ADVERTISMENT

Tips

6 Cara Menemukan Suplier Yang Baik Untuk Memulai Bisnis

Artikel ditulis olehAfiqurahman

Cara menemukan suplier tangan pertama yang baik – Beberapa masalah yang pasti para pebisnis akan alami adalah stok jualan yang kosong, atau membengkaknya pengeluaran untuk barang jualan karena mahalnya harga dari tangan pertama.

Hal ini menjadi momok yang menjadi horror karena menghambat kelangsungan bisnis, dan bisa saja menjadi pelanggan berpindah ke kompetitormu karena lambatnya pelayanan yang disebabkan masalah diatas.

Melihat itu, kami disini ingin sedikit membagikan tips atau cara bagaimana cara menemukan suplier tangan pertama yang baik dan terpercaya. 

1. Cara Menemukan Suplier Terbaik Untuk Jualan Online

Berikut ini adalah beberapa cara bagaimana menemukan suplier tangan pertama untuk jualanmu :

2. Mendatangi Bazar dan Pameran Bisnis

Cara pertama untuk menemukan suplier adalah dengan mendatangi pameran atau bazar bisnis. Bazar bisnis bertujuan untuk para pelaku usaha agar menemukan relasi sehingga menguntungkan kepada penjualannya.

Hal yang paling utama dalam bisnis adalah komunikasi dan relasi, coba bertanya kepada pemilik stand disana darimana mereka menemukan suplier, atau mereka sendiri yang sendiri adalah suplier.

Hal ini sangat menguntungkan untuk kamu sebelum masuk lebih dalam ke dunia bisnis. Apabila di kota kamu belum ada pameran bisnis, kamu bisa mendatangi pameran yang ada di kota tetangga.

Mungkin akan sedikit melelahkan, akan tetapi demi kelangsungan bisnis kamu, mengapa tidak?

3. Mencari Kualitas Bukan Kuantitas

Menemukan suplier yang baik bukan melulu yang murah. Tetap saja kualitas menjadi patokan pertama sebelum deal dengan suplier. Tugas kamu adalah memahami bisnis kamu akan jadi seperti apa terlebih dahulu.

Setelah mengenal bisnis kamu sendiri, maka pilihlah kualitas yang sesuai dengan pandangan bisnis kamu. Bisa jadi target kamu adalah menengah kebawah, berarti kualitas yang ditawarkan perlu kamu sesuaikan demi menghindari kerugian karena pengeluaran.

Cari dahulu di kota kamu, apabila tidak menemukan bisa ke kota terdekat agar mengurangi pengeluaran akomodasi.

4. Menggunakan Marketplace

Kemudahan yang ada di zaman serba teknologi sekarang, sangat memudahkan para pengusaha. Marketplace adalah tempat berkumpulnya pedagang dan pembeli.

Pada marketplace terdapat banyak penjual, terkadang ada juga pabrik yang menjual barangnya di marketplace. Inilah yang kamu harus manfaatkan. Ada beberapa parameter supaya menemuka suplier terbaik di marketplace.

5. Cara menemukan Suplier di Marketplace

  1. Testimoni dari Pembeli
    Testimoni adalah kesan pembeli yang sudah membeli di toko tersebut. Cari di menu feedback seberapa bagus review dari pembeli tersebut. Apabila bagus, maka kamu wajib memperhitungkannya.
  2. Informasi Toko
    Profesional tidaknya sebuah toko adalah bagaimana dia mengatur tokonya. Mulai dari alamat, informasi yang diperlukan, stok terakhir, informasi barang yang dijual, dll.

  3. Aktifnya Toko

Marketplace memiliki fitur chat. Coba cek di menu chat, apakah pemilik toko aktif atau tidak. Toko yang bagus biasanya akan sering mengecek tokonya.

6. Menemukan Suplier Dengan Bergabung di Komunitas

Komunitas adalah wadah yang cocok untuk menemukan orang dengan satu pikiran. Banyak forum atau komunitas yang mempertemukan antara para pebisnis, ada yang online atau offline.

Komunitas online biasanya ada di Kaskus, setelah bergabung kamu bisa tanya-tanya tentang suplier tangan pertama terbaik disana. Komunitas offline contohnya UKM Kewirausahaan. Para mahasiswa yang mempunyai minat di bidang bisnis wajib mengikuti UKM ini.

Apabila kamu mencari website untuk menjualkan barang dagangan kamu, kami ada rekomendasi website yang aman dan ramah pengguna. Anekaukm.com membantu para UMKM untuk memajukan bisnisnya.

Semoga artikel tentang cara menemukan suplier tangan pertama terpercaya ini bisa membantu. Terima kasih.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.