ADVERTISMENT

img
Ide

Resep dan Ide Jualan Roti Goreng Isi Sosis dan Mayonaise

Resep dan Ide Jualan Roti Goreng Isi Sosis dan Mayonaise
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Resep sederhana berupa roti goreng isi sosis dengan saus mayonaise ini bisa jadi andalan Anda. Cara membuat sandwich kali ini agak berbeda karena seperti roti gulung.

Tinggal susun bahannya dan goreng, jadilah snack yang enak dan mengganjal perut. Dijamin suami dan anak-anak pasti suka!

Manfaat Roti Untuk Tubuh

Manfaat roti untuk kesehatan, apa saja khasiatnya? Selain praktis sebagai kudapan sarapan atau cemilan di kala santai, roti juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh Anda. Penelitian menunjukkan 100 gram roti bisa memberikan lebih banyak energi, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, dan besi dibandingkan 100 gram nasi putih.

Roti dibedakan atas roti tawar dan roti manis. Roti tawar terdiri dari roti putih dan roti gandum. Untuk roti manis memiliki beragam variasi isi, seperti selai kacang, strawberry, coklat, susu, daging, keju, pandan, dan lainnya sebagainya.

Roti mengandung zat bermanfaat, seperti vitamin B1, vitamin B2, dan niasin serta sejumlah mineral berupa zat besi, yodium, kalsium, dan kandungan mineral lainnya. Tingginya kandungan serat dalam roti gandum juga sangat baik untuk sistem pencernaan. Roti gandum juga memiliki kandungan antioksidan dan fitoestrogen yang baik untuk bagi tubuh seperti mencegah penyakit jantung dan kanker.

Seperti pembahasan pada artikel sebelumnya mengenai perbedaan roti putih dan roti gandum, walaupun sama-sama memiliki nilai gizi, roti yang terbuat dari gandum utuh memang lebih menyehatkan daripada roti putih. Roti gandum ternyata juga dapat menurunkan kolesterol dan baik untuk konsumsi bagi penderita diabetes. Roti gandum juga memiliki cita rasa yang khas dibanding roti putih.

Perlu Anda ketahui, untuk meningkatkan mutu protein bagi tubuh, belakangan ini roti juga diperkaya dengan asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) dan kelompok Omega-3 jenis EPA (Eicosa Pentaenoic Acid) dan DHA (Docosa Hexaenoic Acid). Roti isi tuna merupakan salah satu contoh roti yang diperkaya Omega-3.

Asam lemak ini membantu perkembangan otak dan menguatkan daya ingat. Kandungan PUFA dalam roti terbukti meningkatkan kemampuan anak untuk memusatkan perhatian, memecahkan masalah, dan penglihatan. Banyaknya manfaat roti untuk kesehatan, membuat makanan ini cocok dijadikan hidangan alternatif bagi keluarga Anda.

Agar roti tetap fresh, masukkan roti ke dalam tempat khusus atau bungkus dengan wax paper dan masukkan dalam lemari pendingin. Jika kalian ingin mengkonsumsinya, kalian juga bisa menghangatkannya dalam microwave. Jauhkan bahan-bahan berbau tajam, seperti bawang, deterjen, atau sabun dari tempat penyimpanan roti. Manfaat roti untuk kesehatan menjadi lebih nikmat dan bergizi padat asal tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Bahan utama:

  • 5 lembar roti tawar
  • 5 buah sosis sapi
  • 5 lembar daging asap
  • 5 lembar keju

Bahan saus:

  • 1 sdm saus tomat
  • 2 sdt mayones botolan
  • 15 gram keju cepat leleh, parut halus
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt oregano kering
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis:

  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 100 g tepung panir kasar

Cara membuat:

1. Kupas pada bagian pinggir roti tawar, selanjutnya tipiskan roti dengan rolling pin atau badan botol. lalu sisihkan.

2. Tumis sosis sapi dan daging asap dengan sedikit minyak. Jangan terlalu lama. Sisihkan.

3. Untuk membuat saus: campur semua bahan lalu sisihkan.

4. Ambil selembar roti tawar yg telah ditipiskan, lalu letakkan daging asap, keju, dan sosis di atasnya. Tuangi saus dan ratakan.

5. Gulung roti sambil padatkan. Lalu, oleskan sedikit telur kocok di ujung roti tawar untuk merekatkannya.

6. Masukan roti gulung ke dalam telur kemudian kocok dan gulingkan ke tepung panir kasar. Lakukan sampai roti habis.

7. Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Lalu goreng roti gulung hingga kuning kecoklatan.

8. Angkat dan tiriskan. Sajikan dengan saus sambal botolan dan saus mayonaise.

Baiklah itu tadi Resep Roti Goreng Isi Sosis Dengan Saus Mayonaise yang bisa kalian coba sendiri dirumah.

Resep ini juga bisa dijadikan sebagai ide jualan ya.

Sumber: https://yentit.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.