ADVERTISMENT

Ide

Tips Mengatasi Minyak Berlebih pada Keripik, Pelaku Usaha Wajib Tahu!

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Keripik adalah makanan atau jenis cemilan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Para penggemar atau penikmat keripik terdiri dari berbagai usia, mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, sampai orang tua, baik itu pria atau wanita.

Selain rasanya yang enak, tekstur dan harganya yang ramah dikantong membuat keripik ini semakin banyak disukai oleh orang-orang. Banyak orang memilih keripik sebagai cemilan untuk ide bisnis karena proses pembuatannya yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Meski mudah, masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara agar keripik ini tidak berminyak. Tips supaya keripik tidak berminyak bisa kamu cari tahu dari penjelasan di bawah ini.

Tips agar Keripik Tidak Berminyak

Sampai saat ini cemilan berupa keripik masih belum hilang ditelan waktu. Justru di era yang serba maju dan apa-apa selalu viral, banyak pelaku usaha keripik memproduksi keripik dengan rasa yang semakin unik dan kemasan yang menarik. Selain itu, harganya yang selalu bersahabat dan aman dikantong membuat banyak orang semakin menyukai keripik.

Karena hal tersebut, kita bisa melihat banyak merek keripik, hal itu membuktikan jika banyak orang memilih untuk menjadikan keripik sebagai peluang usaha. Proses produksinya yang mudah dan terbilang sederhana menambah nilai plus untuk cemilan yang satu ini.

1. Gunakan spinner minyak

Spinner minyak merupakan mesin atau alat peniris minyak yang sering dipakai oleh pedagang keripik di Indonesia. Cara kerja alat ini yaitu dengan cara diputar pada kecepatan yang sudah disesuaikan. Cara penggunaan mesin spinner minyak ini tidak terlalu sulit atau cukup sederhana.

Jika keripik sudah selesai digoreng, maka tuangkan ke dalam mesin spinner, kemudian nyalakan mesinnya. Mesin ini bisa bekerja secara otomatis untuk proses penirisan minyak dari keripik. Setelah proses penirisan minyak selesai, kamu bisa mengeluarkan keripik dari dalam mesin lalu mengemasnya.

2. Gunakan serokan

Tips yang kedua adalah cara meniriskan minyak tanpa mesin, yaitu dengan cara menggunakan serokan. Dilansir dari suatu sumber, serok dapat dipakai untuk menuangkan keripik ke dalam minyak dan mengangkatnya. Jika keripik dimasukan dengan memakai serok maka hasil keripiknya tidak akan saling bertumpuk. Jadi dengan serok ini kamu bisa mengurangi resiko minyak yang mengendap dalam jumlah yang terlalu banyak.

Untuk cara meniriskannya, kamu hanya perlu mengangkat keripik memakai serokan berlubang. Lalu, hentak hentakan serokan sampai tidak ada lagi minyak yang menetes dari keripik. Selanjutnya, taruh keripik di atas rak kawat atau sebuah wadah yang dialasi menggunakan kertas dan diamkan sampai tidak ada lagi sisaan minyak.

3. Pakai tisu dapur

Tips yang ketiga yaitu dengan menggunakan tisu dapur, tisu dapur bisa menyerap minyak berlebih di bagian permukaan sebuah keripik. Dilansir dari sebuah sumber, cara menggunakan tisu daput ini cukup mudah, kamu cukup mengangkat keripik memakai serokan lalu letakkan di nampan atau wadah yang rata dan sudah dialasi menggunakan tisu dapur. Diamkan keripik tersebut kurang lebih dua sampai tiga menit supaya minyaknya terserap.

4. Tiriskan dua kali

Tips selanjutnya adalah cobalah untuk meniriskan keripik sebanyak dua kali supaya minyaknya tidak tersisa. Caranya, ambil keripik memakai serokan, kemudian letakkan keripik di tampah atau nampan yang sudah dialasi kertas. Setelah itu, diamkan keripik selama beberapa saat sampai minyaknya terserap. Jika sudah, pindahkan keripik tersebut ke nampan atau wadah yang lainnya. Diamkan sampai keripik berubah menjadi dingin, lalu kemas yang rapat sesuai kebutuhan penjualan.

5. Manfaatkan roti basi

Dikutip dari Sustainability Stack Exchange, disana dijelaskan jika seseorang memanfaatkan roti basi untuk membantu proses meniriskan minyak pada keripik. Cara penggunaan roti basi ini terbilang simpel dan mudah dilakukan. Kamu hanya perlu memasukkan roti basi di freezer, lalu tata roti tersebut di atas sebuah nampan. JIka sudah, tempatkan gorengan atau keripik di atas roti basi tersebut untuk mengurangi endapan minyaknya.

Itulah beberapa tips untuk mengurai minyak pada keripik usaha Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Sumber: https://yentit.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.