ADVERTISMENT

img
Info

LandX-Moka Bersinergi Mempermudah UMKM dapatkan Modal Usaha

LandX-Moka Bersinergi Mempermudah UMKM dapatkan Modal Usaha
Artikel ditulis olehCici Hokiku

LandX menggandeng Moka sebagai mitra penyaluran modal usaha untuk UMKM. Dengan adanya kerja sama ini, maka per September 2022 pelaku UMKM bisa dengan mudah mengakses pendanaan melalui layanan Moka Capital.

Terdapat sederet manfaat menggunakan pendanaan LandX lewat Moka Capital bagi UMKM, di antaranya kemudahan dalam mempersiapkan transaksi historis bisnis untuk pengajuan modal.

Tak hanya data transaksi historis bisnis, status pengajuan Moka Capital juga dapat dicek secara real time oleh pemilik usaha lewat dashboard di back office Moka.

Selain itu, akan ada promo eksklusif dari LandX bagi para mitra usaha Moka yang mengajukan pendanaan melalui Moka Capital. Tidak hanya itu saja, mitra usaha juga akan difasilitasi untuk dipertemukan dengan lembaga pendanaan terpercaya melalui layanan Moka Capital di platform Moka.

Adapun untuk proses pengajuan modal usaha pertama-tama akan melewati penilaian awal. Selanjutnya pengajuan tersebut akan memasuki proses public sale di platform LandX selama 45 hari.

Selama proses urun dana (crowdfund) tersebut, investor di LandX akan menilai kelayakan mitra usaha untuk diberikan pendanaan lebih lanjut.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Moka, jaringan Point of Sales yang telah terbukti dapat meningkatkan skala bisnis UMKM dan pengusaha lewat teknologi digital.

Terlebih, ragam solusi Moka dapat memudahkan para pebisnis untuk dapat mempercepat ekspansi bisnis mereka," ujar CEO LandX Andika Sutoro Putra dalam keterangan tertulis, Kamis (6/10/2022).

Andika berharap, kerja sama antara kedua pihak dapat meningkatkan minat investor untuk berinvestasi di puluhan ribu mitra usaha Moka yang notabene UMKM lewat equity crowdfunding.

Dengan begitu dapat membantu urusan permodalan yang kerap menjadi persoalan utama para pelaku UMKM.

Di sisi lain, juga mendorong perekonomian nasional. Mengingat selama beberapa tahun terakhir UMKM menjadi penopang perekonomian Indonesia, dan berkontribusi terhadap PDB sebesar 61,97% atau senilai Rp 8.573,89 triliun.

Sementara itu, CEO & Co-Founder Moka Haryanto Tanjo mengungkapkan pihaknya menyambut baik kerja sama dengan LandX untuk mempermudah akses pendanaan bagi UMKM.

"Kami berharap kerja sama ini akan membantu lebih banyak UMKM di Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya, baik itu membuka cabang baru, melakukan inovasi terhadap produk, maupun memperluas jangkauan pelanggan, hingga dapat terus berkontribusi dalam menggerakkan perekonomian nasional Indonesia," tuturnya.

Dia menjelaskan, sebagai bagian dari GoTo Financial, Moka telah membantu puluhan ribu UMKM sejak tahun 2014. Khususnya usaha yang bergerak di bidang kuliner, retail, fesyen, kecantikan, dengan memberikan layanan omnichannel yang dapat membantu usaha mereka tumbuh.

Diketahui, penandatangan nota kesepahaman dilakukan beberapa waktu lalu antara LandX dan Moka. Acara tersebut turut dihadiri oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Koordinator Pembiayaan Teknologi Finansial dan Modal Ventura Kemenparekraf/Baparekraf Maman Rahmawan menjelaskan kontribusi UMKM pada perekonomian nasional membuka iklim investasi yang positif dan menjadi faktor utama dalam menjaga eksistensi bisnis berkelanjutan.

Karena itu, Kemenparekraf mengapresiasi sinergi LandX dan moka yang membuka akses keuangan bagi pelaku usaha di Tanah Air.

"Pelaku UMKM tidak perlu bingung lagi terhadap masalah modal usaha sehingga ke depannya ekspansi bisnis mereka dapat di akselerasi, yang akhirnya dapat membuka lapangan pekerjaan. Hal ini tentu sejalan dengan misi dan program Kemenparekraf untuk jadikan UMKM sebagai lokomotif pencetakan lapangan kerja di Indonesia," tuturnya

sumber: https://finance.detik.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.