ADVERTISMENT

Ide

Resep Donat Ubi Ungu yang Sehat dan Enak, Bisa Jadi Inspirasi Jualan

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Selain lezat dan lembut, sajian donat yang terbuat dari ubi ungu tentu saja menyehatkan tubuh kita.

Kandungan serat, vitamin, dan antioksidan yang begitu besar pada ubi ungu tentu saja menyehatkan tubuh kita dan terbukti ampuh untuk kesehatan Anda.

Penasaran seperti apa resep pembuatan sajian kue donat ubi ungu yang enak? Berikut ini kami akan berikan tips cara membuat donat ubi ungu yang praktis dan menyehatkan, yang dilansir dari berbagai sumber.

Bahan- Bahan yang Perlu Anda Siapkan

Untuk cara membuat donat ubi ungu yang praktis dan menyehatkan, anda perlu menyiapkan beberapa bahan yang perlu anda butuhkan.

Bahan-bahan tersebut antara lain adalah:

  • 300 gram tepung terigu
  • 150 gram ubi ungu
  • sendok makan ragi instan
  • 35 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 150 gram cokelat masak putih
  • 150 ml air es
  • 30 gram margarin
  • 15 gram susu bubuk
  • Minyak padat untuk menggoreng
  • 1 sendok teh garam
  • Untuk bahan taburan donat, anda bisa memanfaatkan kopi bubuk instan. Untuk resep ini nantinya akan memakan waktu persiapan sekitar 75 menit dan waktu untuk memasak sekitar 10 menit.

Untuk porsi yang dapat dibuat dengan bahan yang telah dijelaskan diatas, dapat diperoleh porsi hingga 35 buah donat ubi ungu. Hal tersebut tentunya akan cocok saat dinikmati bersama keluarga ataupun waktu santai anda. 

Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut. Siapkan pula peralatan yang diperlukan. Dari loyang sebagai wadah untuk menguleni adonan, alat pemanggang dan peralatan lainnya.

Berikutnya, ikuti langkah-langkah cara membuat donat ubi yang menyehatkan di bawah ini:

Cara Mempersiapkan Bahan Adonan

1. Lakukan cara dan langkah yang pertama yaitu menyiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan untuk membuat adonan.

2. Beberapa peralatan seperti halnya baskom, kocokan, loyang, wajan, dan piring saji merupakan peralatan standar yang nantinya akan anda perlukan untuk membuat resep donat ubi ungu yang praktis dan menyehatkan.

3. Setelah selesai menyiapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan, silahkan untuk mempersiapkan bahan-bahan yang lain seperti misalnya ubi ungu, kupas dan cuci bersih ubi ungu dengan menggunakan air yang mengalir sampai kotoran dan kuman yang menempel pada ubi akan bersih secara merata.

4. Setelah selesai mengupas dan mencuci ubi hingga bersih, potong-potong ubi dengan menggunakan pisau dengan ukuran yang anda inginkan.

5. Setelah selesai memotong, siapkan panci untuk kukusan ubi dan tunggu hingga mendidih. Apabila sudah mendidih, anda dapat menaruh ubi pada kukusan sampai matang dan tekstur dari ubi tersebut menjadi empuk dan matang secara merata.

6. Apabila ubi telah dirasa memiliki tekstur empuk dan matang, silahkan keluarkan ubi dari kukusan dan haluskan sampai benar-benar halus dan merata. Setelah dirasa sudah halus, silahkan sisihkan sementara.

7. Selanjutnya, anda dapat memulai untuk melelehkan coklat putih. Cara yang dapat dilakukan adalah masukkan coklat putih ke dalam mangkuk kaca anti panas dan tempatkan mangkuk diatas panci yang telah diberi air.

8. Diamkan sementara sampai coklat menjadi lebih leleh secara merata. Apabila dirasa sudah meleleh, angkat dan sisihkan sementara.

Cara Membuat Adonan Donat

1. Untuk menyiapkan adonan donat, anda bisa lakukan dengan menyiapkan baskom dan masukkan tepung terigu bersama dengan ragi instan, gula pasir, dan juga susu bubuk.

2. Aduk semua bahan tersebut hingga merata hingga semuanya benar-benar tercampur merata. Setelah itu, tambahkan dengan menggunakan ubi yang telah dihaluskan sebelumnya, aduk dan campur semua bahan tersebut hingga merata.

3. Setelah semua bahan telah tercampur sempurna, masukkan telur bersama dengan air es sedikit demi sedikit secara merata sambil melanjutkan proses adukan donat ubi ungu tersebut.

4. Anda bisa mengaduk semua bahan tersebut hingga dirasa kalis.

5. Setelah semua bahan tersebut telah dirasa merata dan kalis, anda dapat menyiapkan margarin dan garam. Setelah kedua bahan tersebut telah siap, masukkan margarin dan garam secara bersamaan dan aduk kembali adonan tersebut hingga elastis.

6. Hal tersebut berguna agar adonan donat yang anda buat nantinta dapat mengembang secara sempurna. Setelah dirasa cukup untuk mengaduk semua bahan tersebut, langkah selanjutnya adalah diamkan adonan dan tunggu hingga 15 menit.

Agar Adonan Empuk

1. Setelah anda telah selesai menunggu adonan selama 15 menit, kempiskan adonan dengan menggunakan kedua tangan.

2. Setelah itu, timbang masing-masing adonan yaitu sebanyak 15 gram untuk setiap adonannya. Bulatkan adonan tersebut dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

3. Apabila anda telah selesai, langkah selanjutnya adalah pipihkan adonan dan lubangi bagian tengahnya menggunakan sumpit ataupun cetakan.

4. Masukkan ke dalam loyang dan diamkan selama kurang lebih 60 menit agar hasil yang didapatkan bisa mengembang secara sempurna.

5. Apabila adonan telah dirasa mengembang dengan sempurna, anda bisa memulai untuk menyiapkan wajan dan panaskan minyak yang diperlukan.

6. Tunggu hingga minyak panas dan masukkan adonan ke dalam minyak goreng. Tunggu donat hingga berwarna kecoklatan. Apabila sudah mulai berubah warna, angkat dan tiriskan donat.

7. Setelah itu, apabila donat sudah ditiriskan, angkat dan celupkan ke dalam coklat putih yang telah dilelehkan sebelumnya. Selanjutnya, taburi dengan kopi instan di bagian atasnya hingga merata.

sumber: https://www.merdeka.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.