ADVERTISMENT

img
Info

Beragam Manfaat yang Didapat Berkat Mengkonsumsi Sayur Bayam untuk Kesehatan

Beragam Manfaat yang Didapat Berkat Mengkonsumsi Sayur Bayam untuk Kesehatan
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Selain bernilai gizi yang tinggi, olahan dari sayur bayam saat ini juga sudah beraneka macam. Ada yang memasaknya dengan cara ditumis, dibuat salad dan lain-lain.

Manfaat sayur bayam ternyata bukan hanya untuk mengembangkan masa otot saja tetapi masih banyak lagi manfaat-manfaat dari sayur bayam yang lainnya.

Manfaat Sayur Bayam Untuk Otot

Berkat kandungan C0-Q10, yang berperan penting untuk memperkuat otot, terutama pada otot jantung yang terus-menerus memompa darah ke seluruh bagian pada tubuh. C0-Q10 bisa digunakan sebagai pencegah serta mengobati banyak penyakit kardiovaskular seperti hiperlipidemia, gagal jantung, hipertensi, serta penyakit jantung koroner.

Manfaat Sayur Bayam Lainnya

1. Mencegah Anemia

Manfaat sayur bayam bagi kesehatan yang sudah dikenal dari dulu adalah bisa untuk mencegah anemia. Hal ini dikarenakan bayam merupakan salah satu asupan zat besi yang baik.

Tetapi, sayur bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi bila dikonsumsi. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menyiasatinya yaitu dengan mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

2. Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Sayur bayam memiliki manfaat besar untuk ibu hamil. Hal ini dikarenakan sayur bayam banyak mengandung folat yang sangatlah dibutuhkan oleh janin. Kandung folat di dalam sayur bayam bisa mengembangkan sistem saraf mereka jadi cacat pada mulut seperti celah bibir (sumbing) bisa terhindarkan.

Cacat seperti spinda bifilda (terbentuknya celah ataupun defek pada tulang belakang dan juga saraf tulang belakang) atau yang disebut bibir sumbing bisa terjadi karena kekurangan folat. Oleh sebab itu, konsumsi bayam pada ibu hamil dan menyusui sangat dianjurkan.

3. Menjaga Tekanan Darah

Dilansir dari Hellosehat, bayam memiliki manfaat untuk menjaga tekanan darah. Hal ini dikarenakan bayam memiliki kandungan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah.

Resiko terkena hipertensi pun berkurang karena folat yang menenangkan pembuluh darah. Dengan tekanan darah yang terjaga, maka stres pada sistem kardiovaskuler juga berkurang. Tubuh pun akan mendapat oksigen dengan baik.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Bayam yang kaya akan kandungan beta-karoten, xanthene serta lutein sangatlah baik bagi kesehatan mata loh. Dengan mengonsumsi sayur bayam secara rutin, kebutuhan vitamin A akan selalu tercukupi.

Mengkonsumsi sayur bayam juga bisa mengatasi beberapa masalah pada mata contohnya mengurangi rasa gatal pada mata, membantu mengobati ulkus mata dan juga masalah yang lainnya. Selain dari pada itu, kandungan lutein dan juga xanthene didalam bayam juga bertugas sebagai antioksidan supaya mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan katarak pada mata.

5. Baik Untuk Penderita Diabetes

Sayur bayam mempunyai manfaat yang cukup baik bagi penderita diabetes loh. Bayam mengandung alpha-lipoic yang terbukti dapat menurunkan gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin serta mencegah perubahan oksidatif yang dipicu stres pada pasien diabetes.

Selain dari manfaat tersebut, bayam ternyata juga bisa untuk menurunkan risiko neuropati perifer dan juga otonom kepada penderita penyakit diabetes.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Bayam kaya akan serat dan mineral. Serat dan mineral tersebut dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

Tak hanya itu, bayam memiliki kandungan kalium tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Oleh sebab itu, penderita hipertensi disarankan mengonsumsi bayam secara rutin.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan vitamin K dalam bayam dapat membantu menyerap kalsium oleh tulang sehingga tulang menjadi lebih kuat. Rendahnya asupan vitamin K dapat mengakibatkan risiko patah tulang lebih tinggi.

Karenanya, mengkonsumsi sayur bayam sangatlah penting untuk pengubah protein matriks pada tulang, meningkatkan penyerapan kalsium juga bisa untuk mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh melalui saluran urine.

Mengonsumsi sayur bayam juga baik bagi seseorang yang sudah lanjut usia. Hal ini dikarena sayur bayam juga mempunyai manfaat untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

Itulah beberapa informasi yang didapat mengenai pentingnya mengkonsumsi sayur bayam untuk kesehatan.

Semoga bermanfaat!

Sumber: https://yentit.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.