ADVERTISMENT

Info

Bedah Prospek Bisnis Angkringan dan Raih Cuan Jutaan Tiap Bulan

Artikel ditulis olehWisnu Saputro

Bisnis angkringan saat ini sudah menjadi area nongkrong berbagai komunitas anak muda. Dengan harga murah tetapi dengan service yang memuaskan pastinya cuma dapat didapat dari usaha angkringan yang penuh dengan situasi keakraban serta penuh nuansa kekeluargaan. Jadi tidak heran apabila beberapa orang terutama anak muda mengagendakan aktivitas berkumpul mereka di tempat-tempat angkringan favorit mereka.

Angkringan mempunyai kesan yang tidak sama jika dibanding dengan tempat makan ataupun cafe-cafe. Angkringan pada umumnya dijadikan tempat berkumpul untuk anak-anak muda baik dari kelompok umur mahasiswa ataupun orang dewasa yang telah bekerja. 

Bebagai menu makanan dengan harga terjangkau lalu dapat didapat di usaha angkringan ini, seperti nasi kucing sambal teri, nasi kucing kering tempe, bermacam jenis gorengan seperti tempe, pisang goreng, mendoan serta lain sebagainya. pasar lalu dengan gampang tercipta di usaha angkringan ini. serta tidak heran apabila tiba-tiba beberapa orang yang terjun dalam bisnis satu ini. 

Bisa dibilang juga potensi bisnis angkringan cukup menjanjikan. Dan peluang bisnis angkringan ini terbuka lebar untuk untuk siapapun yang ingin terjun didalamnya. Dengan keuntungan yang cukup menjanjikan pasti membuat banyak pelaku bisnis ingin mencoba bisnis ini. Dari hari ke hari pun bisnis angkringan semakin menjamur bahkan dengan bertambahnya peminat bisnis ini juga tidak menyurutkan pebisnis lainnya untuk membuka usaha serupa. 

Karena lain tempat lain cara yang digunakan untuk pemasaran maka tidak heran bila pesaing bisnis semakin banyak justru membuat pelaku bisnis angkringan semakin giat untuk pemasaran bisnis mereka.

Modal

Pembuatan Gerobak  Rp 1.500.000 
Terpal / Tenda  Rp 150.000 
Kompor + Tabung Gas  Rp 150.000 
Meja + Kursi Rp 200.000 
Tikar Rp 50.000 
Penerangan Rp 50.000 
Peralatan Masak Rp 500.000 
Stock Bumbu Rp 100.000+ 
Total Modal  Rp 2.600.000 

Pendapatan per hari 

Nasi kucing 40 x 2.000  Rp 80.000
Wedang Jahe 40 x 2.000  Rp 80.000
Teh/Kopi 50 x 2.000  Rp 100.000
Gorengan 100 x 500  Rp 50.000
Snack 50 x 500  Rp 25.000
TOTAL  Rp 335.000 

Pendapatan per bulan Rp. 335.000 x 30 hari Rp 10.050.000 

Biaya Operasional per bulan Bahan baku ( Rp 200.000/hari x 30 ) Rp 6.000.000

Membayar konsinyasi snack(50 bh x @Rp 400 x 30 hr ) Rp 600.000

Arang Rp. 50.000

Iuran listrik dan kebersihan Rp 60.000

Total biaya per bulan Rp. 6.710.000

Laba Bersih per bulan Rp. 3.340.000

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Angkringan

Tentukan lokasi bisnis yang strategis

Setiap bisnis membutuhkan lokasi yang strategis agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan lancar. Anda bisa memilih lokasi menjadi potensi tersendiri untuk berkembangnya usaha tersebut.

Kompetitor

Untuk memulai bisnis Mulai bermunculan usaha-usaha sejenis dari masyarakat sekitar.

Estimasi penguasaan pasar

Memilih tempat-tempat strategis yang mudah dijangkau masyarakat berbagai kalangan. Penambahan gerobak (cabang) di lokasi-lokasi yang sudah di survey sebelumnya, dengan target setiap tahunya sekurang- kurangnya 2 gerobak bertambah.

Strategi pemasaran produk 

Kualitas 

Kualitas makanan yang baik adalah salah satu cara untuk berpromosi. Dengan mengedepankan mutu makanan yang fresh dan bersih, hal ini cukup membantu anda untuk meningkatkan jumlah konsumen. Pastikan tidak ada makanan sisa yang kembali di sajikan agar kualitas makanan tetap terjamin. 

Desain tempat bisnis yang tepat

Pemilihan tempat yang strategis, penataan warung angkringan yang dibuat khas seperti penempatan makanan-makanan di meja, penempatan perlengkapan untuk membakar makanan, tempat duduk untuk para konsumen, hal ini juga bisa menjadi strategi pemasaran yang tepat. 

Kemasan

Bisnis angkringan tidak dikemas secara keseluruhan karena merupakan bisnis makanan siap saji. Anda bisa membuat atau menciptakan ciri khas dari angkringan yang dikemas dan disajikan dengan cara yang unik, sambal klaten, mendoan bakar, dan beberapa menu lainnnya yang khas. 

Proteksi

Sangat penting bagi anda untuk menjaga kualitas makanan dan konsep kekeluargaan kepada setiap konsumen. Menerima setiap masukan dan kritik sebagai langkah untuk menjaga usaha angkringan tersebut lebih baik dan inovatif 

Strategi harga

Menerapkan harga yang terjangkau dan merupakan strategi dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis kuliner. Adapun perubahan 

harga yang merupakan bagian dari strategi yang biasanya dipengaruhi oleh harga dari bahan-bahan mentah sebagai hal pokok. 

Strategi distribusi

Bisnis angkringan yang anda jalankan bisa dijual secara langsung pada gerobak yang merupakan inti ataupun awal memulai usaha yang tepatnya berada di depan tempat umum atau tempat lain yang ramai pengunjung. Selain dengan satu gerobak yang merupakan awal bisnis anda, untuk pemasaran bisnis angkringan anda juga bisa menggunakan pengecer. 

Diskon

Memberikan diskon harga pada hari-hari tertentu juga bisa menjadi strategi promosi yang tepat bagi bisnis anda. Untuk itu jangan ragu untuk memberikan diskon kepada konsumen anda agar mereka mau berkunjung kembali di lokasi angkringan anda. 

Brosur dan banner

Untuk promosi lainnya, anda bisa menggunakan banner yang dipajang di lokasi bisnis anda sehingga jika orang melihatnya langsung tertarik dengan angkringan anda. Usahakan anda membuat banner dan brosur yang menarik agar orang lain yang membacanya akan semakin tertarik dengan angkringan anda. 

Sosial media

Tidak ada salahnya bila anda juga berpromosi dengan facebook atau twitter, kedua sosial media tersebut bisa menjadi tempat yang baik bagi pemasaran bisnis anda. Semakin anda pandai berpromosi di sosial media tersebut maka bisnis angkringan anda juga semakin dikenal orang.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.