ADVERTISMENT

Info

Terlalu Nikmat, Penjualan Kerupuk Produk UMKM Muara Muntai Tembus Negara Mesir

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Tahu kah Anda ? Muara Muntai merupakan salah satu Kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Mempunyai potensi lokal berupa ikan yang melimpah di Sungai Mahakam.

Masyarakat memanfaatkan potensi itu dengan mengolah menjadi produk yang bernilai ekonomis lho. Seperti kerupuk ikan belida, gabus dan masih banyak lagi yang bernilai ekonomis dan menambah penghasilan mereka.

Berawal dari usaha turun temurun, salah satu pengusaha kerupuk warga Muara Muntai yang bernama Nila  yang beralamatkan di Jl. Gajah Mada Rt. 02 Muara Muntai Ilir mengatakan, usahanya tersebut sudah berjalan sejak tahun 2011 silam hingga sekarang dengan sistem Keluarga. 

"Alhamdulillah, produksi kerupuk ikan ini kita mulai dari yang kecil hingga mampu bertahan sampai sekarang. Bahkan permintaan kerupuk semakin meningkat, kita juga menambah karyawan sampai 10 orang, terutama ibu-ibu yang ada di desa Muara Muntai Ilir,” katanya.

Kini produk kerupuk yang Ia bisnis telah mencapai penjualan luar Pulau Kalimantan seperti Pulau Jawa, Makassar bahkan sampai luar Negeri yaitu Mesir.

Dalam sehari Ia dapat memproduksi 2 (dua) karung tepung kanji dengan berat 50 kg. Kemudian dicampur dengan olahan daging ikan yang sudah dipilah sebanyak 35 Kg. 

“Cara membuatnya, masih tradisional yakni setelah semuanya diolah kemudian dilakukan proses pemotongan kerupuk secara manual. Dilanjutkan masuk pada proses pengeringan dengan cara dijemur diruang terbuka dengan cuaca terik sinar matahari. Setelah dilakukan proses pengeringan barulah dimasukkan kedalam kemasan plastik dengan penimbangan sesuai takaran,” ujarnya.

Tidak itu saja, Ia mampu menjual produk UMKM tersebut untuk dijadikan oleh-oleh para wisatawan lokal maupun asing yang datang berwisata ke Kampoeng Telihan (Ulin).

Nah bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Selain memanfaatkan potensi lokal yang ada, kalian juga bisa menambah penghasilan dengan memulai bisnis kecil-kecilan dengan sistem Keluarga.

Mulailah mencoba dengan terus giat berusaha ya, Semoga sukses !

sumber : https://vivaborneo.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.