ADVERTISMENT

img
Info

Ini Dia Perbedaan Alpukat Mentega dengan Alpukat Miki

Ini Dia Perbedaan Alpukat Mentega dengan Alpukat Miki
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Perbedaan alpukat miki dan menterga biasanya tidak terlalu nampak dari segi fisik, namun melalui isi dalam buah. Alpukat merupakan buah lezat yang punya berbagai manfaat bagi kesehatan. Tentunya kita sudah tidak asing dengan buah yang populer satu ini.

Umumnya alpukat memiliki warna kehijauan atau kekuningan dengan bercak-bercak halus yang berwarna keunguan. Daging dari buah ini lembut dan memiliki rasa manis sehingga banyak disukai oleh banyak orang. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

Ternyata alpukat yang dijual dipasaran tidak hanya satu jenis saja. Terdapat beberapa jenis alpukat yang dijual dipasaran seperti alpukat miki, mentega, hass, aligator dan lainnya. Menariknya, tiap jenis alpukat memiliki ciri khas dan keunikannya masing masing. Ada yang memiliki bentuk buah yang lebih besar, tekstur yang lebih empuk atau rasa yang lebih manis. Sehingga beberapa orang cenderung membeli jenis alpukat yang dia sukai

Alpukat miki dan alpukat mentega menjadi salah satu jenis alpukat yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang yang mengira bahwa kedua jenis alpukat populer ini sama. Namun, ternyata kedua jenis alpukat ini memiliki perbedaan baik dari segi cita rasa, aroma, maupun dari segi warnanya. Apa saja perbedaan dari alpukat miki dengan alpukat mentega? Mari kita simak!

Perbedaan Alpukat Miki dan Mentega

Alpukat miki dan alpukat mentega punya beberapa perbedaan loh. Inilah beberapa perbedaan alpukat miki dan mentega! Cek berikut adalah rincian perbedaan dari kedua alpukat ini! 

1. Perbedaan Ciri Khas Buah

Alpukat miki dan alpukat mentega memiliki ciri khas buah yang berbeda satu sama lainnya. Alpukat miki memiliki daging buah berwarna kuning dengan tekstur padat dan rasa yang sedikit manis. Ciri khas ini berbeda dengan alpukat mentega yang memiliki warna daging kuning kehijauan dan tekstur buah yang padat, kenyal dan tak berair.

2. Ukuran dari Kedua Jenis Buah yang Berbeda

Apabila kita lihat dari segi ukuran dan beratnya, ternyata alpukat miki dan alpukat mentega memiliki perbedaan berat buah. Lalu buah mana yang lebih berat? Buah dari alpukat mentega cenderung lebih berat dibandingkan dengan buah dari alpukat miki. Buah alpukat mentega memiliki berat sebesar 500-600 gram per buahnya. Sedangkan buah alpukat miki memiliki berat yang lebih ringan yaitu sebesar 300-600 gram per buahnya.

3. Alpukat Miki Cocok di Dataran Rendah

Alpukat miki memiliki ciri khas spesial yang tidak dimiliki oleh alpukat lain seperti alpukat mentega. Tidak seperti kebanyakan jenis alpukat yang hanya dapat tumbuh di dataran tinggi. Alpukat miki dapat tumbuh di dataran rendah yaitu pada ketinggian (10 mdpl-100 mdpl). Bagi anda yang tinggal di daerah dataran rendah, budidaya alpukat miki dapat menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan jika anda di dataran tinggi, alpukat mentega dapat menjadi pilihan yang cocok bagi anda.

4. Alpukat Miki Lebih Cepat Panen

Apabila kita bandingkan dari segi kecepatan panennya, alpukat miki dan mentega memiliki waktu panen yang berbeda.Ternyata alpukat miki lebih cepat panen daripada alpukat mentega. Alpukat miki dapat panen pada jangka waktu 3 tahun sampai 4 tahun sedangkan alpukat mentega dapat panen pada usia 5 tahun sampai 8 tahun.

Nah itulah perbedaan dari alpukat miki dan alpukat mentega. Namun, disamping hal tersebut mereka memiliki keunggulannya masing-masing. Apa saja keunggulan masing-masing dari alpukat miki dan alpukat mentega? 

Keunggulan Alpukat Miki dan Mentega

Alpukat miki dan mentega merupakan jenis alpukat yang populer karena memiliki keunggulan dibandingkan jenis alpukat lain. Ayo kita lihat keunggulan dari masing-masing alpukat miki dan mentega.

Pertama mari kita simak keunggulan dari alpukat miki!

1. Alpukat Miki memiliki Tekstur dan Cita Rasa yang Enak

Dari segi cita rasanya, alpukat miki memiliki cita rasa yang creamy, manis dan tidak berair. Selain itu, tidak hanya dari segi rasanya tapi buahnya juga memiliki tekstur daging yang pulen dan lembut. Karena ciri khas tersebut, alpukat miki disukai oleh banyak orang.

2. Alpukat Miki memiliki Kulit Buah yang Halus

Berbeda dengan alpukat jenis lainnya yang cenderung memiliki kulit buah yang kasar. Alpukat miki memiliki kulit buah yang halus dan mengkilap. Artinya buah ini tidak akan mudah terserang hama dan tidak mudah untuk busuk. Nah jika anda ingin membeli buah alpukat yang dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Alpukat miki dapat menjadi pilihan yang baik.

Itulah beberapa keunggulan dari alpukat miki. Selanjutnya mari kita bahas keunggulan dari jenis alpukat mentega!

3. Alpukat Mentega Tahan Terserang Hama

Daya tahan terhadap serangan hama merupakan salah satu faktor penting yang banyak diperhatikan oleh para pembudidaya alpukat. Daya tahan yang rendah akan menurunkan produktivitas dari pembudidaya. Nah, ternyata alpukat mentega memiliki daya tahan yang kuat terhadap hama. Hal ini dapat anda lihat sendiri dari daun alpukat mentega yang jarang terserang oleh hama ulat.

4. Alpukat Mentega memiliki Cita Rasa yang Lebih Manis

Buat anda yang menyukai rasa manis, alpukat mentega cocok sekali untuk anda. Alpukat mentega memiliki rasa yang lebih manis apabila dibandingkan dengan jenis alpukat lainnya. Selain cita rasa yang manis, alpukat mentega memberikan rasa yang segar dan tidak sepat ketika dimakan.

Beberapa hal tersebut merupakan keunggulan dari masing-masing jenis alpukat miki dan mentega. Anda tertarik untuk membudidayakan salah satu jenis alpukat tersebut. Sebelum itu, mari kita lihat prospek bisnis masing-masing alpukat!

Prospek Bisnis Alpukat Miki dan Mentega

Sebelum menentukan memilih jenis alpukat yang akan anda budidayakan, anda perlu mengetahui lokasi tempat budidaya anda. Anda perlu mengetahui apakah daerah anda merupakan dataran tinggi maupun dataran rendah. Hal ini akan berpengaruh besar terhadap produktivitas dari alpukat yang anda budidaya. 

Jika anda memiliki tempat budidaya di daerah dataran tinggi, maka pilihlah jenis alpukat mentega. Sedangkan jika anda memiliki tempat budidaya di dataran rendah, anda dapat memilih alpukat miki. Lalu bagaimana dengan prospek dari kedua jenis alpukat ini. Mari kita bahas prospeknya satu per satu. 

Pertama mari kita bahas dimulai dari alpukat miki. Bagaimana harga pasar dari alpukat miki? Alpukat miki dapat dijual dipasaran dengan harga yang cukup tinggi yaitu sebesar Rp 28.000-45.000 per kg nya. Cukup mahal bukan, harga dari buah alpukat miki? 

Selain harganya yang mahal, alpukat miki juga memiliki produktivitas yang tinggi. Produktivitas dari alpukat miki relatif tinggi, dimana satu pohon berusia dua sampai tiga tahun dapat menghasilkan buah sebanyak 15-20 kg. Setiap tahunnya buah miki juga dapat dipanen dua sampai tiga kali. 

Prospek yang baik bukan budidaya alpukat miki? Harganya yang mahal dan ditunjang oleh produktivitas yang tinggi. Buat anda yang tinggal di dataran rendah, ayo mulai budidaya alpukat miki.

Selanjutnya mari kita lihat prospek dari alpukat mentega. Alpukat mentega memiliki cita rasa yang lezat dan mudah matang sehingga lebih banyak dipilih oleh tengkulak. Kebanyakan tengkulak memilih untuk membeli alpukat jenis ini dibandingkan alpukat jenis lain. Harga alpukat mentega juga relatif tinggi yaitu berkisar antara Rp 25.00-40.000.

Alpukat mentega juga memiliki produktivitas yang tinggi. Jika anda ingin mencari buah alpukat yang sering berbuah, alpukat mentega menjadi jawabannya. Alpukat mentega mampu berbuah sebanyak tiga kali pertahunnya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.