ADVERTISMENT

Tips

Ikuti 3 Langkah Ini, Usaha Fried Chiken Rumahan Dijamin Sukses

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Jangan hanya asal goreng, ternyata memulai usaha ayam fried chicken butuh persiapan strategi yang matang agar tidak kalah di pasaran.

Kalau kamu cek menu makanan di aplikasi pesan-antar seperti GrabFood atau GoFood, menu olahan ayam goreng banyak sekali variasinya.

Mulai dari fried chicken ala Kentucky, ayam goreng gochujang dan madu ala Korea, fried chicken ala Taiwan dengan kriuk khasnya, hingga ayam goreng geprek khas Yogyakarta.

Ukuran dan bentuknya pun bermacam-macam.

Ada yang menjual satu basket isi sayap ayam saja, ayam goreng dengan ukuran sebesar jari, bola-bola ayam goreng, sampai fillet dada ayam goreng ukuran besar.

Maka kalian dituntut untuk mencari suatu ide baru atau unik yang menjadi ciri khas produk kalian.

Well, usaha fried chicken memang seakan tidak ada matinya.

Selain tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk modal awal, kamu juga tidak memerlukan keahlian khusus untuk memasak ayam.

Berbeda dengan daging sapi yang harus kamu pelajari betul mulai dari jenis hingga tingkat kematangan yang tepat agar daging tidak alot.

Bahan baku ayam sangat mudah didapat dan diolah sehingga cocok untuk pebisnis pemula.

Nah, maka dari itu kalian jangan anggap remeh ya usaha yang satu ini. Karena mengingat banyaknya kompetitor, maka kalian wajib simak tips ini agar usaha fried chicken kalian sukses dan tidak kalah dengan kompetitor lainnya.

Tips Sukses Memulai Bisnis Fried Chicken

1. Menentukan Konsep Usaha Fried Chicken

Sebelum memulai, tentukan dulu lokasi dan target konsumenmu. Misal di tempat yang banyak mahasiswa, membuka warung ayam geprek dengan harga murah tentu lebih menarik pengunjung dari pada membuka restoran ayam.

Jika modal terbatas dan tidak ingin ribet, kamu bisa menjual ayam goreng melalui gerobak. Tanpa harus mengulek sambal, menyiapkan minuman dan hanya melayani pesanan take-away.

Untuk konsep usaha ayam fried chicken premium dengan harga per porsi kisaran 50 ribu rupiah, kamu bisa membuka restoran untuk family.

Biasanya menu olahan ayam yang disajikan pun lebih beragam seperti cordon bleu atau steak dengan saus jamur.

Dengan kecanggihan teknologi, kamu juga bisa memulai usaha rumahan ayam fried chicken dari dapur pribadi. Nah, untuk ini kamu harus pintar membuat strategi pemasaran online agar jualanmu laris manis.

2. Memiliki Sistem Operasional yang Rapi

Ayam goreng adalah salah satu makanan fast food paling populer dan dicari di seluruh dunia.

Tak heran jika gerai McD dan KFC tak pernah sepi dari pelanggan, terutama anak muda yang membutuhkan makanan tanpa berlama-lama menunggu.

Ayam goreng juga merupakan sajian yang tetap enak meski tidak disajikan saat itu juga.

Saat rasa renyahnya berkurang, kamu pun bisa menghangatkannya kembali dengan mudah.

Praktis, cepat, enak. Memulai usaha ayam fried chicken tentu harus mempertimbangkan hal tersebut.

Pastikan kamu memiliki sistem operasional yang rapi, standar kebersihan yang oke, serta order flow yang cepat.

Siapkan jauh-jauh hari jika kamu membutuhkan sistem pre-order, layanan pesan-antar, atau skema antrian agar pelanggan tidak menumpuk.

3. Sediakan Budget untuk Pemasaran Online

Buatlah akun media sosial untuk menyampaikan promosi, menu, gagasan, dokumentasi di warung/restoran, serta sarana berinteraksi dengan pelanggan.

Hal ini penting agar kamu bisa belajar dari feedback konsumen.

Selain itu, saat membuat menu paket atau promo terbatas, kamu bisa segera mempromosikannya sesuai periode yang sudah kamu jadwalkan.

Media sosial yang cantik juga akan memperkuat branding usaha ayam fried chicken. Pilihlah logo yang sesuai dengan menu andalanmu.

Misalnya logo ayam kepedasan karena menjual ayam geprek dengan level cabai tinggi.

Kamu juga bisa menarik minat pengunjung dengan mengadakan serangkaian give away atau kompetisi foto/video dengan bertemakan produk kamu.

Tunggu apa lagi? Yuk, bangkit dan mulai sesuatu yang menghasilkan. Dan jangan lupa terapkan tips ini apapun itu usahamu, dengan berusaha yang giat akan membuahkan hasil pula. Semoga bemanfaat dan salam semangat!

sumber : https://lokalsupportlokal.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.