ADVERTISMENT

Tips

8 Tips Untuk Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Artikel ditulis olehAfiqurahman

Tips Bisnis Online Untuk Pemula – Kebutuhan yang meningkat di Indonesia, menjadikan para calon pengusaha mempunyai peluang yang besar. Akan tetapi, namanya pemula pasti kesulitan ketika terjun langsung ke dunia bisnis.

Oleh karena itu, kali ini aku akan membagikan tentang cara menjalankan bisnis secara online khusus untuk pemula. Selamat membaca.

Cara Menjalankan Bisnis Online Untuk Pemula

Berikut ini adalah beberapa cara yang telah aku rangkum untuk pemula dalam menjalankan bisnis onlinenya:

1. Menyiapkan Mental Bisnis

Pertama dalam tips bisnis online untuk pemula  adalah menyiapkan mental secara matang. Yang paling susah dalam menjalankan bisnis adalah bagaimana mental kita siap.

Apalagi ketika kita belum mempunyai pengalaman sama sekali. Ketika pertama masuk dunia bisnis perasaan akan bingung dan gundah, akan tetapi perasaan ini lambat laun hilang dan aman terkendali.

2. Mencari Produk Untuk Dijual

Produk yang baik adalah produk yang kamu kuasai. Apabila kamu suka di bidang fashion, maka tekunilah dan matangkanlah ilmumu di bidang fashion.

Banyak pebisnis pemula yang gagal karena hanya ikut-ikutan teman atau ikutan trend saja. Apabila kamu masih kekeh ingin ikut-ikutan trend, maka kamu harus menyiapkan ide cadangan apabila trend tersebut hilang dan tidak ramai lagi.

Jangan asal memilih produk tanpa bertanya terlebih dahulu ke senior yang telah berpengalaman dalam bidang tersebut. Minimal kamu ikut les atau kursus. Seperti kursus membuat roti.

3. Memikirkan Secara Matang Rencana Usaha

Tips jualan online untuk pemula selanjutnya adalah memikirkan dan menyusun rencana bisnis dari yang akan kamu jalankan.

Rencana yang aku maksud adalah memikirkan bagaimana usaha atau bisnis kamu akan berjalan. Mulai dari nama toko, brand toko, sapaan khusus untuk pelanggan, iklan yang akan dipakai, strategi marketing, dan lain-lain.

Untuk memudahkan kamu menentukan rencana usaha yang kamu akan jalankan adalah, bertanya ke senior, sering-sering membaca artikel atau video di Youtube, sering membeli barang milik UMKM dan sharing. Apabila rencana kamu memang belum matang, sebaiknya siapkan ilmunya dahulu.

4. Mencari Suplier Yang Cocok dan Terpercaya

Tips Bisnis Online untuk pemula selanjtnya adalah mencari suplier yang cocok dengan bisnis kamu. Salah satu masalah yang sering dihadapi para pebisnis adalah stok habis, barang rusak, dan lain-lain.

Hal ini adalah kelalaian yang dilakukan oleh suplier produk kamu. Jangan hanya mencari yang murah, akan tetapi lihat juga apakah kualitasnya cocok dengan yang kamu harapkan.

5. Tentukan harga jual

Trik jualan online lainnya untuk pemula adalah menentukan harga jual yang tepat dari produk yang ingin Kamu tawarkan.

Faktor yang perlu diperhatikan dalam hal ini antara lain:

  1. Berapa harga produk di pasaran,
  2. Berapa harga yang ditetapkan oleh pemasok Kamu,
  3. Berapa biaya operasional yang Kamu keluarkan untuk membawa barang tersebut.

Setelah memahami dan mempertimbangkan kedua faktor tersebut, Kamu dapat menentukan perkiraan harga jual.

6. Temukan dan tentukan tempat penjualannya

Saat mencari lokasi penjualan online, Kamu perlu mengetahui lokasi mana saja yang tersedia di pasar, banyak sekali lokasi yang tersedia di Internet.

Kamu dapat memilih berbagai lokasi penjualan online berdasarkan kategori, antara lain:

  1. Media sosial, seperti Facebook dan Instagram,
  2. Marketplace seperti aneukm.com
  3. Buka situs web toko online Kamu sendiri.

Keuntungan membuka toko di aneukm.com adalah ramah untuk pemula dan jaminan produk kamu akan laris.

7. Melakukan Promosi

Tips bisnis online untuk pemula selanjutnya adalah melakukan promosi. Bisnis tanpa promosi sama saja bohong. Jika kamu masih mempunyai budget sedikit untuk promosi, maka promosikan dulu ke keluarga dan saudara, mereka pasti akan merekomendasika ke teman-temannya.

8. Mengelola Keuangan Dengan Baik

Bisnis yang baik adalah bisnis yang keuangannya sehat. Mengelola arus keluar masuknya uang tidak boleh disepelekan. Pelajari ilmu keuangan sebelum masuk ke dunia bisnis. Apabila masih ragu, pekerjakanlan seorang akuntan yang berpengalaman.

Anekaukm.com akan membantu para UMKM dalam menjalankan bisnisnya. Segeralah bergabung dengan keluarga aneukm.com dan rasakanlah manfaatnya. Semoga membantu. Terima kasih.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.