ADVERTISMENT

Tips

6 Tips Untuk Memulai Bisnis Bagi Para Pelajar dan Mahasiswa

Artikel ditulis olehAfiqurahman

Tips Bisnis Untuk Mahasiswa – Menjadi sukses merupakan impian setiap orang, termasuk anak muda atau mahasiswa yang sedang menjalani kuliah. Salah satu caranya adalah berjualan atau berbisnis.

Mungkin sebagian dari kamu bingung dan mempertanyakan bagaimana seorang mahasiswa yang sibuk dengan tugas bisa menjalankan bisnis sekaligus.

Kabar baiknya, artikel ini akan menjelaskan tentang tips dan cara terbaik yang bisa mahasiswa lakukan untuk memulai bisnis.

Tips Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mahasiswa yang bisa dipraktekan dan dijamin bisnis yang dijalankan sukses.

1. Perencenaan Yang Matang

Seperti halnya bisnis yang diusulkan, perencanaan ekstensif merupakan prasyarat. Jika strategi awal tidak stabil, wacana bisnis Kamu akan menghadapi hambatan lebih cepat.

Rencananya dimulai dengan penelitian. Apakah ada celah dalam ide bisnis Kamu di pasar? Apakah ada cukup banyak pelanggan potensial untuk membuat ide ini layak? Pesaing seperti apa yang akan Kamu temui? Ketika Kamu memiliki jawaban positif untuk pertanyaan-pertanyaan ini, Kamu dapat mulai mengembangkan rencana bisnis.

2. Kembangkan rencana keuangan yang ideal

Sebagian besar perusahaan memulai dengan modal yang sangat kecil. Ditambah dengan reputasi kekurangan dana yang dimiliki mahasiswa, tampaknya tidak logis untuk memulai bisnis sambil kuliah.

Untungnya, ada banyak pilihan pembiayaan untuk dipertimbangkan. Namun yang terpenting adalah menghitung kemampuan finansial Kamu sebelum melangkah untuk mengajukan pinjaman.

Kamu tidak ingin memulai bisnis dengan seluruh modal hingga tidak ada sepeserpun tersisa untuk biaya operasional. 

3. Atur waktu belajar

Kecuali bisnis Kamu dijamin memiliki penghasilan enam digit sejak awal, sekolah tetap harus menjadi prioritas sebelum bisnis. Karena itu, Kamu harus hati-hati mengalokasikan waktu antara belajar dan berbisnis.

Karena kebutuhan akan fleksibilitas, disarankan untuk mengoperasikan perusahaan di tempat tinggal Kamu sebanyak mungkin.

Asrama atau bahkan kamar kos mungkin bukan tempat bisnis yang ideal, tetapi dengan ini Kamu dapat menghemat biaya dan waktu perjalanan.

4. Memanfaatkan Kampus

Status pelajar mungkin terlihat sebagai penghalang impian Kamu untuk berwirausaha, tetapi Kamu harus melihat situasi ini dari perspektif yang positif.

Sudahkah Kamu mempertimbangkan berapa banyak pelanggan potensial yang ada di kampus? Menggunakan flyer dan booth untuk beriklan di kampus adalah cara sederhana untuk mempromosikan bisnis Kamu, jangan lupa untuk mendapatkan izin dari pihak kampus terlebih dahulu.

Bisnis juga mudah dipasarkan melalui klub belajar, komunitas, dan masyarakat sekitar tempat tinggal. 

5. Jangan berlebihan

Menjalankan bisnis itu sulit. Sulit untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. Menggabungkan keduanya, situasi Kamu pada dasarnya akan menghabiskan seluruh waktu dan energi Kamu.

Meski begitu, Kamu perlu menghindari kecenderungan untuk bekerja terlalu keras. Kesehatan Kamu adalah prioritas utama, yang berarti Kamu harus tetap meluangkan waktu untuk berolahraga, makan dengan baik, dan tidur tujuh hingga delapan jam semalam.

6. Menggunakan Metode Online

Berjualan secara online menjadi salah satu tips bisnis untuk mahasiswa yang cocok dipakai. Kegiatan yang sibuk mungkin membuat susah ketika berjualan secara offline.

Solusinya adalah online. Kamu tidak perlu bingung untuk menjaga lapak dan sebagainya, cukup mempunyai foto produk yang bagus dan aktif di marketplace atau media sosial.

Mungkin itu saja yang bisa aku bagikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa gabung dan jadilah bagian dari keluarga anekaukm.com. Terima kasih.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.