ADVERTISMENT

Ide

Bisnis Lumpia Jamur Tiram: Keuntungan, Tantangan dan Strategi Marketingnya

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Lumpia adalah cemilan khas Semarang isinya terdiri dari bambu muda atau rebung pilihan yang renyah, udang segar, dan telur.

Tapi sekarang ini isian lumpia semakin beraneka ragam salah satunya adalah jamur tiram.

Proses pembuatan lumpia jamur tiram terbilang cukup mudah namun sebelum masuk ke proses pembuatan, mari simak keuntungan dan hambatannya.

Keuntungan berjualan lumpia jamur

  1.  Proses pembuatan mudah: ada dua kemudahan yang bisa kamu dapatkan, mudah mendapat bahan baku di warung-warung terdekat dan mudah proses pembuatannya. Jika kamu mau jamur tiram bisa kamu kembangkan sendiri banyak marketplace yang menjual bibit tiram secara murah, untuk mengembangkannya kamu tidak perlu tempat yang luas juga dengan begini kamu bisa mengurangi ongkos produksi.
  2. Peminat lumpia banyak, sebagian besar kalangan masyarakat tentu menjadikan lumpia sebagai kudapan. Jadi tidak perlu khawatir jika kamu bingung dengan target konsumenmu tetapi sebaiknya pastikan bahwa rasa lumpia enak dan kualitasnya jempolan.

Tantangan Lumpia Jamur Tiram

Kompetitor tentu saja bisa jadi halangan untuk usahamu, banyak sekali penjual lumpia terutama di depan retail modern atau di toko oleh-oleh.

Bagaimana cara mengatasinya? tidak lain dengan mengedepankan rasa dan kualitas jamur tirammu.

Oleh karena itu lebih baik kamu buat tester lumpia sebelum dijual untuk publik, minta pendapat dari orang-orang terdekat fokus saja pada kekuranganmu agar bisa segera diperbaiki.

Strategi Marketing

1. Tentukan Lokasi Usaha

Kamu bisa berjualan menggunakan gerobak makanan yang lebih fleksibel untuk dibawa-bawa

Kamu bisa memilih lokasi di depan pasar, kamu bisa perkuat penjualan dengan menggunakan jasa pesan antar. Daftarkan lumpia jamur tiram di aplikasi grabfood atau gofood dengan begitu jangkauan pelangganmu akan lebih luas.

2.Digitalisasi Usaha Lumpia Jamur Tiram

Untuk mengoptimalisasi penjualan, kamu juga harus bisa memanfaatkan platform digital.

Misal buat akun bisnis untuk mengenalkan lumpia jamurmu. Akun bisnis akan memudahkanmu mengetahui bagaimana perkembangan usahamu dari hari ke hari.

3. Kemasan Adalah Kunci

Kemasan adalah identitas dari produk yang langsung dilihat oleh konsumen lho.

Kemasan bisa jadi ciri khas produk lumpia jamurmu juga. Karena itu fungsi kemasan selain efektif dan efisien harus juga menarik untuk dilihat. Berikan slogan dan logo usahamu agar semakin banyak orang familiar.

4. Buat Laporan Keuangan

Pelaku usaha yang baik harus memiliki catatan keuangan yang rapi.

Catatan ini bisa digunakan umtuk mengathui secara jelas laba yang kamu dapat.

Sumber: https://bisnisukm.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.