ADVERTISMENT

img
Tips

10 Tips Untuk Mulai Mendapatkan Uang dari Instagram

10 Tips Untuk Mulai Mendapatkan Uang dari Instagram
Artikel ditulis olehAfiqurahman

Cara Berjualan di Instagram – Media sosial yang mempunyai banyak pengguna saat ini salah satunya adalah Instagram. Hal ini adalah sebuah potensi yang bagus untuk para pebisnis dalam mempromosikan jualannya.

Instagram juga dipakai oleh para pebisnis untuk menguatkan brand yang ada di produknya. Jadi selain para artis yang bisa mendapatkan uang dari Instagram, para pengusaha juga.

Adapun caranya telah kami rangkum dibawah guna membantu Anda dalam mempraktekannya.

1. Menentukan Bisnis apa yang Akan Dijalankan

Pertama dalam cara berjualan di Instagram tentunya Anda perlu tahu bisnis apa yang akan Anda jalankan. Apakah kuliner, fashion atau barang retail. Targert followers Anda juga harus jelas, apakah anak-anak, ibu-ibu, atau bapak-bapak guna memudahkan dalam mengisi feed di akun Anda.

2. Membuat Akun

Step kedua Anda perlu membuka akun Anda. Pada Instagram terdapat dua pilihan yang bisa Anda ambil.

3. Akun Bisnis

Akun bisnis cocok untuk Anda yang memang mempunyai produk untuk dijual. Maksud dari produk disini adalah berupa produk fisik, misalkan makanan ataupun minuman.

Karena akun ini bisa membantu Anda melihat perkembangan akun secara mudah, terdapat juga fitur-fitur ciamik seperti IG Shopping, balas cepat dan fitur-fitur bagus lainnya. Anda juga bisa tahu ada berapa akun yang like, komen, share dan save post Anda. 

4. Membuat bio yang Cantik

Cara jualan di Instagram selanjutnya adalah membuat bio yang rapi. Anda tentunya menginginkan para pengunjung akun Anda suka berlama-lama dan akhirnya membuat mereka menjadi followers tetap dan jalan menjadi pembeli dari produk Anda, jika iya maka Anda harus memulainya dari bio Anda.

5. Menentukan Brand Visual Produk

Brand Visual adalah cara jualan di Instagram selanjutnya. Brand visual maksudnya warna pokok dari setiap feed yang akan Anda bagikan. Misalkan akun PDI Perjuangan, karena identik dengan warna merah, feed yang dibagikan pasti mempunyai unsur merah.

6. Rajin membagikan Post dan Story

Post adalah nyawa dari akun Instagram Anda. Akun yang jarang membagikan post, membuat kepercayaan pelanggan Anda berkurang, takutnya akunnya akun bohongan. Story Instagram juga mempunyai fitur khusus untuk para pengusaha. Mulai dai Q & A , pertanyaan, dan lain-lain.

7. Menggunakan Hashtag yang Relevan

Hashtag gampangnya adalah alamat yang membantu orang untuk menemukan post Anda. Post Anda misalnya tentang buah segar, jadi hashtag yang Anda pakai semua yang berhubungan dengan buah. Misalnya : #buahsegarlokal #buahsegarmanii #jualbuahsegar, dll.

8. Memahami algoritma Instagram

Setiap media sosial memiliki algoritmanya sendiri. Tujuan dari algoritme ini adalah apa yang terjadi pada postingan Anda saat Anda membagikannya. Saya dapat mengetahui dari algoritma Instagram bahwa Instagram akan membagikan posting Anda dengan setidaknya 10% pengikut.

Berikutnya adalah apa yang disebut prime time. Intinya, jika Anda mendapatkan banyak like, komentar, atau share dalam satu jam pertama, Instagram akan membagikan lebih dari 10% postingan Anda.

Artinya, Anda harus tahu kapan penggemar akan membuka akun Instagram mereka, apakah ini waktu makan siang? Atau malam di prime time?

9. Memahami perjalanan pelanggan

Perjalanan pelanggan mengacu pada bagaimana orang-orang yang tidak mengenal Anda atau tidak mengenal Anda sama sekali bertemu dan menjadi pelanggan Anda.

10. Ajakan Untuk Membeli

Ini bisa Anda letakkan di akhir post Anda. Bisa juga berupa landing page ke akun whatsapp atau link marketplace. Nah disini kami merekomendasikan aneukm.com untuk menjadi landingpage jualan Anda. Keamanan terjamin dan kemudahan dalam berbelanja sangat diutamakan oleh aneukm.com

Nah itu dia artikel tentang cara berjualan di Instagram untuk pebisnis pemula. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.