ADVERTISMENT

Info

Pengertian Grand Opening, Contoh dan Strateginya

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Ketika membuka suatu usaha, biasanya pelaku usaha akan mengumumkan usaha tersebut kepada publik. Ada yang berskala kecil, sedang, dan ada pula yang besar.

Pembukaan berskala besar ini dikenal dengan istilah grand opening.

Kita akan membahas lebih lengkap mengenai apa itu grand opening, mengapa grand opening penting bagi bisnis baru, dan strategi menjalankan grand opening yang sukses dan menguntungkan bagi usaha kita. Simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Grand Opening

Secara harfiah, grand opening adalah pembukaan besar atau pembukaan akbar. Grand opening merujuk pada publikasi atau pemberitahuan pada publik tentang adanya suatu usaha atau bisnis baru yang produk atau layanannya bisa dinikmati oleh khalayak.

Mengutip studi kasus dalam dewey.petra.ac.id, salah satu contoh grand opening adalah pembukaan bisnis taman hiburan melibatkan media-media yang sesuai dengan tujuan sehingga publik dapat mengetahui serta mengingat informasi tentang taman hiburan tersebut.

Sedangkan menurut Kristen Bennet dalam situs smallbusiness.chron.com, grand opening adalah event sosial yang bertujuan untuk memperkenalkan bisnis atau usaha baru kepada masyarakat atau komunitas yang menjadi target bisnis tersebut dalam jumlah besar.

Alasan Penting Grand Opening Bagi Bisnis

Menurut Kristen Bennet, grand opening penting bagi suatu bisnis karena dapat membantu pebisnis menggaet pelanggan baru, menciptakan 'dengungan' atau gaung di kalangan publik, menarik perhatian media massa, dan menunjukkan inisiatif dan niat baik bagi bisnis lain di sekitar.

Berikut penjelasan selengkapnya mengutip smallbusiness.chron.com.

1. Menggaet Pelanggan Baru

Tujuan utama grand opening adalah memperkenalkan bisnis baru sehingga dapat menggaet pelanggan yang juga terbilang baru.

Pebisnis harus memiliki mindset bahwa bisnis mereka belum dikenal sehingga mereka akan berusaha maksimal untuk memperkenalkan bisnis tersebut kepada khalayak.

Taktik yang digunakan dalam grand opening salah satunya adalah dengan menarik pengunjung untuk mencoba produk baru tersebut dan memberikan diskon spesial pembukaan.

2. Menciptakan Gaung Sehingga Dibicarakan Banyak Orang

Tidak hanya membuat orang sadar akan kehadiran bisnis baru ini, grand opening juga berguna untuk menciptakan dengung atau buzz di tengah khalayak.

Semakin banyak orang yang membicarakan bisnis baru kita, akan semakin banyak lagi orang yang mengetahui keberadaan kita di tengah persaingan pasar.

Tolak ukur kesuksesan grand opening menurut Bennet adalah seberapa banyak orang membicarakan pembukaan bisnis baru tersebut.

3. Menarik Perhatian Media

Media massa merupakan salah satu sarana yang efektif untuk memperkenalkan suatu hal kepada khalayak ramai sekaligus.

Grand opening yang heboh diharapkan dapat menarik perhatian media sehingga agenda grand opening kita akan diketahui semakin banyak orang.

Biasanya cara yang dilakukan dalam grand opening yang akan diliput media adalah dengan pengguntingan pita atau aksi simbolis lain sebagai peresmian.

4. Menunjukkan Inisiatif dan Niat Baik bagi Bisnis Lain

Ketika memasuki pasar, pebisnis pendatang baru akan bertemu dengan pebisnis yang lebih lama di sekitarnya.

Grand opening ini bisa menjadi semacam pengumuman dan gestur 'permisi' bahwa bisnis baru tersebut akan ikut bersaing di tengah pasar.

Hal ini bukan berarti mengajak pebisnis lain bersaing terang-terangan. Justru di era kolaboratif sekarang, ini bisa menjadi undangan bagi bisnis lain untuk berkolaborasi dengan bisnis kita.

Strategi Grand Opening

Ada banyak strategi yang bisa dilakukan agar grand opening bisnis baru kita sukses. Berikut opsi strategi seperti dilansir situa managementhelp.org dan localiq.com.

1. Pasang Tanda di Depan Lokasi Bisnis

Cara pertama yang bisa dilakukan dan tergolong tradisional adalah memasang tanda di depan lokasi bisnis kita.

Misalnya dengan tulisan 'coming soon' atau 'segera hadir'. Tujuannya untuk menginformasikan kepada khalayak bahwa akan ada bisnis baru di tempat itu dalam waktu dekat.

Bila perlu, cantumkan juga QR code atau alamat website di banner tersebut supaya audiens yang melihatnya bisa mencari informasi lebih lengkap mengenai bisnis baru yang akan kita buka.

2. Jangkau Target Pasar Melalui Iklan Internet

Sekarang memasang iklan di media online atau layanan internet lain semakin mudah. Kita bisa memanfaatkan iklan internet ini untuk menjangkau target pasar kita.

Pasang iklan berupa pengumuman kapan grand opening bisnis baru kita akan dilaksanakan, beserta berbagai agenda dan keuntungan yang akan diberikan pada pelanggan baru.

3. Gaet Audiens Melalui Media Sosial

Kita juga bisa menarik perhatian audiens lebih awal melalui media sosial. Hal ini paling banyak dilakukan oleh bisnis baru karena tidak memakan biaya terlalu besar.

Unggah postingan yang berisi informasi grand opening dan produk/jasa baru yang akan ditawarkan.

Jangan lupa juga untuk membangun interaksi dengan audiens melalui media sosial tersebut.

Kita juga bisa 'meminta' audiens untuk membagikan atau share akun medsos bisnis kita ke semakin banyak orang.

4. Mulut ke Mulut

Cara konvensional ini juga patut dicoba. Jika bisnis kita berskala kecil atau mikro dan menargetkan pasar di sekitar tempat tinggal kita saja, bukan berarti kita tidak bisa mengadakan grand opening.

Kita bisa menggelar grand opening sederhana dan mengumumkannya dari mulut ke mulut, baik itu lewat teman, keluarga, tetangga, atau rekan satu komunitas yang kita kenal.

5. Sediakan Sampel Gratis

Saat grand opening, pebisnis punya kesempatan lebar untuk memperkenalkan produk. Kita tidak harus langsung menjual produk atau jasa tersebut, tetapi bisa menyediakannya dalam bentuk sampel gratis bagi pengunjung supaya mereka bisa mencoba.

Jika pengunjung puas dengan produk atau jasa dari kita, mereka akan cenderung melakukan pembelian di kemudian hari.

6. Undang Tamu atau Pembicara Spesial

Orang biasanya tertarik menghadiri grand opening ketika ada sosok yang dikenalnya dalam event tersebut. Kita bisa mengundang tamu atau pembicara dalam acara grand opening kita untuk menggaet semakin banyak orang.

Tentu saja tamu dan pembicara itu harus sesuai dan relevan dengan bisnis yang kita buka. Misalnya kita membuka bisnis makanan sehat, ada baiknya kita mengundang pembicara seperti ahli gizi.

7. Libatkan Audiens dengan Workshop

Kita bisa melibatkan audiens dalam grand opening dengan mengadakan agenda workshop di dalamnya. Misalnya untuk bisnis kue kering, kita bisa mengajak audiens untuk mencoba membuat kue kering ala bisnis kita.

Tentu saja jangan sampai kita mengungkap semua resep rahasia, ya.

8. Kerja Sama dengan Bisnis Terkait

Seperti disebutkan di atas, sekarang sudah zamannya kolaborasi. Kita bisa berkolaborasi dengan bisnis lain yang relevan dalam grand opening kita.

Misalnya kita membuka bisnis kursus musik, kita bisa bekerja sama dengan pebisnis yang bergerak di bidang alat musik. Atau jika kita membuka bisnis kuliner, kita bisa kerja sama dengan perusahaan penyedia alat masak.

9. Masukkan Kampanye Sosial

Kunci penting dalam dunia bisnis saat ini adalah tidak hanya berfokus pada keuntungan finansial semata, tapi juga memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial.

Karena itu, manfaatkan kesempatan grand opening untuk menyampaikan isu sosial yang menjadi perhatian bisnis kita.

Misalnya kita membuka bisnis sabun herbal, kita bisa memasukkan value pelestarian lingkungan di dalam grand opening kita. Atau pada setiap pembelian produk kita, sebagian akan disumbangkan kepada anak-anak yang membutuhkan.

10. Lakukan Countdown

Strategi ini biasanya diterapkan melalui media sosial. Jangan lupa untuk memasang countdown atau penghitung waktu mundur untuk menambah kesan 'tegang' menunggu waktu grand opening.

Hal ini juga berguna untuk mengingatkan audiens kapan bisnis kita akan secara resmi dibuka.

Contoh Grand Opening

Berikut beberapa contoh grand opening yang bisa menjadi inspirasi Anda.

1. Memberikan Penawaran Khusus

Mengutip eprints.kwikkiangie.ac.id, sebuah produk pembersih memberikan penawaran khusus pada saat grand opening berupa diskon 75 persen selama tiga hari pelaksanaan grand opening.

2. Diskon untuk Jumlah Pengunjung Terbatas

Evita Purnamasari dalam buku Ide Bisnis Modal Tipis 500 Ribuan mencontohkan, pelaku usaha bisa memberi diskon untuk jumlah pengunjung terbatas dalam grand opening. Misalnya hanya untuk 100 pembeli pertama atau pengunjung yang memenuhi kriteria tertentu.

3. Memanfaatkan Strategi IMC

Integrated marketing communication (IMC) diterapkan sebelum pelaksanaan grand opening tempat wisata di Jawa Timur.

Mengutip dewey.petra.ac.id, tim publikasi mengumumkan bahwa objek wisata tersebut sebagai satu-satunya yang objek wisata yang menggabungkan unsur IPTEK dan fun secara inovatif dan kreatif serta selalu melakukan penyesuaian di bidang IPTEK.

Objek wisata tersebut menyajikan berbagai macam fasilitas yang memenuhi kebutuhan rekreasi dan belajar yang sulit ditemukan di tempat belajar biasa yakni ruang kelas atau sekolah.

Dalam hal ini, mereka menerapkan strategi memasukkan value ke dalam grand opening tersebut, yakni tren belajar masa kini bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan tidak harus di sekolah.

Perbedaan Grand Opening dan Soft Opening

Grand opening berbeda dengan soft opening meskipun keduanya sama-sama pengumuman dibukanya bisnis baru. Mengutip situs home.binwise.com, grand opening memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Berbentuk perayaan dan biasanya meriah.
  2. Berskala lebih besar.
  3. Bertujuan menggaet audiens dalam jumlah besar.
  4. Mengundang lebih banyak pengunjung dan tidak bersifat eksklusif.

Sedangkan soft opening, sesuai dengan namanya, merupakan pembukaan yang bersifat lebih halus dan tidak digelar besar-besaran, meskipun juga bertujuan menarik audiens. Soft opening memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Biasanya berbentuk ramah tamah dan tidak terlalu meriah.
  2. Berskala lebih kecil.
  3. Bertujuan menggaet audiens dalam jumlah terbatas (biasanya keluarga, teman, atau kolega).
  4. Bersifat eksklusif.
  5. Biasanya diadakan lebih dulu daripada grand opening.

sumber: https://finance.detik.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.