ADVERTISMENT

Ide

Analisis Kebutuhan Modal untuk Memulai Usaha Roti dan Kue

Artikel ditulis olehAfiqurahman

Mungkin Anda akan bertanya, “mengapa roti dan kue termasuk ide bisnis kreatif?”

Alasannya sama dengan yang telah disebut di pembahasan mengenai bisnis camilan unik. Meskipun sudah banyak bakery yang memiliki nama, ada banyak kreasi baru yang dapat Anda ciptakan. Kuncinya adalah kreatifitas.

Babe Bakery, misalnya. Usaha bakery asal Jakarta ini menawarkan beragam pilihan roti tanpa pengawet — ide yang masih jarang ditemui.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa bisnis ini adalah salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Selain bahan bakunya yang melimpah, minat masyarakat akan produk satu ini juga besar.

Apalagi banyak tren jajanan yang viral berasal dari makanan yang berbahan dasar roti. Sehingga jika IMOs ingin mencoba bisnis toko roti, kira-kira inilah peluang serta analisa usahanya.

Roti merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang disukai banyak orang.

Roti biasanya dimakan saat sarapan, sebagai teman minum kopi, atau bisa juga sebagai solusi untuk mengganjal perut yang lapar sebelum makan siang. Bagi mereka yang kurang suka mengonsumsi nasi di malam hari, roti juga sering kali menjadi pilihan.

Sebagai makanan ringan, roti menjadi makanan yang bisa dinikmati oleh segala usia, dari mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, sebagian besar dari mereka pasti menyukai roti.

Tak hanya itu saja, makanan berbahan dasar tepung ini juga selalu dibutuhkan di berbagai acara. Dari mulai acara pengajian, arisan, seminar, hingga pernikahan,roti hampir selalu digunakan sebagai jajanan serta suguhan.

Tingginya minat dan kebutuhan masyarakat terhadap roti menunjukkan bahwa peluang dalam bisnis ini masih bisa berkembang menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, maka tak heran jika banyak orang mencoba peruntungan bisnis toko roti.

ANALISA BISNIS TOKO ROTI 

Bagi Anda yang suka membuat roti dan ingin mendapat penghasilan dari keahlian tersebut, memulai bisnis toko roti rumahan merupakan peluang usaha yang menjanjikan.

Tanpa perlu modal besar, Anda bisa memulai usaha Anda dari dapur rumah. Apalagi di zaman yang serba internet seperti sekarang, Anda juga tidak harus menyewa toko untuk memajang dagangan.

Dengan berjualan secara online, biaya yang dikeluarkan tentu bisa ditekan. Nah, berikut adalah contoh analisa detail bisnis toko roti jika tanpa biaya sewa tempat.

MODAL USAHA TOKO ROTI

Bayangan kasar modal awal bisnis toko roti:

Keterangan Harga
Mixer Roti Rp 4.000.000,-
Kompor Gas Rp 400.000,-
Oven Gas Rp 5.000.000,-
Timbangan Kue Rp 100.000,-
Loyang Rp 300.000,-
Ayakan Rp 100.000,-
Pengocok Adonan Rp 70.000,-
Alat Masak (spatula, panci, wajan, dll) Rp 800.000,-
TOTAL Rp 10.770.000,-

Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis toko roti, berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan agar usaha Anda sukses..

TENTUKAN PRODUK YANG INGIN DIJUAL

Dalam hal ini, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu roti-roti yang dijual di pasaran dan selera masyarakat sekitar.

Apabila tidak ingin sama dengan kompetitor, Anda juga bisa memilih produk yang lebih unik dan fokus pada bahan atau jenis roti tertentu yang menjadi keahlian Anda.

MANFAATKAN YANG ADA, JANGAN DULU MENYEWA TEMPAT

Sebagai permulaan, jangan dulu menyewa tempat untuk membuka bakery. Manfaatkan dapur rumah sendiri untuk memproduksi roti. Dengan begitu, Anda akan bisa menghemat biaya transportasi dan sewa tempat.

Namun, pastikan dapur selalu terjaga kebersihannya karena kebersihan dapur merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan saat menjalankan bisnis makanan.

BERIKAN SAMPLE/TESTER 

Sebelum memasarkan roti ke target yang lebih luas, tidak ada salahnya apabila Anda memberikan sampel atau tester ke orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, atau tetangga di sekitar rumah.

Selain dapat mendapat masukan terkait produk roti Anda, cara ini memungkinkan Anda mendapat pemasaran gratis dari mulut ke mulut. Apabila roti buatan Anda menarik, lezat, dan berkualitas baik, orang-orang yang Anda berikan sampel pasti akan dengan senang hati mempromosikan produk Anda ke orang yang mereka kenal.

PERHATIKAN STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran juga berperan besar bagi keberhasilan bisnis toko roti Anda. Sebagai permulaan, Anda bisa melakukan strategi pemasaran secara online dengan cara membuat media sosial dan website.

Buat konsep yang menarik dan pajang foto-foto kue yang cantik agar calon pembeli tertarik untuk membeli kue Anda.

TERUS BERINOVASI

Dengan adanya inovasi, produk Anda akan memiliki nilai jual tersendiri yang membedakannya dengan produk-produk lainnya.

Oleh sebab itu, cobalah untuk membuat inovasi baru yang belum pernah dibuat oleh kompetitor, misalnya dengan membuat variasi rasa baru, atau menghadirkan packaging yang menarik.

Demikianlah ulasan mengenai peluang, analisa, serta tips memulai bisnis toko roti. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan lupa posting produk di anekaukm yah 😃

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.