ADVERTISMENT

img
Info

Ragam Manfaat Minyak Kemangi untuk Kesehatan dan Pencegahah Penyakit Bagi Tubuh

Ragam Manfaat Minyak Kemangi untuk Kesehatan dan Pencegahah Penyakit Bagi Tubuh
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Daun dan biji tanaman kemangi adalah bagian penting dari ramuan yang dikenal sebagai minyak kemangi.

Minyak ini sudah lama digunakan dalam berbagai masakan dan resep di seluruh dunia. Salah satunya adalah untuk kuliner di wilayah Mediterania dan menjadi bahan dalam banyak resep Italia.

Bagaimana dengan manfaat kesehatannya?

Kemangi sudah banyak digunakan pada zaman kuno di daerah-daerah seperti India untuk berbagai tujuan pengobatan (pengobatan Ayurveda). Ramuan itu digunakan untuk mengobati diare, batuk, keluarnya lendir, dan penyakit kulit tertentu.

Manfaat minyak kemangi bagi kesehatan dinilai berkaitan dengan masalah pencernaan, masalah pernapasan, hingga infeksi bakteri.

Dalam artikel berikut kami akan sampaikan lebih lanjut tentang apa saja manfaat minyak kemangi bagi kesehatan.

Memiliki Manfaat pada Kulit

Manfaat minyak kemangi yang pertama untuk kesehatan kulit. Minyak kemangi dapat digunakan secara topikal dan dipijat ke kulit. Dilansir dari organicfacts.net, minyak ini dapat meningkatkan kilau kulit dan rambut yang tampak kusam.

Itulah kenapa, minyak ini banyak digunakan dalam banyak suplemen perawatan kulit yang mengklaim dapat memperbaiki warna kulit Anda. Hal ini juga biasa digunakan untuk mengobati gejala jerawat dan infeksi kulit lainnya.

Mendukung Kesehatan Pencernaan

Manfaat minyak kemangi yang kedua untuk membantu kesehatan pencernaan. Minyak kemangi juga dapat digunakan sebagai tonik pencernaan. Karena minyak kemangi memiliki sifat karminatif, ia biasa digunakan untuk meredakan gangguan pencernaan, sembelit, kram perut, dan perut kembung.

Minyak ini juga dapat memberikan bantuan langsung dari gas di perut dan usus Anda. Ini juga memiliki kualitas kolik dan dapat membantu mengurangi nyeri usus.

Meredakan Demam

Manfaat minyak kemangi yang ketiga untuk bantu redakan demam. Minyak esensial kemangi dianggap efektif dalam meredakan pilek, influenza, dan demam terkait. Karena sifatnya yang berpotensi antispasmodik, minyak ini sering digunakan untuk mengurangi gejala batuk rejan.

Meringankan Gejala Asma

Manfaat minyak kemangi yang keempat untuk meringankan gejala asma. Selain berguna untuk meredakan batuk, minyak kemangi juga dapat digunakan untuk meringankan gejala asma, bronkitis, dan infeksi sinus.

Sifat Antibakteri

Manfaat minyak kemangi yang kelima, yaitu memiliki sifat antibakteri. Penelitian yang dipimpin oleh Sienkiewicz M, dkk. menunjukkan bahwa minyak kemangi memiliki sifat antibakteri dengan potensinya yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli.

Antijamur & Pengusir Serangga

Menurut sebuah studi minyak kemangi bisa membantu menghambat pertumbuhan 22 spesies jamur dan juga efektif melawan serangga Allacophora foveicolli. Minyak ini juga tidak terlalu beracun jika dibandingkan dengan fungisida yang tersedia secara komersial.

Menghilangkan Stres

Karena memiliki sifat menenangkan, minyak kemangi banyak digunakan sebagai aromaterapi.

Minyak ini memiliki efek menyegarkan ketika dicium atau dikonsumsi, sehingga biasa digunakan untuk meredakan ketegangan saraf, kelelahan mental, melankolis, migrain, dan depresi.

Menggunakan minyak esensial ini secara teratur dapat memberikan kekuatan dan kejernihan mental.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat minyak kemangi yang berikutnya yakni untuk bantu meningkatkan sirkulasi darah. Minyak kemangi dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu meningkatkan serta mengoptimalkan berbagai fungsi metabolisme tubuh.

Mengurangi Rasa Sakit

Minyak kemangi dinilai dapat menjadi analgesik dan meredakan rasa sakit. Itulah sebabnya minyak ini sering digunakan dalam kasus radang sendi, luka, luka bakar, memar, cedera olahraga, pemulihan bedah, keseleo, dan sakit kepala.

Mencegah Muntah

Minyak kemangi juga dapat Anda gunakan untuk mencegah muntah, terutama jika sumber mualnya karena mabuk perjalanan. Minyak ini juga bisa mencegah muntah dari banyak penyebab lainnya.

Menyembuhkan Gatal

Manfaat minyak kemangi yang terakhir, yaitu minyak ini dapat sembuhkan gatal. Minyak atsiri kemangi memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat gigitan dan sengatan lebah madu dan serangga.

sumber: https://www.merdeka.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.