ADVERTISMENT

Info

Bedah Prospek Bisnis Katering dari Riset Pasar Hingga Strategi Pemasaran yang Tepat

Artikel ditulis olehWisnu Saputro

Peluang bisnis catering saat ini sangat terbuka luas dan menjanjikan keuntungan yang berlimpah, pasarnya pun sangat terbuka luas, pada dasarnya dalam menjalankan bisnis catering ini selain modal materi juga dibutuhkan usaha, kerja keras, pengorbanan semangat pantang menyerah dalam menjalankan usaha ini.

Karena dalam bisnis catering ini apabila anda memberikan pelayanan yang memuaskan dan rasa makanan yang enak alhasil konsumen yang sudah pernah menggunakan jasa anda akan kembali memesannya, bahkan akan memberikan rekomendasi kepada rekan, sahabat atau keluarganya.

Prospek bisnis catering cerah untuk jangka waktu lama dan telah menciptakan banyak pengusaha sukses dari bisnis catering tersebut. Pelaku bisnis katering tinggal menghitung berapa pundi-pundi rupiah yang akan didapat dengan menghitung jumlah pesanan catering yang dilayani setiap bulannya.

Dengan semua kelebihan bisnis catering, tidak lah heran bila banyak pelaku usaha baru yang berminat untuk memulai. Bisnis catering ini. Namun sebelum anda memulai usaha ini ada baiknya anda melihat hasil riset di bawah ini.

Permintaan terhadap catering terus meningkat selama bertahun-tahun. Pemicunya adalah semakin meningkatnya jumlah rumah tangga berpendapatan tinggi, angka pernikahan dan acara perusahaan. Banyak perusahaan yang menggunakan jasa katering untuk melayani makan siang dan pertemuan makan malam guna membangun citra dan meningkatkan penjualan perusahaan mereka.

Gaya hidup ini memberikan peluang bagi bisnis katering. Banyak ibu rumah tangga sekarang yang menggunakan jasa katering untuk menyiapkan pesta mewah dan tak terlupakan bagi para tamu mereka.

Konsep makan perlahan-lahan diubah oleh bisnis katering daripada pergi ke restoran untuk memakan makanan terbaik, keluarga dapat menggunakan jasa katering untuk menyantap makanan yang sama di rumah.

Meningkatnya jumlah ibu yang menggunakan jasa katering untuk melayani pesta ulang tahun, kelulusan, serta resepsi pernikahan karena alasan sederhana. Para ibu hari ini mulai banyak yang bekerja di luar rumah sehingga tidak memiliki waktu dan energi untuk melakukan semua perencanaan pesta yang mengesankan.

Modal Awal dan Analisa Keuntungan

Perhitungan laba per bulan 30 hari 30 box @Rp. 8.000 = Rp. 7.200.000

Biaya operasional

Bahan makanan Rp. 100.000 x 30 = Rp. 3.000.000

Gaji karyawan Rp. 500.000

Gas 3 kg 10 tabung @ Rp. 16.000 = Rp. 160.000

Transportasi Rp. 300.000

Listrik Rp. 100.000

Lain-lain Rp. 200.000

Biaya perlengkapan Rp. 200.000

Biaya penyusutan Rp. 83.333

Jumlah biaya per bulan Rp. 4.533.333

Laba perbulan Rp. 3.856.667

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Catering

Bisnis Catering termasuk bisnis yang cukup menjanjikan, karenanya banyak orang mulai melirik bisnis yang satu ini. Namun, hoby saja belum tidak cukup untuk membuat bisnis ini sukses, karena harus mengetahui apa saja langkah awal yang diperlukan untuk memulai bisnis catering ini dan bagaimana cara mengembangkannya agar bisnis ini bisa bertahan di tengah persaiangan yang cukup ketat.

Bisnis catering ini termasuk salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati, asalkan bisa mengelolanya dengan baik dan professional.

Berikut beberapa langkah memulai bisnis catering:

Riset pasar

Lakukan riset pasar sebelum memulai bisnis catering, misalnya jenis makanan apa yang dikuasai, kebutuhan pasar, persaingan pasar, kompetitor, harga pasaran, dan lain-lain.

Menentukan target pasar
Target pasar harus ditentukan terlebih dahulu, siapakah yang akan menjadi target pasar dari Bisnis Catering, apakah hajatan, anak-anak, kantor, atau acara-acara lainnya.

Modal usaha

Modal usaha dibutuhkan untuk pembelian beberapa peralatan yang dibutuhkan, misalnya saja alat masak, alat penyajian makanan, dan alat makan. Sehingga bisa memberikan layanan satu paket, dari mulai penyediaan makanan sampai penyewaan peralatan makan untuk pesta. Hal ini memang merupakan sebuah keharusan untuk dipikirkan.

Terkadang peralatan memasak untuk catering juga berbeda dari peralatan memasak rumah tangga biasa, yakni ukurannya yang jauh lebih besar daripada peralatan masak rumahan, sehingga lebih muat banyak. Untuk beberapa saat, menggunakan peralatan memasak yang anda miliki di dapur rumah sudah mencukupi tetapi begitu omset bertambah, tentunya anda harus membeli peralatan yang lebih representatif untuk bisnis catering kita sehingga bisa memenuhi pesanan dengan lebih efisien.

Menentukan karyawan

Karena bisnis yang dijalankan akan memproduksi makanan dalam jumlah besar, maka tentunya akan membutuhkan banyak tenaga kerja untuk mendukung kelancaran bisnis. Usahakan pilih karyawan yang memiliki keahlian di bidang memasak, menjaga kebersihan makanan, dan mengetahui cara menciptakan rasa makanan yang enak. Jika anggaran belum mengijinkan untuk mempekerjakan karyawan, cobalah 

meminta bantuan saudara dekat atau tetangga yang memiliki banyak waktu senggang. Rekrutlah beberapa karyawan secukupnya, sesuai dengan porsi kebutuhan anda.

Buat menu yang beragam

Susunlah menu yang akan dihidangkan sehingga anda bisa mempromosikannya dalam selebaran dan memperlihatkannya pada calon pelanggan yang berkunjung. Semakin banyak pilihan menu, pelanggan akan semakin tertarik untuk mencoba berbagai macam menu. Sebelum kita terjun ke dunia catering, tentunya kita harus mempunyai wawasan kuliner yang beragam.

Hal ini sangat penting sekali sebagai dasar berbisnis karena tanpa pengetahuan yang cukup, kita akan kurang maksimal dalam merespon keinginan konsumen. Tentunya dengan mempunyai wawasan kuliner yang luas, kita mempunyai pilihan beragam menu yang dapat ditawarkan kepada pelanggan.

Menyediakan stok bahan baku

Kita harus menyediakan cadangan bahan baku masakan sebanyak kuang lebih minimal 20% dari pesanan sehingga tidak akan terjadi kekurangan persediaan bahan. Tentunya anda tidak ingin kalau bahan makanan yang kita pakai tidak mencukupi pesanan.

Kualitas masakan

Jika makanan enak, maka konsumen akan kembali memesan jasa bisnis catering tersebut. Untuk itu, Kunci sukses dari bisnis ini adalah jaga kualitas cita rasa makanan yang dimasak, kebersihan dan kehalalan 

makanan, dan peralatan yang digunakan. Dengan memiliki hobi memasak, semangat anda dalam menjalani bisnis ini tidak akan mudah padam terutama jika keadaan kurang seperti yang diharapkan, seperti bisnis cateringnya sedang mengalami kendala, sedang sepi pelanggan dan lain-lain.

Anda pasti tidak akan patah semangat dan selalu berusaha bangkit karena anda ingin bisnis catering anda terus maju. Melakukan sesuatu dengan senang hati adalah salah satu kunci keberhasilan berbisnis.

Persiapkan tempat tersendiri

Dalam mengelola bisnis catering rumahan, anda memerlukan ruang khusus untuk memasak pesanan makanan dalam jumlah besar. Memasak untuk pesanan tentunya akan memakan banyak ruang sehingga kemungkinan besar dapur anda tidak akan mencukupi. Oleh karena itu persiapkan ruangan tersendiri untuk mengelola dapur kerja catering anda sendiri. Jangan lupa untuk menyiapkan alamat kontak dan nomor telepon sangat perlu supaya anda dapat dihubungi kapan saja sehingga pelanggan bisa memesan tanpa harus kerepotan atau merasa kesulitan untuk menghubungi anda.

Strategi promosi

Lakukan promosi secara praktis dan efisien agar konsumen mengenal Bisnis Catering ini. Upaya promosi bisa dilakukan secara online maupun offline. Jika online, tentunya bisa dengan mulai bergerilya di dunia maya, misalnya melalui jejaring social Facebook, Twitter, dan lain-lain. Untuk yang offline, bisa melakukan dengan cara menyebarkan pamflet, kartu nama, brosur, dan lain-lain.

Pemasaran Bisnis Katering

Bila ingin berhasil dalam menjalankan pengetahuan manajemen pemasaran, tetap perlu. Setidaknya yang paling mendasar, sehingga anda benar-benar memahami karakter produk dan pelanggan anda.

Hingga bisa lebih mudah meningkatkan daya saingnya dan mencari terobosan pemasaran. Keberhasilan pemasaran suatu produk sangat ditentukan oleh 4P, yakni product, price, place dan promotion. Keempat faktor penentu tersebut sebenarnya bisa anda kontrol dan kendalikan.

Product

Product dalam hal ini menyangkut segala hal yang berkaitan dengan makanan yang disajikan. Dalam katering aspek gizi makanan lainnya bisa diabaikan, dan aspek seni olah boga lebih diutamakan. Mutu dan komposisi menu merupakan kekuatan. Perhatikan kombinasi makanan, cita rasa masakan atau olahan, bahan, warna, dan teksturnya. Anda bisa menyiapkan set menu secara lengkap, dari sajian pembuka hingga penutup. Masing-masing dengan cita rasa yang tidak seragam, agar tidak membosankan.

Hindari menyajikan hidanan penutup serba puding, misalnya, sekali pun penampilannya cantik dan rasanya lezat. Anda juga harus menampilkan hidangan yang menarik. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan mulai dari cara memotong, mengolah, dan menyajikannya.

Harga

Penetapan harga merupakan kunci lain keberhasilan dari bisnis katering. Harga yang bersaing memang tidak harus berarti murah, tapi  jika anda belum yakin betul dengan ukuran kocek calon pelanggan anda lebih baik tidak memasang harga jauh di atas katering pesaing yang setaraf. Kecuali jika anda yakin bisa memberikan kompensasi lain kepada pelanggan, khusus jaminan atas mutu makanan dan layanan anda.</span >

Sebagai pertimbangan anda, harga dasar produk katering harus dapat menutup biaya atas seluruh komponen produksi yang meliputi biaya tetap dan biaya tidak tetap. Selisih antara harga yang ditawarkan kepada pelanggan dengan harga dasar merupakan besaran laba yang diharapkan. Sekalipun kelihatannya mudah, diperlukan keterampilan untuk menetapkan harga jual yang pas, agar bisa memberikan laba yang cukup tanpa membuat pelanggan mundur.

Tapi anda juga harus menghindari penetapan harga serendah- rendahnya dengan alasan ingin mendapatkan lebih banyak konsumen. Lonjakan penjualan dengan harga yang sangat rendah belum tentu dapat mendongkrak total laba, karena biaya untuk meningkatkan volume penjualan bisa lebih besar daripada penghematan biaya produksi.

Untuk menetapkan harga jual hal ini berhubungan dengan banyak hal seperti harga atas hidangan serupa milik pengusaha katering pesaing, gencar tidaknya promosi yang dilancarkan pesaing, daya beli pelanggan Anda, dan sebagainya. Namun ada pendekatan sederhana, sekalipun ini tidak bisa diterapkan secara umum, yakni tentukan formula atau rumusnya.

Kemudahan bertransaksi

Selain harga jual, kemudahan pembayaran juga merupakan daya tarik bagi calon pelanggan. Anda bisa membuat pelanggan tidak merasa terbebani dengan besarnya uang muka tanda jadi dan pemotongan atas pembatalan pesanan.

Banner dan brosur

Tidak ada salahnya anda meletakkan banner di depan rumah atau di pinggir jalan agar orang yang melihat banner tertarik dengan bisnis katering anda. Selain banner, buatlah brosur bisnis anda dan berikan kepada target penjualan anda, hal ini bisa menjadi promosi yang efektif untuk kelangsungan usaha anda.

Sosial media

Gunakan facebook atau twitter untuk memasarkan bisnis catering anda, pemasaran ini juga cukup efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis anda. Dengan menggunakan kedua sosial media tersebut anda bisa mendapatkan lebih banyak konsumen dengan cepat.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.