piring dan gelas kuno, patung, lukisan, jam dinding kuno dapat kamu jual kepada konsumen.

Kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu barang-barang antik yang biasanya dibeli oleh orang-orang, supaya kamu tidak merugi karena kamu tidak menjual barang yang mereka butuhkan.

Barang antik akan selalu memiliki nilai tersendiri bagi banyak orang. Banyak sekali barang-barang antik yang bisa kamu jual untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya seperti piring dan gelas kuno, patung, lukisan, jam dinding kuno dapat kamu jual kepada konsumen.

Kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu barang-barang antik yang biasanya dibeli oleh orang-orang, supaya kamu tidak merugi karena kamu tidak menjual barang yang mereka butuhkan.

6. Membuat Clothing Line Sistem Pre Order

Pakaian adalah kebutuhan pokok semua orang selain makanan dan tempat tinggal, sehingga banyak sekali orang yang berbisnis dengan berjualan pakaian. Jangan bingung kalau kamu juga ingin berbisnis berjualan pakaian namun kamu tidak memiliki banyak modal.

Kamu bisa berbisnis berjualan pakaian tanpa harus memproduksi terlebih dahulu, gunakanlah sistem pre order. Sistem pre order ini adalah sistem yang mengharuskan konsumen untuk membayar terlebih dahulu, kemudian uang yang telah dibayarkan pelanggan digunakan untuk memproduksi pakaian yang dijual. Namun sistem pre order ini sangat riskan kalau kamu belum memiliki reputasi yang bagus.

Kamu harus meyakinkan ke pelanggan bahwa pakaian yang kamu jual memiliki kualitas yang baik. Pakaian kamu harus memiliki desain yang menarik dan bahan yang bagus, kamu juga perlu rajin-rajin mempromosikan pakaian jualan kamu di media sosial untuk menaikan kepekaan orang terhadap pakaian yang kamu jual.

7. Katering Makanan Sehat

Katering makanan sehat sangat dibutuhkan orang-orang yang ingin memenuhi asupan makanan sehat untuk tubuh mereka, namun tidak semua orang memiliki waktu luang untuk memasak karena sibuk bekerja.

Di kota-kota besar sudah mulai tumbuh layanan penyedia katering makanan sehat, bahkan bisa diantar sampai ke tempat kerja. Kamu juga dapat berbisnis katering makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Carilah resep makanan sehat di internet yang bisa kamu tiru dan kamu jual. Kamu juga bisa melatih skill memasak kamu dengan bisnis ini. Manfaatkan kantor-kantor yang ada di sekitar tempat tinggal kamu untuk dijadikan target konsumen kamu.

Tawarkan juga tetangga-tetangga kamu supaya mau berlangganan katering di kamu. Promosikan lewat media sosial atau brosur-brosur untuk disebarkan.

8. Jasa Membuat Konten di Media Sosial

Media sosial seperti Instagram dan Twitter banyak digunakan perusahaan untuk menarik orang-orang supaya melihat produk atau jasa yang mereka sediakan. Namun untuk menarik orang, harus ada konten menarik yang disuguhkan.

Perusahaan membutuhkan orang yang mau membantu membuat konten pada akun media sosial mereka. Jika kamu menyukai dunia media sosial, kamu bisa mencarinya di internet, karena banyak sekali lowongan pekerjaan untuk membuat konten di media sosial.

Biasanya konten di media sosial meliputi video promosi, copywriting, dan desain grafis untuk menaikkan engagement sebuah perusahaan.

9. Berjualan Tanaman

Berjualan tanaman hias juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar, namun kamu perlu memiliki skill lebih dalam bercocok tanam. Kamu dapat membudidayakan tanaman hias yang banyak dicari orang seperti Lili, Kuping Gajah, Kaktus, atau macam-macam bunga seperti Bougenville, Anggrek, Mawar, dan Melati.

Tanaman hias memiliki harga yang bervariasi tergantung jenisnya, maka tawarkanlah tanaman yang mainstream dan tanaman yang langka. Itu bisa mendatangkan banyak pelanggan yang ingin membeli tanaman hias yang kamu jual.

10. Florist

Bisnis florist akan selalu menghasilkan keuntungan besar, karena bunga biasanya dijadikan sebuah simbol untuk diberikan kepada kerabat, keluarga, bahkan pasangan.

Pada skala besar, bisnis florist dapat meraup keuntungan dengan menyediakan karangan bunga untuk sebuah acara pernikahan, pelantikan, bahkan kematian. Harga karangan bunga sangat bervariasi dari ratusan ribu hingga jutaan, tergantung seberapa sulit dan banyaknya bunga yang diperlukan.

Namun diperlukan ketekunan dalam mendekor bunga supaya menjadi sebuah karangan bunga yang menarik dan memiliki harga yang mahal.

11. Menjadi Dropshipper

Menjadi dropshipper sangat mudah dan bisa dilakukan semua orang, apalagi menjadi dropshipper tidak memerlukan modal untuk memulai berbisnis. Kamu perlu menentukan barang apa yang kamu jual, bisa saja barang dari ide bisnis di atas bisa kamu jual kepada pelanggan kamu.

Kamu bisa berjualan aksesoris handphone, barang-barang antik, atau pakaian. Jangan bingung untuk memikirkan modal, karena kamu hanya perlu membelikan barang yang dipesan oleh pelanggan kamu kepada supplier, alias kamu tidak perlu mengeluarkan modal sama-sekali untuk melakukan stok barang.

Tapi jangan lupa untuk menaikan harga barang yang kamu beli dari supplier untuk dijual kepada pelanggan kamu sebagai keuntungan kamu dalam berbisnis menjadi dropshipper.

Bagaimana? Apakah kamu sudah menentukan bisnis UKM apa yang ingin kamu jalani? Kalau sudah, tunggu apalagi? Jangan buang waktu kamu, segera jalani usaha UKM kamu sehingga kamu dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia. Dan dapat menyciptakan lapangan pekerjaan dan membantu sesama. 

Semoga kamu berhasil dalam menjalankan bisnis UKM yang kamu buat . Selalu manfaatkan kreasi yang kamu punya untuk menemukan hal-hal baru. Jangan takut gagal, kamu harus selalu mencari cara untuk sukses. Selamat mencoba!

sumber : https://blog.anteraja.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.