ADVERTISMENT

img
Info

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bisnis Gagal dan Tidak Optimal

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bisnis Gagal dan Tidak Optimal
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Berhentinya sebuah usaha sendiri dapat disebabkan beberapa faktor, salah satunya di waktu pandemi kemaren tidak sedikit usaha yang gulung tikar karena tidak dapat bertahan dimasa pandemi tersebut.

Nah, admin kali ini akan membahas beberapa faktor-faktor yang menyebabkan bisnis gagal dan tidak optimal.

1. Tidak Mampu Menjual Produk

Banyak pelaku UKm yang memiliki motivasi sangat tinggi untuk mengembangkan usaha, namun tidak sesuai dengan kinerja mereka sehingga tidak mampu menjual produknya.

Semua proses operasional yang dilakukan oleh suatu usaha adalah untuk mampu menghasilkan keuntungan dari penjualan produknya.

Pelaku UKM adalah terlalu sibuk menciptakan produk. Akan tetapi pada saat yang sama produk tersebut memiliki biaya produksi yang sangat tinggi. 

Ini yang mengakibatkan harga jual produk tersebut menjadi mahal. Pada saat yang sama, konsumen tidak memiliki alokasi uang sebesar harga tersebut sehingga lebih memilih membeli produk lain.

Hal ini yang mungkin dapat menjawab pertanyaan banyak pelaku UMKM, mengapa produk mereka yang sedemikian bagusnya tidak juga mendapat banyak pembeli.

Kondisi tersebut tidak berarti bahwa kualitas produk menjadi tidak penting bagi konsumen. Perlu dipahami bahwa konsumen tentu akan membeli produk dengan kualitas terbaik, dengan uang yang mereka miliki. 

2. Kurangnya Motivasi untuk Berkembang

Motivasi untuk berkembang ini membuat usaha yang dimiliki menjadi stagnan di tingkat tertentu saja atau bahkan tidak mampu bertahan dalam waktu yang lama. Kondisi ini dapat berujung pada berhentinya kegiatan usaha.

Banyak pelaku UKM yang memiliki pola fikir untuk termotivasi, mereka beranggapan bahwa selama mereka mampu menjual dagangan dan mendapatkan pendapatan itu sudah cukup.

Mereka tidak mau untuk menambah barang dagangan, atau pun mengeluarkan produk yang banyak disukai para konsumen.

Sedangkan para kompetitornya, selalu mengupgrade barang dagangnya, alhasil mereka akan kalah oleh kompetitor-kompetitor yang ada.

3. Tempat Usaha Tidak Strategis

Belakangan ini banyak rumah toko yang didirikan di lokasi yang tidak strategis seperti di jalan kecil, di pinggiran perumahan dan seterusnya. Rumah toko tersebut mungkin ditawarkan dengan harga murah kepada sahabat UKM dan terlihat menguntungkan.

Akan tetapi, ketika lokasi tersebut tidak strategis, berapa pun harga yang ditawarkan sebaiknya ditolak karena mungkin sama sekali tidak meningkatkan penjualan.

4. Tidak Mampu Melakukan Ekspansi

Setelah memiliki keinginan untuk tumbuh dan juga mampu menjual produk dengan baik, sahabat UKM akan dihadapi pada sebuah kondisi untuk melakukan ekspansi usaha. Ekspansi usaha ini dilakukan dengan memproduksi dan menjual lebih banyak produk.

Dalam proses ekspansi ini, sahabat UKM akan menghadapi kondisi baru dimana perlu tambahan dalam banyak hal, mulai dari sumber daya manusia, permodalan hingga legalitas yang harus dipenuhi.

Dalam hal sumber daya manusia, sahabat UKM akan menghadapi tantangan baru dalam mengelola lebih banyak karyawan dengan karakteristik yang berbeda.

Dalam sisi legalitas, sahabat UKM mungkin akan menghadapi tuntutan legalitas yang lebih kompleks ketika akan melakukan ekspansi. Semua hal tersebut harus mampu dihadapi dengan baik dalam melakukan ekspansi usaha.

Nah, berikut keempat masalah yang di garis bawahi dari tantangan yang sahabat UKM hadapi untuk mencegah bisnis gagal. Meskipun terlihat berat, sahabat UKM jangan menyerah karena selalu ada solusi untuk setiap permasalahan.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

sumber : https://ukmindonesia.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.