ADVERTISMENT

img
Info

Pemanfaatan Visual Marketing dan Media sosial Untuk Menunjang Pertumbuhan Bisnis

Pemanfaatan Visual Marketing dan Media sosial Untuk Menunjang Pertumbuhan Bisnis
Artikel ditulis olehWisnu Saputro

Ada banyak hal yang bisa anda jalankan untuk membangun dan mengembangkan bisnis anda, salah satunya adalah dengan Visual Marketing. Visual marketing mengedepankan bagaimana menciptakan objek visual yang dapat mewakili produk yang ditawarkan.

Selain itu visual marketing menjadi semakin mudah dilakukan di dunia maya berkat adanya berbagai situs sharing, seperti youtube, pinterest, instagram, vine dan lainnya. Kreativitas membuat gambar-gambar yang memorable merupakan salah satu prasyarat untuk sukses menjalani strategi pemasaran visual.

Visual Marketing adalah sebuah strategi pemasaran, di mana iklan yang ditayangkan untuk mempromosikan produk dimuat dengan sarana penunjang, misalnya situs/web atau media sosial yang sedang marak di berbagai kalangan.

Strategi yang dijalankan dalam visual marketing ini bersumber dari teknik pemasaran online dengan visualisasi produk sebagai sarana untuk promosi. Media sosial yang digunakan oleh pelaku visual marketing ini misalnya YouTube, SlideShare, Facebook, Pinterest, Instagram, GooglePlus dan lain-lain.

Sebagai salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna, Facebook banyak digunakan untuk mempromosikan produk, baik dengan berupa tulisan, gambar maupun video.

Media sosial merupakan media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual lainnya.

Blog, jejaring sosial dan wiki adalah salah satu bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.

Pesatnya perkembangan media sosial saat ini disebabkan banyak orang memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media.

Pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan.

Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya. Berikut beberapa ciri - ciri dari Media Sosial:

  • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
  • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
  • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
  • Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

Berikut beberapa manfaat dari media sosial:

➢ Sarana untuk berbisnis

Banyak bisnis yang dijalankan lewat media sosial hal ini bikan hanya untuk satu dua pebisnis namun hampir semua bebisnis menggunakan cara ini. Bagi mereka yang ingin menjalankan bisnis online,maka media sosial ini benar-benar sangat membantu, baik itu dalam mempromosikan produk mereka maupun dalam penjualan.

Mereka tidak perlu susah-susah menggelar dan menawarkan produknya, cukup dipajang disocmed, maka para konsumen akan datang sendiri. Namun tetap harus sabar diawal ketika belum memiliki banyak teman atau relasi.

➢ Menjalin komunikasi

Dengan banyaknya teman dari berbagai daerah, maka akan semakin luas juga pengetahuan kita tentang daerah dan budaya diluar dari lingkungan kita. Apalagi sekarang sosial media atau media sosial terus berinovasi tidak terbatas hanya pada teman-teman sekolah, teman sekantor.

Sekarang kita bisa dengan mudah mencari teman diluar negeri, secara acak maupun dengan negara atau bidang dan minat tertentu. Apa dan dimana minat kita, maka dengan mudah kita bisa mencari teman dan mendapat informasi darinya.

➢ Sosialisasi

Media sosial juga dijadikan sebagai wadah bagi mereka untuk bersilaturrahim dari suatu asal atau minat yang sama. Dengan adanya sosial media maka akan memudahkan untuk berbagi informasi tentang kegiatan, bisnis, rapat, reuni bahkan undangan pernikahan.

➢ Sumber informasi

Dengan mengunakan sosial media anda bisa mendapatkan informasi apapun, demikian juga saat anda menjalankan bisnis online.

Jenis-Jenis Media Sosial Pendukung bisnis online Anda:

1. Facebook

Jejaring sosial ini memiliki miliaran pengguna dan merupakan jejaring sosial terbesar di dunia. Facebook bukan hanya jejaring sosial, Mark Zuckerberg menyuntikan beberapa platform lain di situs ini. Melalui facebook pebisnis bisa menjual produk mereka dengan cepat dan murah.

2. Twitter

Twitter memiliki setengah miliar pengguna atau hampir setengah pengguna Facebook. Didirikan tahun 2006, Twitter cepan mendapat hati di kalangan netizen khususnya pengguna mobile. Twitter juga mampu menjadi salah satu alat yang bisa mengembangkan bisnis dengan cepat.

3. LinkedIn

Jejaring sosial ini dikenal sebagai jejaring sosial pekerja profesional yang mampu menghubungkan antar profesional maupun dengan brand atau perusahaan. Kini LinkedIn miliki 275 juta pengguna yang ada di seluruh dunia.

4. Instagram

Jejaring sosial ini memiliki harga fantastis, 1 miliar dolar dan tak hanya sebuah jejaring sosial, Instagram juga sebagai aplikasi pengolah gambar. Saat ini miliki 500 juta pengguna.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.