ADVERTISMENT

Ide

Ide Bisnis Kreatif yang Tidak Pernah Kepikiran

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Menjadi entrepreneur di usia muda memang merupakan impian banyak orang. Untuk bisa mencapai hal tersebut, tentu juga membutuhkan ketekunan dan usaha yang kuat. Apalagi, persaingan bisnis yang sengit juga menjadi tantangan bagi para pelakunya.

Tapi, bukan anak muda namanya jika tidak memiliki ide gila dan kreatif. Bahkan, banyak juga lho entrepreneur muda yang sukses berkat ide bisnis gila yang dijalaninya.

Maksud kata “gila” di sini yaitu kreatif dan out of the box. Banyak pula orang yang tidak menyangka jika ide ini bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan.

Beberapa referensi berikut ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Apa sajakah itu? Inilah ide bisnis kreatif yang jarang kepikiran untuk dijadikan peluang usaha.

1. Menjual Produk Kreatif dari Bunga

Tidak hanya bisa membuat ruangan menjadi lebih cantik, bunga juga bisa menambah kesan fresh.

Bukan hanya itu saja, kali ini bunga tersebut akan digunakan untuk dijadikan berbagai benda unik dan kreatif, seperti membuat scrapbook aesthetic, case ponsel, bingkai foto, hingga produk kreatif lainnya.

Peminatnya pun cukup banyak lho, khususnya di kalangan wanita dan pecinta bunga.

2. Menjualan Tanaman Terrarium

Terrarium adalah tanaman dengan bentuk mini yang disimpan dalam ruangan wadah berbentuk kaca. Jenis tanaman yang biasa ditanam adalah jenis tanaman yang memiliki minim perawatan, sehingga sangat cocok untuk kamu yang memiliki keterbatasan lahan dan waktu untuk merawatnya.

Kamu bisa mendesain terrarium sesuai dengan ide dan kreativitas, kemudian menjualnya secara online. 

3. Menjual Produk Daur Ulang

Sampah memang menjadi salah satu masalah yang tidak ada habisnya. Bagi orang-orang yang memiliki keterampilan dan kreativitas, sampah bisa menjadi ide bisnis yang menarik.

Barang kreatif yang bisa dibuat dari sampah ternyata cukup banyak juga, lho.

Misalnya saja seperti scrapframescrapbook, tempat lampu tidur, dan kerajinan tangan lainnya. Selain bisa bernilai ekonomis, kamu juga bisa turut mengurangi permasalahan sampah di lingkunganmu.

4. Menjadi Animator

Kini banyak animasi lucu yang terkenal di berbagai platform media sosial.

Hal ini tentu saja karena kreativitas sang animator yang sukses membuat karakter dan cerita yang unik bagi para penonton. Beberapa animator bahkan sampai harus membuat tim khusus untuk menggarap konten yang ditayangkannya setiap hari.

Sumber penghasilan mereka pun beragam. Mulai dari endorsement hingga menjual merchandise. Saat ini, sudah banyak pula perusahaan besar yang mulai melirik animasi untuk keperluan promosi dan branding produknya.

5. Desain Uang Mahar dan Seserahan

Biasanya, uang mahar dan seserahan akan dibentuk dan dihias semenarik mungkin. Sayangnya, tidak semua orang memiliki keterampilan untuk menghiasnya.

Bagi kamu yang memiliki keterampilan tersebut, tentu hal ini bisa menjadi peluang bisnis. Uang mahar biasanya dibentuk menjadi seperti burung, rumah, atau masjid.

Sedangkan seserahan, seperti perlengkapan mandi dan handuk, biasanya dibentuk menjadi burung atau kelinci. Jika kamu tertarik, kamu bisa lho belajar tutorialnya di Youtube.

6. Menjual Kuliner Unik

Bisnis kuliner mungkin terdengar biasa saja. Namun, tahukah kamu jika bisnis ini adalah bisnis yang paling banyak peminatnya? Nah, karena persaingan di bisnis ini tergolong ramai, maka kamu perlu memiliki inovasi dan ide gila yang berbeda dari kompetitor sejenis.

Sebagai contoh, awal kemunculan Markobar kala itu sempat menggemparkan jagat kuliner. Bagaimana tidak, martabak yang biasanya ditabur cokelat, keju, dan kacang saja, kini hadir dengan berbagai topping kekinian yang menarik.

Sebagai referensi, mungkin kamu bisa mengombinasikan makanan tradisional dengan makanan modern saat ini sehingga menjadi kuliner baru yang unik dan berbeda.

Itulah 6 ide bisnis gila yang bisa kamu coba. Jika kamu ingin mencoba bisnis yang berbeda daripada yang lain, salah satu ide tersebut bisa kamu pilih. Namun, sesuaikan juga dengan minat dan keterampilan kamu. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu bisnis gila di atas?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.