ADVERTISMENT

img
Ide

Yuk Memulai UKM dengan Membuat Kerajinan dari Bambu! Berikut Analisanya

Yuk Memulai UKM dengan Membuat Kerajinan dari Bambu! Berikut Analisanya
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Zaman sekarang hal-hal yang unik memiliki harga jual yang tinggi. Tak terkecuali kerajinan tangan unik dari bambu. Tanpa memerlukan modal uang sama sekali, kalian dapat memiliki omzet jutaan dengan kreatifitas yang kalian punya.

Kerajinan tangan unik dari bambu termasuk kerajinan yang menjadi barang dagang bernilai tinggi.

Selain itu, modal membuat kerajinan tangan unik dari bambu hanyalah peralatan sederhana dan kreatifitas.

Mengapa? karena Indonesia sangat di anugerahi dengan tanaman bambu. Pasti di belakang rumah kalian ada pohon bambu kan guys?

Nah, mulai sekarang sering-sering kalian muter-muter kebun belakang rumah dan kumpulkan bambu untuk dibuat kerajinan tangan.

Modal awal kalian hanya perlu ekstra keras untuk mengumpulkan bambu dan kreatifitas untuk membuat kerajinan tangan unik dari bambu ini.

Analisis Lingkungan

Bambu di Indonesia sangat tumbuh subur, karena bambu hidup subur di negara tropis.

Nah, dari jaman nenek moyang dulu tuh bambu sudah dipakai sebagai kebutuhan dasar sandang. Rumah-rumah dan perabotan nyaris dibuat dari bambu. Memang bambu ini sangat bermanfaat sebagai pengganti kayu yang tumbuh lama.

Bambu memiliki pertumbuhan yang sangat cepat, dalam sehari bambu bisa tumbuh hingga 60cm sesuai dengan klimatologi tempat bambu tumbuh.

Bambu hampir diseluruh wilayah Indonesia tumbuh sehingga mendapatkan bahan baku bambu sangatlah mudah.

Selain itu, bambu juga merupakan tanaman yang cepat tumbuh dan menyebar sehingga penggunaan bambu sangat disarankan daripada menggunakan pohon jati yang butuh puluhan tahun untuk menanamnya.

Dibelakang rumah kalian pasti banyak bambu kan guys? oleh karena itu, tanpa membeli bambu bisa gunakan bambu yang ada di belakang rumah.

Nah, benar-benar tanpa modal kan? Yuk tunggu apalagi.

Analisis Peralatan

Dalam proses pembuatan kerajinan tangan unik dari bambu, hanya membutuhkan peralatan yang standar saja. Kalian bisa menggunakan gergaji, parang, ampelas dan lainnya.

Jadi untuk memulai bisnis rumahan kerajinan tangan unik dari bambu sangatlah possible, hanya membutuhkan kerja keras yang lebih dari kalian saja dan tambahan kreativitas.

Jangan mengeluh lagi, mari kita manfaat kan bambu dan mendapatkan omzet yang besar.

Daripada kalian berpangku tangan, lebih baik mulai sekarang mencari-cari kembali digudang peralatan yang dibutuhkan.

Nah, dalam prosesnya nanti memang menggunakan peralatan yang sederhana itu agak berat karena kalian memproduksi barang dagang yang sangat massive dan banyak sekali pelanggannya.

Menggunakan gergaji akan sangat memakan waktu lama dan juga melelahkan. 

Oleh karena itu, kalian juga bisa dibantu dengan bantuan mesin-mesin berteknologi canggih, kalian bisa mempermudah proses pembuatan kerajinan tangan unik dari bambu ini.

Analisis Produk

Setelah kalian siap dengan bahan baku serta peralatan yang dibutuhkan. Kalian tinggal menentukan produk apa yang ingin kalian produksi. Informasi produk sangat banyak di google, sehingga kalian akan dipermudah dalam mengembangkan produk dan kreatifitas.

Kerajinan tangan unik dari bambu, membutuhkan inovasi dan kreativitas oleh karena itu, ada baiknya kalian menggambarkan dulu sketsa produk yang akan dibuat.

Dalam pembuatan sketsa ini kalian memerlukan alat tulis untuk menggambar sketsa dan menghitung jarak dan ukuran produk ini.

Jangan sampai kalian hanya dengan produk itu-itu saja, buka internet dan berinovasilah.

Contohnya bisa membuat kerajinan tangan unik dari bambu seperti kotak bambu yang berisi speaker dengan usb atau bluetooth, ataupun bisa dengan membuat hiasan dinding dari bambu juga sangat jarang dan bisa menjadi produk inovasi kalian.

So kalian bisa benar-benar memikirkan hal inovatif ya. Be imaginative guys! Nah, kalian setelah melakukan analisis produk kalian juga harus sering-sering interaksi dengan orang sekitar, pelanggan maupun orang lainnya untuk mendapatkan feedback apakah produk kalian benar-benar diminati oleh pasar?

Produk ini sangat penting karena merupakan barang jual. Oleh karena itu, jangan main-main ya dengan pengembangan produk kerajinan tangan unik dari bambu ini.

Di beberapa daerah, banyak yang memiliki ciri khas, bisa kalian kembangkan produk kerajinan tangan unik dari bambu dengan ciri khas daerah, pasti banyak diminati wisatawan guys. Seperti gantungan kunci dengan gambar atau tulisan nama tiap daerah contohnya.

Untuk mendirikan bisnis ini kalian juga harus mengerti dunia digital dan fotografi sedikit. Karena dalam pengembangan dan pembuatan produk kerajinan tangan unik dari bambu juga membutuhkan gambar-gambar untuk diaplikasikan ke kerajinan bambu tersebut.

Kalian bisa belajar juga di internet bagaimana mengedit atau mengaplikasikan gambar ke produk bambu. Nah, jika sudah siap kalian akan masuk tahap analisa akhir ini guys.

Analisa Pemasaran

Setelah kalian siap dengan produk kerajinan tangan unik dari bambu, kalian tinggal memikirkan bagaimana strategi analisa pemasarannya.

Nah, menurutku di 2016 ini cara terbaik dari strategi pemasaran adalah via social media. Brand awareness, Brand digital marketing sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, kalian harus mencari staff ahli dalam bidang marketing ataupun belajar pada seminar-seminar digital marketing guys.

Pemanfaatan social media seperti facebook, twitter, instagram sangat berpengaruh pada statistik omzet penjualan produk kerajinan tangan unik dari bambu kalian guys. Kalau produk kerajinan tangan unik dari bambu kalian sangat bagus tapi gak ada yang mengetahui kan percuma.

Maka dari itu perlu diperkenalkan lewat social media agar orang semakin tahu. Nah, selain itu kalian juga harus sering-sering mengikuti event kebudayaan, kerajinan nasional maupun internasional. Siapa tahu produk kalian dapat penghargaan sehingga lebih mudah dikenal masyarakat luas.

Untuk itu, jika kalian sudah siap. Tunggu apalagi yuk kita mendirikan bisnis kerajinan tangan dari bambu yang menguntungkan ini. 

sumber: http://www.searchexceed.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.