ADVERTISMENT

img
Ide

Resep Pergedel Jagung Crispy, Solusi Unik Olahan Jagung agar Tidak Bosan

Resep Pergedel Jagung Crispy, Solusi Unik Olahan Jagung agar Tidak Bosan
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Cara buat perkedel jagung renyah menjadikan hidangan berbahan dasar jagung yang dijadikan ini istimewa. Makanan dengan cara buat perkedel jagung renyah ini bisa digabungkan dengan lauk-lauk lainnya.

Seperti masakan dari bihun jagung, bakwan jagung, ataupun perkedel jagung ini. Atau jagung juga biasanya bisa dijadikan emping dengan mesin pemipih emping jagung supaya lebih praktis. Perkedel jagung ini selain bisa dijadikan lauk nasi hangat, makan digado pun juga lezat. Apapun makanannya, baik kering maupun kuah, perkedel jagung ini sangat cocok untuk dijadikan teman makan.

Tekstur perkedel jagung yang renyah ini mampu membuat lidah setiap orang ingin menyantap dan terus ketagihan.

Tips Mengolah dan Membersihkan Jagung Manis

1. Untuk yang pertama, silahkan bagi menjadi 2 bagian jagung manis yang sudah anda persiapkan. Hal ini dikarenakan kita akan buat dua jenis jagung yang dipipil dan disisir. Jagung yang dipipil akan selanjutnya kita tumbuk sehingga teksturnya lebih hancur sementara yang disisir akan dibiarkan demikian dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Sehingga ketika dimasak nanti, sajian perkedel jagung ini akan memiliki tekstur yang renyah dan sedap dari butiran jagung yang masih juicy. Untuk itu, silahkan bagi jagung menjadi dua buah masing-masing.

2. Sebelum itu sebaiknya jagung dibersihkan terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran dan bagian luar yang tidak akan kita gunakan. Untuk itu, pertama bersihkan terlebih dahulu cangkang jagung dan tarik kebagian belakang untuk kemudian dibersihkan secara merata dan dipotong bersama dengan bonggol jagung secara merata.

3. Bagian lain pada jagung yang harus dibersihkan adalah bagian rambut jagung yang ada dibagian atasnya. Tarik dengan perlahan dan bersihkan rambut jagung secara merata.

4. Untuk jagung bagian pertama, silahkan sisir dengan menggunakan pisau. Sementara bagian lainnya, silahkan dipipil dengan menggunakan tangan secara merata dan masukkan dalam dua wadah yang berbeda.

5. Tumbuk jagung yang sudah dipipil dengan menggunakan tumbukan pada cobek secara merata hingga tekstur jagung menjadi lebih gepeng. Lalu masukkan kembali kedalam wadah dan sisihkan sementara.

Perkedel Jagung Crispy

Perkedel ini menggunakan tambahan tepung beras serta dengan teknik penggorengan yang berbeda. Hindari penggunaan telur agar perkedel tidak lembek.

Bahan-bahan:

  • 1 sdm tepung beras
  • Garam secukupnya
  • Gula dan air secukupnya
  • Minyak goreng
  • 5 sdm tepung terigu
  • 3 buah jagung, disisir
  • 3 batang daun seledri, dirajang halus
  • 1 batang daun bawang potong halus

Bumbu Halus Perkedel Jagung:

  • 2 Siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah

Cara Pembuatan:

1. Pertama-tama uleg kasar jagung sisir. Atau mampu juga diproses menggunakan chopper yg masih agak kasar.

2. Lalu campur jagung dengan semua bahan lainnya, lalu tuang air secara bertahap. Jangan terlalu encer atau terlalu bantat.

3. Setelah itu, bumbui campuran bakwan jagung menggunakan garam dan juga gula secukupnya.

4. Lalu ambil 1 sdm adonan, kemudian masukkan melebar di pinggiran wajan yang telah diisi minyak panas.

5. Goreng sampai bakwan berwarna kuning keemasan.

Bakwan jagung siap untuk dihidangkan dengan bahan pelengkap sambal petis serta cabe rawit.

Sumber: https://yentit.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.