ADVERTISMENT

Info

Pentingnya Pelaku UMKM untuk Mengikuti Pelatihan, Banyak Keuntungan yang Didapat!

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Pebisnis tidak hanya berusaha agar jualannya laku keras, tetapi juga mengembangkan kemampuan usaha. Untuk mengembangkan kemampuan, pengusaha bisa mengikuti pelatihan UMKM. Pelatihan tersebut kerap diadakan oleh lembaga pemerintah atau pihak swasta. 

Jika ada kesempatan dan penawaran, jangan lewatkan. Kamu bisa mengambil kesempatan tersebut dan ikut pelatihan. Pelatihan dari pemerintah sering kali diikuti oleh UMKM yang sudah terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM. Para pelaku UMKM akan diundang secara bergilir untuk mengikuti pelatihan yang berbeda. 

Selain pemerintah, pelatihan UMKM juga sering diadakan oleh pihak swasta. Pesertanya pun dari komunitas UMKM dan pegiat UMKM. Jika kamu baru memulai atau sedang menjalankan usaha, tidak ada salahnya untuk rutin mengikuti pelatihan UMKM.

Sekarang, pelatihan untuk pelaku UMKM juga bisa diadakan secara online. Pastinya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari pelatihan tersebut. Selain ilmu, peserta juga akan mendapatkan keuntungan lain seperti jaringan baru, sehingga usaha mereka berpotensi untuk berkembang.

Ada beberapa jenis pelatihan yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa memilih jenis pelatihan UMKM yang kamu mau dan sesuai dengan kebutuhan usahamu.

Contoh Pelatihan UMKM yang Bisa Kamu Ikuti

Pelatihan UMKM adalah pelatihan yang diberikan kepada pelaku usaha kecil. Jenis pelatihan yang diberikan tentunya disesuaikan dengan bidang usaha. 

Ada berbagai keterampilan yang diberikan. Misalnya, keterampilan boga khusus dessert, frozen food, pengolahan minuman, MUA, kerajinan, dan lain-lain. 

Jadi, jika ada tawaran pelatihan atau kesempatan, jangan sampai terlewat! Setelahnya, jangan lupa berbagi ilmu dengan kawan lainnya.

Berikut ini adalah contoh pelatihan UMKM, kira-kira jenis pelatihan apa yang cocok untukmu?

1. Pelatihan di Dalam Kelas

Usai pandemi, pelatihan UMKM di dalam kelas kembali dimulai. Meski zaman sudah serba online, pelatihan kelas tetap menjadi primadona, karena memungkinkan adanya interaksi dua arah. 

Adapun pada pelatihan berkala, diadakan oleh lembaga terkait setiap dua atau tiga bulan sekali. Pesertanya berasal dari pegiat UMKM yang sudah terdaftar.

2. Pelatihan UMKM Online

Selama pandemi, kegiatan di luar rumah memang dibatasi. Termasuk mengikuti pelatihan. Kamu juga bisa mengikuti pelatihan UMKM secara online. 

Pelatihan online diberikan untuk pelaku usaha yang tidak sempat datang langsung. Materinya pun hampir sama, hanya saja penyampaiannya diberikan secara online. 

3. Pelatihan Interaktif

Pelatihan interaktif bisa diberikan secara online dan offline. Tentunya pelatihan interaktif ini dilakukan dengan dialog dan diskusi antar-peserta. 

Peserta bisa saling berbagi pengalaman dan memberikan solusi jika ada peseta lain yang memiliki kendala dalam menjalankan usaha. 

4. Pelatihan Langsung

Selanjutnya adalah pelatihan langsung. Pelatihan ini mengharuskan peserta untuk belajar sekaligus bekerja.

Artinya, ilmu yang diberikan langsung dipraktikkan saat itu juga. 

Manfaat Pelatihan UMKM

Kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari pelatihan UMKM. Selain mendapatkan ilmu tambahan, kamu juga bisa mendapatkan jaringan atau kenalan baru. 

1. Meningkatkan Produktivitas

Kamu memang pemilik usaha yang menjalankan usahamu. Namun melalui pelatihan UMKM, kamu makin terpacu untuk meningkatkan produktivitas. 

Kamu bisa meningkatkan keterampilan produksi dan manajemen, sehingga mendapatkan hasil yang optimal.

Kamu akan diajarkan bagaimana cara memecahkan persoalan yang kerap dihadapi pelaku usaha, sehingga masalah tersebut tidak mengganggu produksi. Potensimu akan digali untuk mengatasi masalah yang dihadapi. 

2. Meningkatkan Kualitas Usaha

Usaha yang berkualitas bukan hanya pada hasil produksi atau barang yang dijual, melainkan keselamatan kerja karyawan.  Usaha kecil bukan berarti tanpa risiko kerja. Melalui pelatihan bisnis, pelaku usaha akan tahu pentingnya mencegah kecelakaan kerja. 

Apalagi usaha kecil yang modalnya tidaklah besar, melalui pelatihan, risiko kecelakaan kerja bisa diminimalisasi. Jadi, bisa mengurangi biaya akibat kecelakaan kerja.

3. Berbagi Pengalaman

Kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dari mentor atau sesama pelaku usaha. Cerita dari para mentor terkait pengalaman mereka menghadapi masalah dan solusinya akan menambah pengetahuanmu. 

Mereka juga akan membantumu menyusun strategi bisnis untuk menjalankan usahamu. Adanya pelatihan UMKM, harapannya usaha bisa berjalan makin efektif. 

4. Mengelola Keuangan

Salah satu problem yang dihadapi pemilik usaha adalah mengatur keuangan secara optimal. Modal UMKM tidaklah besar, itu sebabnya harus dikelola secara optimal agar tidak mengalami kerugian.

5. Tahu Penggunaan Teknologi Terbaru

Bukan hanya masalah teknis, kamu juga akan diajarkan bagaimana menggunakan teknologi terbaru. Usaha yang dibarengi penggunaan teknologi yang tepat akan makin maju dan banyak dikenal oleh masyarakat.

Adanya media sosial atau marketplace adalah wadah bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya. 

Melalui pelatihan UMKM kamu akan diajari bagaimana mengoptimalkan e-commerce, media sosial, dan marketplace. 

Sumber: https://store.sirclo.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.