ADVERTISMENT

Info

Cara Buka Cafe: Panduan Lengkap, Langkah Demi Langkah Dalam Memulai

Artikel ditulis olehApril Liliana

Anekaukm.com - Jadi, Anda telah memutuskan untuk terjun ke dalam bisnis cafe, dan sedang mencari tahu bagaimana cara membuka sebuah cafe?

Membuka cafe lalu memiliki banyak pelanggan adalah sebuah pencapaian yang berharga. Karena, ada kepuasan tersendiri ketika ada ratusan orang melakukan percakapan sambil menikmati menu cafe yang Anda buat. 

Nah, di sini kami akan memberikan panduan lengkap, langkah demi langkah dalam memulai bisnis cafe.

1. Lakukan Riset Bisnis Cafe

Cara buka cafe: panduan lengkap, langkah demi langkah dalam memulai

Cafe memerlukan sebuah investasi waktu maupun uang. Di awal memulai, sebaiknya luangkan waktu sebanyak mungkin untuk melakukan analisa sehingga Anda memahami apa saja hal yang diperlukan, langkah-langkah dan cara yang harus dicapai agar bisnis cafe menjadi sukses.

Cara terbaik untuk riset adalah menjangkau pemilik bisnis cafe secara langsung dan belajar dari pengalaman mereka.

Mengulik cara dan tips apa yang mereka upayakan sehingga berhasil. Lalu, cari tahu hal apa saja yang perlu dihindari. Pada  langkah ini, adalah bagian yang menyenangkan, sebab Anda akan mengunjungi banyak cafe untuk mengumpulkan wawasan cara membuka cafe yang benar.

Setelah mengumpulkan hasil riset, sekarang waktunya membuat ide tentang apa yang akan menjadi ciri khas pada cafe Anda? Apa yang membuatnya berbeda dari cafe lain? Siapa saja target market Anda? Apa yang pelanggan perlukan? Kapan waktu akan sibuk dan kapan waktu akan lengang pengunjung?

Mempelajari pelanggan dengan baik akan membantu perencanaan bisnis cafe menjadi matang, akan memudahkan Anda dalam membuat daftar menu cafe serta menentukan harga sesuai target market kita.

2. Tentukan Visi Anda

Cara Buka Cafe: Panduan Lengkap, Langkah Demi Langkah Dalam Memulai

Ketika Anda telah memiliki rencana besar lengkap dengan gambaran mental tentang sebuah cafe, ini waktunya menentukan apa yang ingin Anda capai dengan cafe dan suasana seperti apa yang ingin dibuat dalam cafe Anda.

Dimulai dengan mengumpulkan foto menu, mencari ide desain tampilan cafe, jenis minuman dan makanan andalan yang akan disajikan.

Memiliki visi yang jelas akan membantu Anda tetap konsisten dalam memilih nama, memutuskan dekorasi, merencanakan makanan, memilih kopi, memilih cangkir dan bagaimana cara Anda akan berinteraksi kepada pelanggan. Tetap diingat: Kita tidak dapat memuaskan semua orang!

3. Buat Rencana Bisnis Secara Rinci

Cara Buka Cafe: Panduan Lengkap, Langkah Demi Langkah Dalam Memulai

Kebanyakan pelaku bisnis mengabaikan langkah penting ini, sebab mereka berpikir ini hal yang remeh dan membuang waktu. Mereka berpikir: "Kita terlalu sibuk dengan banyak hal..", "Siapa yang akan membaca rincian rencana tersebut..?" 

Namun nyatanya, menyususn rencana bisnis cafe dalam tulisan akan membantu kita saat proses mempersiapkan bisnis.

Proses penulisan rencana bisnis membantu Anda memahami langkah-langkah detail tentang market Anda, dan melihat lebih dekat angka-angka yang Anda butuhkan untuk membuat bisnis sukses.

Rencana bisnis yang dibuat layaknya peta yang akan memandu Anda untuk melalui setiap tahap dalam pengembangan dan pengelolaan cafe.

 Rencana bisnis harus mencakup:

  • Ringkasan: Untuk apa bisnis cafe ini Anda buat?  
  • Analisa Market: Siapa target pelanggan Anda? Siapa pelanggan tetap Anda? Siapa pesaing Anda?
  • Pengelola: Apa tugas-tugas Anda di cafe? Berapa orang pekerja? Pekerja yang seperti apa yang Anda butuhkan? Apa saja tugas-tugas mereka? Berapa gaji masing-masing orang?
  • Rencana Pemasaran: Hal apa yang membuatnya berbeda atau menonjol dari cafe yang lain? Dengan cara apa Anda mengiklankan cafe? Berapa banyak modal untuk mengiklan?
  • Proyeksikan Keuangan: Proyeksikan laba rugi, arus kas, strategi lokasi dan harga sewa bangunan.

Memang banyak hal yang perlu dipikirkan, namun meluangkan waktu untuk merencanakan setiap aspek bisnis cafe, akan membantu Anda untuk melangkah ke depan.

4. Tentukan Lokasi

cara buka cafe: panduan lengkap, langkah demi langkah memulai

Lokasi sangat menentukan kesuksesan sebuah bisnis cafe. Sebelum Anda membuat keputusan, luangkan waktu dengan mendatangi dan mengamati lokasinya terlebih dahulu.

Perhatikan dengan cermat, luangkan waktu sebanyak mungkin untuk mengetahui berapa banyak orang yang berjalan kaki? Berapa banyak kendaraan dapat tertampung dalam parkiran tersebut? Apakah lokasinya cukup nyaman diakses? Apakah bangunannya tampak jelas terlihat? Hal-hal seperti apa yang disukai masyarakat setempat? Bagaimana kultur masyarakatnya? Apakah juga dekat dengan beberapa cafe lainnya?

Penting pula untuk memahami dengan rinci mengenai ketentuan sewa lahan atau bangunannya, sebab akan mempengaruhi profit dan nilai jual kembali dari bisnis cafe Anda di masa mendatang. Akan lebih bijak jika Anda berdiskusi dengan seorang pengacara yang berspesialis terhadap sewa ritel, sebelum Anda menandatangani apap pun.

5. Temukan Supplier (Pemasok) Terbaik

Cara Buka Cafe: Panduan Lengkap, Langkah Demi Langkah Dalam Memulai

Mencari untuk menemukan pemasok bahan makanan dan minuman di cafe Anda adalah komponen kunci dari kesuksesan bisnis. 

Tergantung pada jenis cafe yang Anda ingin buat, namun umumnya, pasokan bahan yang diperlukan untuk sebuah cafe antara lain kopi, coklat, roti, susu, buah-buahan dan sayuran segar dan bahan makanan lainnya seperti kelompok protein, beras dan spageti atau mi.

Sebagai perlengkapan produksi dan penyajian, Anda juga akan memerlukan mesin barista, cangkir, piring, sendok, teko dan banyak lagi yang tentu perlu Anda tuliskan ke dalam daftar kebutuhan cafe Anda.

Dari daftar tersebut, dimulailah meneliti dan mencari penyuplai produk yang sesuai untuk bisnis cafe Anda.

6. Peralatan Komersial Cafe

Cara buka cafe: panduan lengkap, langkah demi langkah memulai

Ketika sampai pada pemilihan alat-alat cafe. Anda dapat membelinya sendiri atau menyewanya. Bahkan beberapa cafe mendapatkan alat perlengkapan kopi dengan menyewa dari coffee roaster mereka.

Yang harus disipakan yaitu mesin penggiling kopi (Coffee Grinder), mesin penyeduh (Drip Coffee Maker), Mesin Espresso Komersial, peralatan memasak, lemari es/freezer, mesin kasir dan peralatan pendukung lainnya.

7. Desain Cafe Anda Dengan Ciri Khas Tersendiri

cara buka cafe: panduan lengkap, langkah demi langkah memulai

Desain cafe Anda menjadi penting untuk dapat menarik pelanggan anda dan membuat mereka datang kembali.

Konsepnya akan sangat tergantung dari siapa audiens Anda. Apakah dengan gaya modern, retro, rumit, ramah keluarga atau bahkan dengan tema kesehatan?

Penting untuk memahami selera basis pelanggan Anda, namun sekali lagi, kita tidak bisa mencoba memuaskan semua orang.

Pilihlah satu tema sebagai ciri khas, dan tampilkan dengan konsisten sehingga akan membuat pelanggan Anda mengetahui karakter yang dimiliki cafe Anda.

Anda dapat mencoba meletakan etalase, papan nama, furnitur, dan pencahayaan.

Mengevaluasi efisiensi tata letak ruangan dari perspektif karyawan dan pelanggan. Sesuaikan ukuran tempat untuk barista agar dapat bekerja secara optimal. Pertimbangkan juga untuk lalu lintas staf Anda, apakah mereka dapat melintasi ruangan dengan cepat? Akankah pelanggan memahami proses pesanan saat memasuki cafe Anda?

Kita tahu ini sedikit mahal, namun dengan menyewa desainer interior profesional, akan benar-benar dapat memudahkan semua ini. Namun apabila Anda dapat menanganinya sendiri, tentu akan lebih menghemat biaya. Hal prisnip untuk suasana cafe adalah nyaman dan alur kerja yang efisien. 

8. Membuat Daftar Menu

cara buka cafe: panduan lengkap, langkah demi langkah memulai

Daftar menu cafe Anda harus mengekspresikan visi dan tema yang telah Anda putuskan. 

Seluruhnya memerlukan pertimbangan, baik pilihan makanan,  minuman, desain warna, jenis tulisan, hingga deskripsi dan gambar serta harga yang menarik.

Tentukan juga mengenai hidangan khas serta bagaimana hal itu dapat menjadi ciri dan gaya menu di cafe Anda. Pastikan pula untuk tetap menyediakan pilihan menu bebas gula atau gluten dan menu untuk vegetarian. 

Menu yang Anda sediakan harus dengan harga yang tetap memberikan keuntungan kepada Anda. Hitung biaya dan margin untuk setiap item. Sebagai tips, biaya bahan tidak boleh lebih dari 35% dari harga eceran.

9. Pekerjakan Orang Yang Tepat

cara buka cafe: panduan lengkap, langkah demi langkah memulai

Umumnya pemilik bisnis apapun, akan memberikan jawaban tentang masalah nomor satu buat mereka: menemukan dan mempertahankan karyawan yang hebat.

Kebanyakan orang, akan mencari karyawan dengan pengalaman tinggi, namun ada satu hal yang mengalahkan pengalaman, yaitu sikap. Keterampilan dapat dipelajari, namun sikap tidak.

Berikan sistem edukasi dan pelatihan yang baik kepada karyawan Anda.

10. Gencarkan Iklan dan Promosi Untuk Cafe Anda

cara buka cafe: panduan lengkap, langkah demi langkah memulai

Lakukan 1 bulan atau satu minggu sebelum pembukaan cafe. Hal ini adalah kesempatan untuk mulai membangun jaringan Anda.

Media sosial akan membuat promosi Anda tersebar cepat. Umumnya pelaku bisnis Cafe menggunakan Instagram, namun Anda tetap dapat menambah media sosial lainnya.

Pastikan juga Anda telah menambahkan cafe Anda pada Google Maps agar muncul di penelusuran lokal. Jangan lupa untuk membuat promosi online secara pribadi, interaktif, dan menarik. Gunakan gambar dan video untuk promosi yang lebih hebat.

11. Dan, Cafe Siap Dibuka!

cara buka cafe: panduan lengkap, langkah demi langkah memulai

Membuka cafe adalah titik pencapaian luar biasa dan akan menjadi awal dari petualangan baru yang mengasyikkan.

Setelah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun melakukan perencanaan, riset, persiapan, dan perekrutan karyawan terbaik, Opening cafe Anda adalah kesempatan untuk memamerkan kerja keras Anda. 

Ini juga merupakan peluang yang bagus untuk mulai membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda.

Untuk menyelenggarakan grand opening, pastikan Anda memiliki karyawan yang cukup dan periksa apakah berbenturan dengan acara lokal lainnya di sekitar cafe Anda.

Pertimbangkan juga untuk mengadakan soft opening terlebih dahulu, untuk mempelajari dasar-dasarnya sebelum Anda membuka sepenuhnya untuk umum. Ini adalah tips yang baik untuk menguji alur kerja, karyawan, dan suasana cafe Anda. Dari sini menjadi sebuah kesempatan untuk Anda, untuk memperbaiki kekusutan sebelum cafe Anda benar-benar dibuka.

Dengan membuka cafe, Anda dapat menikmati kesempatan untuk menjadi bos bagi diri sendiri, membangun keuntungan, dan menjalin hubungan baru di seluruh komunitas.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.