ADVERTISMENT

img
Ide

Prospek Bisnisnya dan Langkah-Lengkah Memulai Bisnis Mini Cafe

Prospek Bisnisnya dan Langkah-Lengkah Memulai Bisnis Mini Cafe
Artikel ditulis olehWisnu Saputro

Masih bingung bagaimana mendapatkan bisnis yang memiliki prospek bagus dan menguntungkan di masa depan? Mini café merupakan bisnis yang sangat populer saat ini, namun prospeknya tetap bagus dimasa yang akan datang.

Tempat tersebut sangat diminati oleh anak-anak muda untuk berbagai macam kepentingan. Bukan hanya kepentingan untuk acara-acara santai seperti nongkrong bersama teman-teman, melainkan juga untuk membahas tentang suatu bisnis atau pekerjaan lainnya kita biasanya memanfaatkan mini café untuk tempat berkumpul bersama membahas pekerjaan tersebut. Suasana nyaman yang disuguhkan oleh kondisi mini café tersebut akan membuat para pengunjung menjadi senang dan betah berlama-lama di tempat yang seperti itu.

Kini mini café banyak sekali tersebar di berbagai daerah yang tentunya memiliki potensi keramaian. Mini café merupakan suatu tempat yang sangat sering digunakan untuk berbagai macam keperluan dan berbagai macam tujuan yang sangat tepat dilakukan di tempat seperti mini café, bahkan tak jarang mini café digunakan sebagai tempat untuk mencari sinyal wifi oleh para pengunjungnya.

Ketenangan merupakan unsur yang sangat mendukung ketika seseorang ingin melakukan gathering dengan tujuan untuk membahas sesuatu yang sangat penting layaknya bisnis.

Banyak sekali mini café yang berada di sekitar pusat kota yang ramai akan para pengunjung. Tapi mini café tidak selamanya berada di pusat kota, ada juga mini café yang didirikan di sekitar perguruan tinggi yang jauh dari keramaian pusat kota. 

Dengan didirikannya mini café di sekitar perguruan tinggi ataupun di sekitar sekolah-sekolah tentunya membuat tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh anak-anak muda. Banyak mahasiswa menggunakan tempat-tempat seperti mini café untuk membahas agenda kampus yang akan diselenggarakan. 

Mini cafe sebagian besar digunakan untuk nongkrong sambil berkumpul-kumpul dengan teman-teman atau bahkan membahas urusan yang berbau bisnis dan kegiatan kampus.

Terutama di lingkungan kampus, para mahasiswa yang ingin mencari tempat makan pada malam hari dapat juga datang ke mini café yang berada di sekitar kampus. Dengan ramainya mini café di sekitar kampus, dapat dijadikan lahan bisnis bagi para pengusaha mini café yang hendak mencari tempat-tempat ramai. 

Dalam menjalankan usaha mini café tersebut, anda tentu akan memiliki banyak saingan karena saat ini terdapat banyak mini café. Dengan demikian variasi makanan dan minuman yang disajikan tentu akan membuat kita memiliki kemampuan bersaing yang tinggi akan usaha tersebut.

Menu makanan dan minuman yang bervariasi atau berbeda dengan tempat lainnya tentu akan membuat banyak orang dapat memilih berbagai macam makanan dan minuman. 

Mendirikan bisnis mini cafe juga harus mempertimbangkan dekorasi ruang, sangat baik bila café didesain dengan sedemikian rupa sehingga membuat para pengunjung betah nongkrong di mini café yang kita dirikan.

Dengan dekorasi yang menarik membuat suasana nyaman akan terpancar dari mini café tersebut. tentu kita membutuhkan banyak modal untuk mendirikan usaha ini, jadi kita perlu menghemat biaya dengan memilih apa saja yang perlu kita biayai untuk pengoperasian mini cafe tersebut. 

Modal 

Bisnis cafe mini bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan dan sangat mudah dijalankan. Setiap orangpun dapat menjalankan bisnis ini dengan sajian menu makanan yang bervariasi. Apalagi di kalangan masyarakat sudah tidak asing lagi dengan kebiasaan begadang. Jika anda ingin meraup keuntungan dalam jumlah besar dan memiliki modal yang besar, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk mendirikan cafe mini. 

Anda bisa melengkapi cafe mini dengan hotspot area atau wifi, televisi untuk menonton pertandingan bola, serta tempat yang luas dan nyaman. Bahkan anda bisa menyediakan televisi berukuran besar dengan beragam saluran. Jika kondisinya seperti itu, banyak orang yang tertarik untuk datang ke mini cafe anda sambil menonton pertandingan sepak bola ataupun olahraga lainnya. 

Untuk mendirikan cafe mini, berikut ilustrasi modal dan keuntungan perbulan.

Modal Awal 

Sewa tempat Rp 5.000.000,00 
Peralatan  Rp 3.000.000,00 
Alat pembuat kopi  Rp 1.000.000,00 
Lain-lain  Rp 1.000.000,00 
Jumlah Modal awal  Rp 10.000.000,00 

Perhitungan Laba Tiap Bulan 

Pemasukan per hari

Miniman Rp 5.000,00 per gelas x 50 = Rp. 250.000,00

Makanan Rp. 7.000,00/ porsi x 30 = Rp. 210.000,00

Total pendapatan perhari Rp. 460.000,00

Pendapatan perbulan  Rp. 460.000 x 30 = Rp 13.800.000,00

Pengeluaran Tiap Bulan

Biaya promosi Rp 200.000,00

Wifi dan telephon Rp 500.000,00

Bahan baku makanan Rp. 3.000.000,00

Bahan baku minuman Rp 2.000.000,00

Gaji karyawan @ Rp 500.000,00 x 4 Rp 2.000.000,00

Biaya listrik dan administrasi umum Rp  200.000,00

Biaya operasional per bulan Rp 7.900.000,00 

Laba Bersih Tiap Bulan 5.900.000,00

Analisa keuntungan diatas bisa lebih besar dengan bertambahnya jumlah minuman dan menu makanan yang dijual.

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Mini Cafe

Menjalankan bisnis cafe akan menguntungkan bila pada tahap awal perencanaan bisnis ini anda bisa merencanakan bisnis dengan tepat. Untuk memulai bisnis mini cafe pun anda bisa dengan mudah menjalankannya, bahkan bagi pemula memulai bisnis ini hampir sama dengan memulai bisnis-bisnis lainnya.

Berikut beberapa langkah-langkah memulai bisnis mini cafe:

Modal 

Bisnis mini cafe sekalipun kecil pastinya membutuhkan modal yang bervariasi. Jika tidak mempunyai modal yang cukup besar, maka anda bisa gunakan modal yang ada untuk membuka sebuah mini café. Sebuah mini café, apabila dikelola dengan manajemen yang baik, bisa juga mendatangkan keuntungan yang luar biasa. 

Memilih tempat yang strategis

Membuka bisnis seperti halnya bisnis mini cafe, hal ini membutuhkan tempat yang strategis. Sebelum membuka bisnis mini cafe, terlebih dahulu kenali lingkungan di sekitar anda. Lakukanlah survey untuk menentukan target market cafe anda. 

Lihatlah apakah disekitar anda banyak komunitas-komunitas atau kawanan anak nongkrong yang bisa kita jadikan target cafe anda. Komunitas – komunitas yang bisa dijadikan target diantaranya adalah komunitas seni, komunitas musik, komunitas pencinta buku, komunitas sepeda, komunitas motor, bahkan komunitas mobil dan sebagainya.

Menentukan desain cafe

Setelah mendapatkan target market selanjutnya, anda bisa menyesuaikan desain café yang akan dirintis sesuai dengan komunitas yang ditargetkan. 

Apabila anda menargetkan komunitas musik maka tambahkan ornament pada desain atau pajangan yang berhubungan dengan musik, atau target kita para pencinta buku maka, sediakan beberapa buku yang menarik pagi konsumen yang datang ke cafe anda. 

Pemasaran bisnis cafe 

Gaya hidup masyarakat modern yang senang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bersosialisasi dan berkumpul bersama kerabat dekatnya. Membuat pertumbuhan bisnis cafe semakin menjamur di berbagai sudut kota. Beragam menu khusus dan tempat nyaman pun kini mulai ditawarkan para pelaku usaha untuk membidik pangsa pasar yang semakin hari kian meluas. 

Tak heran bila saat ini pertumbuhan bisnis cafe semakin ramai, dan persaingan pasarnya pun semakin padat. Sehingga setiap pemilik cafe berusaha memberikan keunikan tersendiri untuk menarik minat calon konsumennya. Lalu, strategi promosi seperti apakah yang paling efektif untuk memikat hati konsumen? 

Berikut beberapa strategi promosi yang tepat untuk bisnis mini cafe:

Menjaga dan meningkatkan cita rasa hidangan 

Kunci utama yang bisa Anda gunakan untuk menjaring banyak konsumen yaitu memberikan pelayanan total kepada konsumen anda.

Ketika cita rasa hidangan yang disajikan berhasil memikat hati konsumen, dan pelayanan yang diberikan membuat pelanggan merasa nyaman, maka bisa dipastikan para konsumen tidak akan segan untuk kembali lagi ke mini cafe anda. 

Manfaatkan jejaring sosial

Strategi promosi yang sering digunakan banyak orang dan gratis yang saat ini ramai dimanfaatkan para pelaku usaha yaitu twitter dan facebook. Dua jejaring sosial tersebut untuk memperluas peluang pasar yang dapat anda targetkan. Anda bisa membuat akun pribadi untuk mini cafe anda atau grup penikmat kuliner di facebook atau twitter. Dengan akun tersebut maka anda bisa menginformasikan segala kegiatan maupun menu makanan yang ditawarkan pada mini cafe anda. 

Diskon pada hari dan jam tertentu

Jika anda ingin mendapatkan banyak konsumen apda mini cafe anda, cara lainnya adalah dengan memberikan diskon pada hari-hari tertentu, misalnya saja diskon pada hari Sabtu dan Minggu. Selain itu anda juga bisa memberikan diskon pada jam-jam tertentu. 

Memberikan kartu member dengan diskon

Kartu member dengan diskon merupakan salah satu alat yang dapat anda gunakan untuk membangun loyalitas konsumen. Dengan memberikan diskon bagi para member yang memegang kartu tersebut, maka secara tidak langsung anda telah mengikat para konsumen untuk selalu kembali dan kembali lagi ke mini cafe anda.

Membuat website

Bisnis cafe juga bisa dipasarkan melalui website untuk mempromosikan produk melalui media online. Dengan website maka peluang pasar yang ditawarkan media internet, tidak hanya membantu anda untuk mempromosikan produk maupun bisnis cafe di pasar lokal. Namun juga mempermudah anda untuk menjangkau pasar nasional maupun internasional. 

Mobile marketing

Saat ini tidak hanya media internet saja yang dapat anda manfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk. Mobile marketing atau pemasaran melalui telepon selular menjadi salah satu alternatif para pelaku pasar untuk memperkenalkan bisnisnya kepada masyarakat luas. 

Merangkul berbagai komunitas

Bila anda ingin mendapatkan banyak konsumen andabisa membentuk atau merangkul sebuah komunitas. Entah apa itu komunitasnya dan dimana saja, namun komunitas merupakan bagian penting dari sebuah cafe. Tanpa komunitas mini cafe anda bisa langsung bangkrut atau tutup usaha. 

Berikut beberapa cara bagaimana merangkul dan mempertahankan komunitas yang anda bangun: 

Mencari komunitas di sekitar anda

Cari dan temukan komunitas yang ada di sekitar anda dan yang belum disentuh ( belum dimilikioleh cafe lainnya ). Komunitas tersebut bisa berupa komunitas besar ataupun kecil dilihat dari jumlah anggotanya 

atau komunitas bisa berarti orang – orang yang menggemari sesuatu. Anda bisa membuat atau merangkul komunitas pecinta motor, komunitas penggemar mobil tua, blogger dan lainnya. 

Pendekatan terhadap komunitas tersebut

Jika anda sudah menemukan komunitas tersebut, segera untuk melakukan pendekatan untuk memperoleh informasi. Informasi yang harus anda peroleh adalah tentang suasana seperti apa yang disukai, senang dalam hal apa, bagaimana perilaku mereka jika berkumpul, kegiatan apa yang sering dilakukan dan lain sebagainya. 

Informasi tersebut berguna bagi anda untuk menentukan suasana cafe dan interiornya. Selain itu anda juga bisa melakukan promosi yang sesuai dengan keinginan mereka. 

Membuat event-event khusus

Anda bisa membuat kegiatan rutin yang sesuai dengan keinginan komunitas anda, karena kegiatan ini berguna untuk mengajak mereka untuk berkumpul dan menikmati cafe anda. 

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.