ADVERTISMENT

img
Info

Budidaya Buah Matoa Khas Papua

Budidaya Buah Matoa Khas Papua
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Siapakah yang belum mengenal dengan matoa! Mungkin beberapa dari Anda telah mengenal dengan salah satu jenis buah ini, matoa.

Buah matoa cukup popular karena sajian keunikan rasanya. Rasa buah matoa memang beragam ada yang menyebutnya mirip dengan rambutan, menyebutnya mirip durian juga kelengkeng.

Buah matoa sendiri banyak penggemarnmya mulai dari anak-anak hingga orang tua. Buah matoa sendiri dihasilkan dari tanaman matoa yang memiliki nama latin Pometia Pinnata yang memiliki pohon besar yang ketingian rata-ratanya mencapai 18 meter.

Tanaman mataoa ini merupakan tanaman yang berasal dari Papua.

Tanaman matoa dapat tumbuh dengan subur pada dataran rendah hingga ketinggian 1200 mdpl dengan kondisi tanah yang mempunyai lapisan tebal dan kering serta curah hujan yang tinggi atau lebih dari 1200 mm/tahun.

Tanaman ini hampir langka dan harga jual buah matoa sendiri terbilang bernilai tinggi. Maka dari itu banyak yang membudidayakannya.

Tak heran jika peluang usaha budidaya matoa ini banyak  membuat masyarakat tertarik. Mungkin Anda tertarik dengan budidaya tanaman matoa? Jika iya tentunya sangat menarik dimana budidaya matoa ini mendatangkan keuntungan yang bernilai fantastis.

Untuk mempelajari mengenai bisnis budidaya matoa lebih lengkapnya maka dapat melihat ulasannya yang ada di bawah ini :

Memulai bisnis budidaya matoa

Bisnis budidaya matoa yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis budidaya matoa ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya matoa di lahan kecil atau pekarangan rumah.

Pelaku bisnis budidaya matoa

Bisnis budidaya matoa ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat. Dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya matoa ini dapat Anda jalankan dengan mudah.

Konsumen bisnis budidaya matoa

Konsumen budidaya matoa memang tidaklah sulit, konsumen budidaya matoa cukup besar mulai dari pelaku bisnis yang membutuhkan bahan matoa dalam bahan baku pembuatannya.

Peralatan bisnis budidaya matoa

Dalam bisnis budidaya matoa membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya pengadaan bibit matoa, cangkul, gerobak dorong, sewa lahan, golok dan sabit, keranjang panen matoa, timbangan, timba, pompa air, hand sprayer, selang air dan gunting.

Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya matoa makin maksimal.

Pemasaran

Dalam berjualan budidaya matoa, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar atau langsung ke pengepul. Serta juga bisa memasarkan matoa ke pelaku bisnis produk yang menggunakan bahan ini.

Harga jual matoa

Patokan harga untuk budidaya matoa dapat Anda buat dalam hitungan per kg dimana harga mulai Rp 40.000 hingga Rp 60.000. Ini tergantung dari harga matoa yang ada di pasaran.

Keuntungan

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya matoa ini yakni merupakan bisnis pertanian buah dari papua yang paling menguntungkan. Sebab matoa menjadi bahan penting yang paling banyak di cari.

Masalah yang dihadapi budidaya matoa

Segi kekurangan bisnis budidaya matoa ialah budidaya matoa memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat.

Demikian tadi ulasan peluang usaha budidaya matoa  yang bisa dijadikan referensi memulai bisnis budidaya matoa tersebut. Tertarik mencoba bisnis budidaya matoa ?

Bisnis budidaya matoa menjadi pilihan bisnis sangat menjanjikan.

Semoga informasi mengenai peluang dari bisnis budidaya matoa tersebut dapat bermanfaat.

sumber : http://www.agrowindo.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.