ADVERTISMENT

img
Info

Mahasiswa THP Membuat Produk Jajanan Stik Rasa Coklat, Wortel dan Brokoli

Mahasiswa THP Membuat Produk Jajanan Stik Rasa Coklat, Wortel dan Brokoli
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Banyaknya anak kecil yang lebih suka jajan sembarangan dari pada mengonsumsi sayur membuat kelima mahasiswa THP membuat suatu produk baru bernama POCKYPANG.

sumber: tp.ub.ac.id

Kelimanya adalah Muhammad Irsan Kurniawan, Rifqi Thirafi Ramadhan, Maraya Anggraini, Putri Pramitha Ratna dan Mayrizky Dwihindarti dibawah bimbingan Jaya Mahar Mahligan, STP.MP., dan Feronica Happy, STP.MP.

Pocky adalah snack biskuit stick lapis coklat atau dilapisi rasa lainnya dengan menyisakan sedikit bagian yang tidak diberi lapisan coklat sebagai pegangan.

Produk stick PockyPang memiliki varian rasa yaitu rasa manis yang gurih. Varian rasa PockyPang manis dihasilkan dari toping coklat, sedangkan varian rasa PockyPang  gurih dihasilkan dari wortel dan brokoli.

Produk pocky ini memiki kadar air yang rendah dengan tekstur yang sedikit lebih keras namun tetap renyah, berbentuk tongkat stick panjang dengan panjang 10 cm dan ketebalan 5mm per satu stick dan per kemanasan memiliki isi 10 buah stick pocky.

PokcyPang ini dikatakan memiliki manfaat kesehatan karena menggunakan bahan baku wortel dan brokoli yang memiliki kandungan gizi tinggi yang mampu menambah system imun.

Selain penggunaan brokoli dan wortel, adanya penambahan lapisan coklat juga membantu menambahkan system imun pada produk karena banyak mengandung antioksidan.

Kekurangan imunitas atau daya tahan tubuh disebabkan karena kekurangan pasokan vitamin dan mineral yang optimal.

Defisiensi/ kekurangan vitamin A, B1, B2, B6, B12, asam folik, C dan E dapat mengurangi imunitas, sebagaimana halnya kekurangan besi, seng, magnesium dan selenium.

Imunitas dapat ditingkatkan sangat efektif dengan kombinasi nutrisi. Menurut penelitian Journal of Nutritional Biochemistry, menunjukkan bahwa DIM dalam brokoli dapat meningkatkan sistem imun dengan baik dan akan memberikan efek imunitas terhadap manusia dengan doses konsentrasi 30 mg/kg.

Sementara hasil survei dari National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES, 1991) dan Continuing Suvey of Food Intakes by Individuals (CSFII, 1994) merekomendasikan, agar makanan yang dikonsumsi setiap hari mengandung vit. A.

Bentuk menarik serta kandungan gizinya yang bermanfaat membuat produk ini diyakini mampu bersaing di pasaran. (dse)

sumber: https://tp.ub.ac.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.