ADVERTISMENT

Ide

Analisa Bisnis Pakaian Wanita, Dari Prospek Hingga Pemasaran

Artikel ditulis olehWisnu Saputro

Prospek Bisnis Pakaian Wanita

Bisnis pakaian wanita merupakan bisnis yang sangat menjanjikan apalagi dengan kualitas yang bagus dan harga yang murah. Dengan memilih baju wanita sebagai peluang bisnis merupakan salah satu pilihan yang tepat. Bisnis pakaian wanita memiliki trend yang berputar sangat pesat.

Maka tak heran jika peluang bisnis baju wanita terbuka lebar, karena prospek bisnis tersebut semakin hari semakin berkembang seiring dengan kreativitas para pelaku usaha yang penuh dengan inovasi baru. Selain itu bisnis baju wanita juga dapat menghasilkan keuntungan yang lebih besar, karena sebenarnya wanita memiliki sifat yang lebih konsumtif dibandingkan para lelaki. Sehingga peluang pasar bisnis pakaian wanita lebih besar dan cukup menjanjikan.

Saat ini pun kaum wanita beranggapan bahwa pakaian bukan lagi sekedar kebutuhan pokok saja, namun juga menjadi salah satu penunjang penampilan mereka. Berbagai trend yang muncul di dunia fashion dan hal ini meningkatkan minat para konsumen untuk membeli baju yang sesuai dengan model yang berkembang saat ini walaupun sebenarnya mereka tidak terlalu membutuhkan pakaian tersebut.

Modal Yang Dibutuhkan

Bisnis pakaian wanita dalam skala kecil bisa menjadi permulaan atau batu loncatan untuk terjun dalam bisnis ini. Salah satu cara adalah dengan menjual pakaian wanita dengan cara online. Anda bisa bertindak menjadi reseller untuk brand atau label-label pakaian wanita yang sudah cukup ternama dan diminati.

Anda bisa menjalankannya dengan bekerjasama dengan pihak label- label pakaian wanita untuk menjadi resellernya. Salah satu model yang dapat anda pilih adalah dengan sistem pemesanan atau Pre Order. Jadi, para pembeli bisa memesan baju yang mereka inginkan dari katalog yang anda sediakan kemudian, anda bisa memenuhi pemesanan itu dengan memesan kepada pihak label.

Jika anda tidak terlalu ambil pusing soal modal, anda bisa mencoba bisnis pakaian wanita dengan skala besar. Jika anda menginginkan bisnis yang dipasarkan secara offline dan online, tentu modalnya akan jauh lebih besar karena anda akan perlu mempersiapkan toko atau butiknya, pegawai, dan juga peralatan dan perlengkapan pendukungnya.

Selain itu, tentu saja pengadaan barang juga memerlukan modal yang besar. Untuk bisnis seperti ini, setidaknya anda akan memerlukan dana minimal seratus juta rupiah. Namun, jika anda ingin cara yang lebih mudah, anda bisa saja bertindak sebagai pemilik toko atau butik dan mencari tenant yang biasanya dari berbagai label busana muslim untuk berjualan di butik tersebut.

Perhitungan Modal dan Keuntungan

Jika pemasaran dilakukan secara offline dan online:

Prediksi keuntungan:

Dengan asumsi dalam sehari rata-rata bisa menjual 12 produk Harga rata-rata produk Rp. 100.000 dengan keuntungan rata-rata 25% dari harga beli.

Maka Pemasukan perbulan: 12 Produk X Rp. 100.000 X 30 Hari = 36.000.000 Keuntungan= Rp. 36.000.000 X 25% - Rp. 2.400.000 = Rp. 6.600.000

Balik modal = Modal Awal : Keuntungan: Rp. 15.000.000 : 6.600.000 = 2,2 bulan 

 

Cara Memulai Bisnis 

Memilih produk pakaian yang akan dijual

Pastikan dalam menjual pakaian haruslah dengan kualitas yang bagus dan tidak modelnya pun harus bervariasi agar memudahkan para pembeli dapat memilih pakaian yang cocok dan sesuai dengan keinginan pembeli. Pilihlah model yang bagus tetapi tidak terkesan murahan, dan pilih jenis pakaian yang sedang menjadi trend. Sebelum menentukan pakaian yang akan anda jual hendaknya amati trend yang ada dipasaran. Selalu mengamati model terbaru dan sediakan model- model baju terbaru yang sedang in dipasaran. 

Menentukan produksi

Ada kalanya saat anda menjalankan bisnis pakaian maka anda akan menentukan apakan membeli pakaian yang akan dijual ataukah anda membelinya dari produsen lain. Bila produksi sendiri maka anda bisa melakukan beberapa tahap agar bisnis anda tidak mengalami kerugian, hal ini juga berlaku saat anda memilih supplier atau produsen pakaian wanita. 

Produksi sendiri

Penelitian dan Perencanaan

Anda tidak boleh memulai suatu bisnis hanya berdasarkan pada rasa suka. Anda tetap membutuhkan hasil research dan perencanaan yang matang. Anda harus mencari informasi mendasar tentang bisnis pakaian wanita tersebut. Anda bisa mencari informasi dari pabrik pakaian wanita yang sudah memulai bisnis terlebih dahulu bagaimana mereka 

bisa mendapatkan untung besar dan bertahan hingga kini.Selain itu tenetapkan anggaran sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis ini. Ini adalah rencana besar, tapi anda memiliki dana yang kecil. Jadi pastikan anda mempunyai sumber daya yang cukup untuk menjalankan bisnis pakaian tersebut. 

Menciptakan brand sendiri

Membuat brand sendiri tentu saja merupakan bagian penting dari bisnis anda, jadi anda harus benar-benar memperhatikan bagian ini. Anda bsia membuat merek yang mempunyai kepribadian yang kuat dan unik karena kepribadian yang kuat dan unik akan selalu menonjol. Anda harus memikirkan nama yang aneh, unik, mudah diingat, dan berbeda dari yang lain. 

Membuat design pakaian sendiri

Anda bisa mencari referensi sebanyak mungkin tentang design pakaian yang sedang tren pada saat ini. Anda bisa bergabung dalam forum-forum design untuk mendapatkan input atau mencari design pakaian secara online. Setelah design selesai, mulailah pada proses pencetakan gambar. Jika ingin memproduksi sendiri pembuatan pakaian tersebut maka anda membutuhkan berbagai macam alat untuk produksi. 

Jika anda tidak tidak mempunyai peralatan yang lengkap, maka proses pembuatan pakaian tersebut bisa anda serahkan pada pabrik pakaian wanita yang sudah anda percaya. Anda hanya menyerahkan hasil design anda kepada pabrik tersebut dan jangan lupa untuk menjelaskan apa yang anda inginkan.

Selalu awasi pesaing

Jangan malas untuk selalu mengawasi pesaing anda, lihat berapa harga yang mereka lempar ke konsumen, design mereka seperti apa, bahan yang digunakan apa, dan promosi apa saja yang mereka berikan kepada pelanggan mereka. Anda harus belajar dari pesang anda. dengan konsep dan ide-ide anda sendiri. 

Membeli dari supplier 

Jika anda tidak mau ribet, maka anda bisa membeli pakaian wanita dari supplier atau produsen pakaian. Namun pastikana nda memilih produsesn maupun supplier yang tepat. 

Berikut beberapa cara memilih supplier pakaian wanita: 

Supplier terpercaya

Sangat bagus bila anda mendapatkan supplier di sekitar anda dan mereka sudah lama anda kenal. Pilihlah supplier yang benar-benar terpercaya dan berpengalaman sehingga hal ini bisa menghindarkana nda dari penipuan. 

Mencari supplier melalui Internet

Metode ini juga dapat bermanfaat karena anda bisa melakukan penelitian yang luas tanpa keluar dari tempat anda. Anda bisa memilih supplier yang memiliki alamat lengkap dan terpercaya, dari situ anda bisa mendapatka informasi lengkap tentang supplier tersebut dan bagaimana mereka bekerja.

Haga lebih rendah kualitas terbaik

Carilah supplier pakaian wanita yang memberikan harga grosir lebih murah namun kualitas bahan pakaian strandar atau tidak jelek. 

Menentukan harga 

Dalam membuka sebuah usaha pakaian penentuan harga jual juga sangat penting agar pakaian yang dijual dapat laku banyak dan otomatis penjual akan mendapat keuntungan yang banyak.

Tetapi harga yang diberikan harusnya mengikuti harga sesuai yang ada dipasaran. Anda tidak boleh merusak harga pasaran dengan memberikan harga jual yang terlalu rendah, karena akan banyak pesaing anda merasa dirugikan dengan penentuan harga tersebut. 

Pemasaran Bisnis

Secara Offline

Untuk memasarkan bisnis pakaian wanita secara offline berikut beberapa cara yang bisa anda coba: 

Pastikan lokasi toko strategis

Carilah lokasi mudah dijangkau oleh pengunjung, rapi dan bersih, produknya lengkap dan pelayananya ramah dan baik. 

Buat papan nama toko anda dan tampak luar

Buatlah yang 'eye cathcing' yang menarik dan informasi lengkap tertulis sehingga ada ketertarikan pengunjung ingin datang. 

Buatlah strategi pemasaran yang menarik dan secara berkelanjutan Anda bisa membuat cara seperti bulan ini sedang ada promo, misalnya beli satu gratis satu atau beli satu dapat gratis hadiah menarik dan lain-

lain nya. Caraini harus berkelanjutan, bisa satu bulan sekali atau tiga bulan sekali, promo yang berbeda sehingga pelanggan akan datang dengan rutin. 

Inovasi

Buatlah inovasi dan keunikan khusus produk pakaian wanita anda lalu pastikan produk tersebut hasil kreatifitas anda yang tidak bisa didapati di toko lain. Dengan demikian anda tidak perlu menurunkan harga jual. 

Buatlah paket-paket menarik sebagai nilai tambah penjualan

Anda bisa membuat paket pakaian wanita jika membeli satu paket maka harganya akan lebih murah dibanding harus membelinya satu per satu. 

Buatlah tim pemasaran

Anda bisa membuat tim pemasaran yang kuat dan dapat menjalankan strategi-strategi pemasaran anda. Berikan edukasi dan prosedur yang standar sehingga mereka bisa jalankan. Buatlah strategi aliansi pemasaran yang menarik dengan produk atau usaha lain yang sudah maju. 

Pemasaran secara online 

Untuk memasarkan prosuk pakaian wanita secara online, berikut langkah-langkahnya: 

Buatlah toko online atau website penjualan

Pastikan toko anda mempunyai website, toko online dan sosial media lainnya seperti email, yahoo messenger, twitter, facebook, dan lainnya. Anda harus aktif dan siap 24 jam melayani mereka yang berkunjung ke media online anda. 

Pelayanan cepat

Responlah dengan cepat atas semua pertanyaan, permintaan dan lainnya yang masuk secara online agar mereka mengetahui bahwa anda bisa dihubungi secara online dapat dipercaya. 

Update produk

Update-lah selalu website dan toko online anda secara periodik sehingga para pengunjung dan pelanggan selalu berkunjung kembali. Aktiflah juga di akun twitter dan facebook anda, berikan informasi yang baik dan manfaat kepada follower anda dan informasi yang anda berikan tidak harus selalu berisi produk yang anda jual. 

Bergabung di berbagai komunitas

Bergabunglah di beberapa komunitas yang sesuai dengan produk anda di dunia online dan aktiflah didalamnya. Jaga krediabilitas anda di media online, anda harus terus membangun kepercayaan agar pengunjung mau bertransaksi dengan anda.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.