ADVERTISMENT

Ide

Resep Membuat Es Krim Gelato Sendiri di Rumah, Tidak Kalah Enak

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Es krim ala Italia ini memang enaknya kebangetan. Benar-benar lembut dan creamy. Terutama gelato yang terbuat dari buah. Benar-benar terasa buah asli.

Ternyata cara membuat gelato ala Italia itu nggak terlalu sulit, kok. Bahkan tidak butuh ice cream maker atau mixer. Pakai whisk alias kawat pengocok juga sudah cukup.

Resep dan Cara Membuat Gelato Ice Cream

Bahan:

  • 2 ½ cangkir (591 ml) susu
  • 5 btr telur
  • ½ cangkir (142 gr) gula pasir
  • 1 sdt ekstrak vanilla atau almond
  • 1 cangkir (237 ml) perasa makanan seperti jus strawberry atau cokelat
  • Campuran butiran cokelat, potongan buah, atau karamel

Cara Membuat Gelato

1. Isi Panci yang Dangkal Dengan Air dan Didihkan

Panci yang Kalian gunakan ini harus cukup besar untuk menampung mangkuk tahan panas ukuran kecil

2. Pisahkan Kuning Telur Dari Putihnya

Letakkan 2 mangkuk atau wadah lain di permukaan yang bersih dan rata. Gunakan satu wadah untuk menampung putih telur dan wadah lainnya untuk kuning telur.

3. Letakkan Satu Butir Telur di Atas Lekukan Telapak Tangan

Lalu pisahkan jari-jari perlahan, pecahkan telur dan biarkan putih telur mengalir keluar melalui sela-sela jari, tahan kuning telur di atas tangan.

Saat seluruh putih telur telah keluar melalui sela-sela jari ke dalam wadah, dan hanya tersisa kuning telur di tangan, masukkan kuning telur ini ke dalam wadah yang lainnya. Ulangi proses ini pada semua 5 butir telur.

4. Panaskan Susu

Masukkan susu ke dalam panci dan panaskan dengan api sedang hingga besar. Tunggu hingga berbuih, kemudian kecilkan apinya perlahan

5. Kocok Kuning Telur dan Gula di Dalam Mangkuk Tahan Panas

Kocok selagi memanaskan susu, karena harus mencampurkan keduanya dengan cepat. Kemudian kocok telur dan gula hingga halus dan lembut

6. Campuran ini Siap Saat Sedikit Mengental

Kocok selama paling tidak 2 menit. Jika Kalian menggunakan ekstrak seperti vanilla atau almond, tambahkan ekstrak ini ke dalam campuran telur.

7. Aduk Susu ke Dalam Campuran Telur

Tuangkan susu perlahan-lahan selama pengaduknya bekerja. Jangan masukkan terlalu cepat karena panas susu bisa mematangkan telur. Terus aduk hingga campurannya menjadi kental seperti krim

8. Letakan Mangkuk di Dalam Panci yang Berisi Air Mendidih dan Aduk

Gunakan sendok kayu untuk mengaduk campuran hingga matang perlahan. Campuran ini akan mulai mengental seperti puding. Campuran ini akan siap saat bisa mengelupas sempurna dari sendok saat diangkat dari dalam mangkuk. Angkat dari kompor dan biarkan hingga dingin.

Jangan biarkan air masuk ke dalam mangkuk. Hal ini bisa mempengaruhi tekstur adonan puding dan menyebabkannya matang tidak merata.

Gunakan sendok kayu, jangan sendok logam. Sendok logam bisa merusak rasa adonan puding gelato.

9. Beri Rasa pada Gelato

Setelah adonan dasarnya siap, Kalian bisa menambahkan rasa apa saja ke dalamnya. Pertimbangkanlah untuk menambahkan buah, cokelat, karamel, dan campuran lain untuk menajamkan rasa gelato Anda.

10. Masukkan Campuran Perasa

Lengkapi rasa gelato Anda dengan menambahkan campuran perasa untuk menciptakan tekstur dan rasa yang berbeda. Pilih campuran perasa yang akan melengkapi rasa yang Kalian pilih dalam adonan dasar gelato.

11. Dinginkan Gelato di Dalam Lemari Es

Tutup mangkuk gelato dengan pembungkus plastik dan letakkan dalam lemari es selama sekitar 3 jam hingga dingin sebelum Kalian memasukkannya ke dalam freezer es krim.

12. Masukkan Gelato ke Dalam Freezer Es Krim

Bekukan sesuai petunjuk yang tercantum dalam panduan penggunaan.

13. Keluarkan Gelato Saat Masih Separuh Membeku

Hal ini akan menjamin konsistensinya tetap kental dan tidak berongga. Gelato Anda seharusnya ringan dan lembut seperti es krim.

14. Letakkan Gelato yang Sudah Separuh Membeku ke Dalam Freezer

Lanjutkan membekukan gelato hingga memadat.

15. Cairkan Sedikit Gelato Sebelum Menikmatinya

Membiarkannya sedikit mencair akan membuat gelato tidak terlalu dingin di lidah Anda. Dengan begitu Kalian bisa menikmati ketajaman rasanya dengan lebih baik.

Sumber: https://yentit.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.