ADVERTISMENT

img
Ide

8 Usaha Jitu UMKM Dengan Modal Kecil di Pedesaan

8 Usaha Jitu UMKM Dengan Modal Kecil di Pedesaan
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Guys, betul gak sih biasanya kalau sudah tinggal di pedesaan sangat susah untuk berkembang? Karena keterbatasan konsumen maupun infrastruktur yang ada. Namun, dengan mencoba ide UMKM kali ini kalian bisa menambah penghasilan loh, baca sampai habis ya!

Ada banyak sekali pilihan usaha UMKM yang bisa di mulai hanya dengan modal kecil, namun menguntungkan. Berikut adalah 10 ide jitu UMKM dengan modal kecil di pedesaan :

1.  Kerajinan Tangan

Nah, yang pertama kamu bisa mencoba bisnis rumahan ini dengan menghasilkan produk kerajinan tangan.

Dengan melihat peminat yang ada karena biasanya di pedesaan kerap menggunakan produk-produk kerajinan tangan seperti topi caping, nampan anyam, kipas anyam, produk rajutan dan masih banyak lagi sesuai kebutuhan atau peminat yang ada di pedesaan.

2. Perkebunan Sayur

Biasanya hidup di pedesaan masih banyak tersedia lahan kosong yang belum diolah, kalian bisa memanfaatkannya dengan bisnis menanam jenis sayuran hortikultura.

Bisnis jual beli sayur mayur bisa mendatangkan keuntungan yang besar, dengan modal kecil dan beberapa jenis sayuran lalu ketika panen bisa dijual kepada warga sekitar. Dengan ketekunan kalian, maka bisnis ini sangat menjanjikan.

3. Ternak Ayam

Selanjutnya ide yang ke-3 yaitu berternak ayam, Nah siapa nih yang mempunyai pekarangan rumah yang luas tapi tidak dimanfaatkan? 

Dengan berternak ayam, kalian bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari daging dan telurnya loh. Seperti ayam kampung, ayam joper, ayam potong dan masih banyak lagi.

4. Jual Bibit Buah

Peluang usaha selanjutnya yaitu dengan menjual beli bibit guys. Biasanya di pedesaan sangat banyak perkebunan pohon tahunan, disini adalah peluang kalian untuk menyediakan bibit-bibit tersebut.

Dari modal yang kecil dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat dan sangat di minati. Seperti bibit durian, kelengkeng, alpukat dan yang lainnya.

5. Budidaya Ikan

Jenis usaha yang satu ini sudah banyak di praktikan oleh warga desa karena peluang keuntungan yang cukup besar juga.

Budidaya ikan saat ini juga cukup mudah dengan menggunakan kolam terpal yang ekonomis dan praktis pun kalian sudah bisa membudidayakannya. Seperti budidaya lele atau ikan patin.

6. Kuliner

Ide usaha selanjutnya yaitu dengan berbisnis di bidang kuliner, jenis bisnis ini seolah tak pernah ada matinya karena sejatinya semua orang sangat membutuhkan makan.

Kalian bisa mencoba dengan menjual berbagai macam soft drink, cemilan, gorengan, sampai makanan berat sekalipun. Dan mulailah menjual di daerah sekitar rumah kalian atau pun secara online.

7. Pertamini

Pertamini banyak sekali kita jumpai di pinggir-pinggir jalan. Ini merupakan bisnis jual beli bensin eceran yang semua orang butuhkan di lingkungan pedesaan atau pun perkotaan.

Tahu gak guys, biasanya dari pedesaan jarak antara SPBU ke rumah itu tidak dekat. Sehingga kamu memiliki peluang besar untuk mencoba bisnis ini karena mereka membutuhkan akses pertamini yang mudah dijangkau.

8. Bengkel Motor

Nah, ide yang satu ini walaupun sepertinya sangat receh, namun sangat dicari pelanggan ketika mereka mengalami kerusakan motor diperjalanan. 

Mengingat akses dari desa ke kota lumayan jauh, mereka pasti mencari bengkel terdekat untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Kalian bisa mencoba dengan memulai bengkel kecil-kecilan kemudian bertahap sesuai dengan kebutuhan konsumen.

sumber : https://blog.amartha.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.