ADVERTISMENT

Info

Perbedaan Gula Merah dan Gula Aren yang Kalian Harus Tahu

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Pernahkah kalian melihat resep makanan dan kalian diminta untuk menyiapkan gula aren dalam salah satu bahannya? Lalu, kalian memutuskan untuk menggunakan gula merah karena kalian berpikir bahwa keduanya sama saja.

Selain gula pasir putih atau kuning yang sering kalian jumpai di pasar, gula merah dan gula aren juga menjadi salah satu primadona sebagai salah satu bahan pelengkap yang ada di dapur.

Apabila di lihat dengan mata telanjang, baik gula merah maupun gula aren memiliki visual yang sama dan seakan-akan tidak memilki perbedaan sama sekali.

Namun setelah diperhatikan lebih lanjut, ternyata gula merah dan gula aren memiliki beberapa perbedaan lho, mulai dari tekstur, cita rasa hingga warna nya pun berbeda.

Setelah kalian selesai membaca artikel ini, diharapkan kalian tidak salah lagi dalam menentukan gula merah dan gula aren dalam resep makanan atau minuman kalian.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan yang mungkin kalian tidak ketahui antara gula merah dan gula aren:

1.Tekstur

Ilustrasi gula aren, sumber gambar : istockphoto

Secara kasat mata, mungkin perbedaan dari gula merah dan gula aren tidak akan langsung terlihat. Akan tetapi, apabila kalian meraba dan merasakan tekstur keduanya, maka kalian akan merasakan perbedaan.

Gula merah dari memiliki segi tekstur yang jauh lebih keras dibandingkan gula aren. Sementara, gula aren memilki tekstur yang cenderung lebih lembut dan lebih mudah untuk dihaluskan.

2.Cita Rasa

Ilustrasi gambar gula merah, sumber gambar: istockphoto

Dari segi rasa, mungkin kalian dapat langsung mengetahui perbedaan dari gula merah dan gula aren walaupun keduanya sama-sama memiliki rasa manis.

Gula aren memiliki rasa yang jauh lebih legit dan unik dibandingkan dengan gula merah. Aroma dari gula aren juga jauh lebih kuat dan enak dibandingkan dengan gula merah.

Gula aren dapat menjadi pengganti gula merah untuk segi rasa, begitu pula sebaliknya. Akan tetapi, gula aren memiliki aroma yang jauh lebih nikmat sementara gula merah tidak memiliki aroma yang khas dibandingkan dengan gula aren.

3.Warna

Walaupun sulit untuk melihatnya secara kasat mata, apabila kalian lebih memerhatikannya dengan seksama, gula merah dan gula aren memiliki perbedaan warna.

Gula merah memilki warna yang jaug lebih gelap dibandingkan gula aren. Gula merah berwarna cokelat gelap dan juga kemerahan. Sementara, gula aren yang jauh lebih terang memilki warna kuning kemerahan.

4.Bahan Baku

Gula merah dan gula aren memiliki persamaan bahan, yaitu sama-sama terbuat dari nira. Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan nira. 

Bagi kalian yang belum tahu, nira merupakan sebuah cairan yang dihasilkan dari sadapan batang tanaman seperti batang kurma, aren dan juga kelapa.

Gula merah berasal dari nira kelapa yang diolah sampai berbentuk karamel. Sementara, gula aren berasal dari nira aren dan terkadang juga dari campuran bahan lain, yaitu gula pasir.

5.Kegunaan

Terlihat sama tetapi memiliki kegunaan yang jauh berbeda. Gula merah dan gula aren ternyata memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari segi kegunaan.

Gula merah cenderung lebih sering digunakan untuk bahan makanan seperti semur dan juga gudeg. Sementara, gula aren lebih sering digunakan untuk bahan minuman seperti cendol, dawet hingga bahan utama untuk kopi susu.

Sumber: https://www.suara.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.