ADVERTISMENT

img
Ide

Ide Bisnis di Bidang Fashion yang Memiliki Potensi Laba

Ide Bisnis di Bidang Fashion yang Memiliki Potensi Laba
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Salah satu industri yang “basah” dan bisa dibilang tidak akan mati adalah industri fashion khususnya fashion wanita.

Karena permintaan akan produk fashion tidak akan meredup sampai kapan pun, dan juga inovasi di industri fashion selalu berkembang seiring waktu.

Maka wajar jika berkata industri ini merupakan industri yang akan terus hidup dan selalu berpotensi.

Yang akan dijelaskan di bawah ini dapat kamu tiru secara mentah-mentah atau dapat juga kamu kembangkan lagi sehingga menghasilkan sesuatu yang baru dan belum ada di pasaran.

Berikut adalah beberapa ide bisnis fashion yang semoga dapat menjadi inspirasi kamu dalam memulai bisnis.

1. Kain tradisional

Ide bisnis yang pertama datang dari kekayaan nusantara yang kita miliki namun sering kita acuhkan karena stigma tradisional dan tidak modern.

Namun ketidak acuhan orang-orang ini bisa menjadi senjata utama kamu dalam terjun pada industri fashion, karena tentu kamu tidak perlu melewati persaingan yang begitu sengit.

Padahal kalau kita coba analisa, siapa sih yang tidak punya batik atau kain tradisional lain di lemarinya setidaknya satu.

Meski kain tradisional tidak umum dipakai oleh masyarakat dalam kegiatan sehari-hari namun kain tradisional ini selalu menjadi pilihan terbaik untuk menghadiri acara-acara formal.

Tentu sebelum kamu terjun menekuni bisnis ini kamu perlu untuk mempelajari kain tradisional secara umum untuk membangun product knowledge untuk dirimu sendiri.

Selanjutnya kamu juga bisa melakukan brand activation untuk produk jualan-mu dengan tema yang mengangkat kain tradisional demi melestarikan budaya.

2. Aksesoris

Produk selanjutnya yang juga sering diacuhkan namun memiliki potensi yang besar dengan persaingan yang tidak terlalu ketat adalah produk aksesoris.

Produk aksesoris ini meliputi kalung, cincin, gelang dan lain-lain yang sering menjadi pelengkap bagi outfit banyak orang.

Meski terkesan barang remeh tapi peminat dari aksesoris ini cukup tinggi loh karena seringkali orang-orang memiliki lebih dari satu macam aksesoris yang diperuntukan untuk menyesuaikan dengan outfit yang mereka pakai.

3. Hijab

Sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim dan menempati posisi pertama sebagai negara dengan jumlah penganut agama islam terbanyak tentu kita sudah tidak asing dengan item yang satu ini dan produk itu adalah hijab.

Hijab begitu umum kita temui karena memang item ini merupakan item yang wajib dikenakan oleh wanita muslim.

Namun meski wajib dan memiliki pasar yang besar, nyatanya hingga saat ini belum banyak produsen atau brand yang terjun dan fokus menjual hijab.

Karena saat ini mayoritas masyarakat masih lebih sering membeli hijab di pasar dan tentu dengan kualitas seadanya.

Hal ini tentu menjadikan hijab sebagai peluang untuk bisnis yang akan kamu jalani.

4. Pakaian dalam

Item yang satu ini merupakan item yang sangat penting namun seringkali luput dari perhatian karena item ini lebih menentukan fungsi dibandingkan estetika dan item ini adalah pakaian dalam.

Semua orang pasti memiliki pakaian dalam baik wanita atau pria, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Wajar karena item ini begitu penting untuk menjaga kebersihan dari organ intim dari gesekan dan menjaga kelembaban organ intim dari udara di luar.

Namun karena item ini mengutamakan fungsi dibandingkan estetika maka tidak mengherankan jika tidak banyak brand yang bersaing di produk ini.

Maka dari itu saat ini di pasaran tidak banyak pilihan pakaian dalam yang nyaman dan berkualitas, dan tentu ini merupakan sebuah potensi yang patut untuk kamu manfaatkan

5. Tas

Tas merupakan salah satu item fashion yang memiliki pengaruh penting pada peradaban manusia awal karena sejak dulu tas dipakai untuk membantu manusia untuk membawa hasil buruan.

Seiring perkembangan waktu dan zaman akhirnya tas juga semakin berkembang mulai dari sisi bahan, model hingga jenis.

Meski penting, sayangnya persaingan pasar di produk ini tidak terlalu ketat padahal potensi pasar yang dimiliki dari produk ini terbilang tinggi.

Ambil contoh, seorang wanita pasti memiliki lebih dari satu tas mulai dari pouch untuk kondangan shoulder bag untuk membawa barang banyak, clutch untuk acara formal dan lain-lain

6. Sepatu dan sandal

Meski saat ini pasar sepatu dan sendal sedang dibanjiri oleh brand-brand baru namun bisa dibilang persaingan bisnis di produk ini tidak seketat pada produk pakaian umum lainnya.

Padahal saat ini sepatu atau sendal tidak hanya digunakan sebagai alas kaki yang memiliki fungsi untuk mencegah benda-benda tajam menusuk kaki.

Lebih dari itu saat ini sepatu telah menjadi bagian dari identitas personal yang tercermin dari ootd yang disusun oleh individu.

Mungkin salah satu alasan yang membuat produk ini tidak memiliki banyak persaingan karena untuk memulai usaha ini khususnya membuat brand sepatu atau sendal sendiri membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Tapi jika kamu tertarik untuk terjun ke sektor ini namun terkendala masalah modal kamu bisa memulainya dengan cara menjadi reseller produk sepatu dan sandal yang sudah ada.

7. Baju renang

Melakukan aktivitas renang membutuhkan pakaian renang khusus karena pakaian ini didesain untuk melindungi bagian intim dari kaporit.

Namun saat ini pilihan brand lokal yang khusus menjual pakaian renang tidaklah banyak dan masih didominasi oleh produk dari luar.

Hal ini tentu menciptakan ruang yang memiliki potensi untuk kamu seriusi karena masih belum banyak persaingan di sektor ini.

Satu yang menjadi tantangan ketika kamu akan memulai bisnis di sektor ini adalah mendapatkan kepercayaan masyarakat.

Karena tentu ketika pasar terlalu lama di dominasi oleh produk luar maka persepsi masyarakatnya sudah terbentuk.

8. Piyama

Produk terakhir yang memiliki pasar cukup potensial namun dengan persaingan yang sedikit adalah produk piyama.

Memang secara penggunaan piyama tidak terlalu umum digunakan oleh masyarakat Indonesia, namun untuk kelas menengah atas, piyama merupakan pakaian yang pasti mereka gunakan ketika tidur.

Itulah dia 8 ide bisnis produk fashion yang dapat kamu kembangkan jika kamu ingin masuk ke bisnis di industri fashion namun dengan persaingan yang tidak terlalu ketat.

Semoga artikel ini menginspirasi dan membantumu ya.

Sumber: https://ladara.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.