ADVERTISMENT

Info

7 Penyebab Es Krim Rumahan Tidak Jadi dan Gagal Beku

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Membuat es krim di rumah mungkin menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan, apalagi bisa untuk ide usaha di rumah.

Bahan yang bisa digunakan untuk membuat es krim rumahan cukup sederhana. Alat yang diperlukan juga tidak sulit didapatkan, bahkan beberapa resep es krim bisa diikuti tanpa menggunakan mixer atau ice cream maker.

Kalau kamu berniat untuk membuat es krim di rumah, ketahui penyebab es krim tidak beku seperti yang dilansir dari laman The Kitchen dan Bonappetit.

1. Penggunaan susu dengan kandungan lemak rendah

Tidak ada salahnya untuk membuat kudapan manis dan dingin yang sehat. Namun, kadang es krim yang terbuat dari susu dengan kandungan lemak rendah murni sulit beku. Ad Seiring perkembangan zaman, menyiapkan seporsi masakan enak, lengkap, dan bergizi kini cuma butuh 4-12 menit! Ini Buktinya Gunakan heavy cream dan campurkan dengan susu murni sebagai dasar membuat es krim.

2. Tidak mendinginkan mangkuk es krim

Kalau kamu ingin membekukan adonan es krim buatanmu, pastikan menggunakan mangkuk yang sudah dingin. Beri waktu selama satu hari atau semalaman untuk mendinginkan mangkuk di lemari es.

3. Mengocok adonan es krim secara berlebihan

Kocok adonan es krim hanya sampai tercampur. Pindahkan dan masukkan mangkuk berisikan adonan di freezer. Biarkan hingga membeku. Biasanya membutuhkan waktu hingga berjam-jam.

4. Menggunakan takaran bahan yang salah

Salah satu penyebab yang membuat adonan es krim sulit beku adalah menggunakan takaran bahan yang salah. Terlalu banyak menggunakan air bisa membuat es krim sulit beku. Sekali pun bisa membeku, hasilnya tidak lembut dan es krim terasa kasar.

5. Gunakan custard sebagai bahan dasar es krim

Salah satu cara membuat es krim rumahan adalah menggunakan bahan dasar custard, seperti yang dilansir dalam laman Bonappetit. Campurkan susu dan krim, kemudian masak dengan gula di atas kompor. Tambahkan dengan kuning telur, aduk dan terus masak hingga mengental. Pertahankan panas adonan custard agar hasilnya tidak hancur dan seperti telur orak-arik. Tambahkan dengan saus untuk perasa es krim. Aduk hingga tercampur rata. Ad Seiring perkembangan zaman, menyiapkan seporsi masakan enak, lengkap, dan bergizi kini cuma butuh 4-12 menit! Ini Buktinya

6. Es krim menjadi mengkristal

Menambahkan dari laman Food52, es krim bisa menjadi kristal dan tidak lembut salah satunya karena proses pengadukkan yang salah. Oleh karena itu gunakan mangkuk yang sudah didinginkan dan masukkan adonan es krim sesaat setelah di dalam freezer.

7. Tidak menggunakan sendok basah

Setelah es krim menjadi beku, ambil beberapa sendok di mangkuk saji. Ada cara mudah untuk mengambil es krim beku yaitu dengan sendok basah.

sumber: https://www.kompas.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.