ADVERTISMENT

img
Info

Kisah Inspiratif: Pengusaha Tahu dan Tempe di Balikpapan Berhasil Raup Jutaan Rupiah perBulan

Kisah Inspiratif: Pengusaha Tahu dan Tempe di Balikpapan Berhasil Raup Jutaan Rupiah perBulan
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Pengusaha di Balikpapan berhasil meraup keuntungan bersih jutaan rupiah setiap bulannya dari berjualan tahu dan tempe.

Siapa sangka, selain menjadi makanan untuk melanjutkan hidup tempe dan tahu dapat pula menghidupi Budiharjo dan keluarganya. “Dulu kerja di CV Unggul Diesel, waktu nikah keluar dari situ 2011. Terus coba-coba bikin tempe sedikit-sedikit,” ujar Budi, pengusaha sekaligus pemilik industri tahu dan tempe asal Kota Balikpapan, Senin (21/11/2022).

Budi mengatakan, usaha tempe dipilih karena usaha penyewaan truk sebelumnya dinilai tidak lagi menguntungkan, sehingga perlahan merintis usaha tempe bersama istrinya.

“Tempe dulu, tahu belakangan setelah berjalan 5 bulan. Nyicil alat dikit-dikit, enggak bisa langsung sekaligus semua,” katanya. Dengan modal usaha seadanya, kata Budi, dia gagal membuat tempe sebanyak tiga kilogram pertamanya, hingga perlahan produksi meningkat menjadi 17 kilogram per hari pada akhir 2013.

“Karena banyak permintaan, akhirnya pengajuan Rp200 juta tahun 2019,” terangnya. Saat ini, Budi berhasil membuat usahanya berkembang dengan nilai produksi mencapai 300 kilogram sehari dengan dibantu empat orang karyawan.

Budi mengungkapkan bahwa tahu dan tempe miliknya dipasarkan ke wilayah Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur dan sekitarnya dengan keuntungan bersih mencapai Rp6 juta per bulan.

Adapun, dia menuturkan bahwa melonjaknya harga kedelai sangat berpengaruh pada produksi dan daya jual. “Dikonsumen susah ditekan untuk naik, akhirnya mau nggak mau kita tetap naikkan atau harga tetap ukurannya dikecilkan,” pungkasnya.

sumber: https://kalimantan.bisnis.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.