ADVERTISMENT

img
Tips

19 Cara 'Keren' Untuk Memperoleh Ide Bisnis Sendiri

19 Cara 'Keren' Untuk Memperoleh Ide Bisnis Sendiri
Artikel ditulis olehApril Liliana

Sedang pusing mencari ide bisnis yang pas? Tidak ada salahnya Anda melakukan googling, namun jika sudah mencari-cari dan belum mendapatkan ide yang pas, bagaimana jika kita mencoba memunculkan cara untuk memperoleh ide bisnis yang keren.

Salah satu cara terkeren untuk menghasilkan ide-ide baru yang konsisten adalah dengan melakukan pendekatan dari berbagai sudut pandang loh.

19 Cara 'Keren' Untuk Memperoleh Ide Bisnis Sendiri

Nah, berikut ini 19 cara 'keren' untuk memperoleh ide bisnis dengan daftar sudut pandang yang berbeda dan strategi pembuatan ide yang lebih spesifik yang tentu masing-masing sudut akan membuat jus kreatif Anda mengalir! 

Temukan Hal yang Tidak Nyaman untuk Kita

19 Cara 'Keren' Untuk Memperoleh Ide Bisnis Sendiri

1. Munculkan sebuah solusi untuk sesuatu yang menurut Anda itu sangat mengganggu atau tidak nyaman dalam hidup Anda.

2. Buatlah sebuah solusi terbaik untuk sesuatu yang Anda lakukan setiap hari, misal membuat prosesnya menjadi lebih efisien, lebih murah atau lebih nyaman.

Menyelesaikan Masalah di Ceruk Audien

19 Cara 'Keren' Untuk Memperoleh Ide Bisnis Sendiri

3. Buat daftar email seputar topik khusus dan lakukan survei kepada mereka tentang tantangan terbesar mereka.

4. Lakukan analisa aktivitas di forum khusus, seperti di Quora atau Reddit untuk menemukan titik masalah dan keinginan yang mereka mau.

Temukan Ide Bisnis di Perusahaan Tempat Anda Bekerja

ide bisnis keren, anekaukm.com

5. Amati proses internal di Perusahaan tempat Anda bekerja (HR, Finance dan Akunting, Marketing, Management, Sales, dll), temukan proses mana yang dapat dibuat lebih simple dan efisien, seperti ditingkatkan dengan menggunakan teknologi.

6. Melihat bagaimana orang-orang di sekitar anda bekerja. Ide agar mereka dapat menjadi lebih baik dalam apa yang mereka lakukan juga sebuah trobosan yang keren. Mencari tahu bagaimana mereka lebih bahagia dengan apa yang mereka lakukan, sehingga perusahaan dapat mempertahankan karyawan yang berkinerja baik.

7. Carilah potensi yang dapat ditingkatkan pada pelayanan di perusahaan. Bagaimana sebuah produk atau layanan dapat dibuat lebih baik, lebih murah atau lebih efisien. Pikirkan cara yang tak biasa yang tidak dimiliki oleh perusahaan besar, namun sangat berguna untuk tim start up kecil.

8. Melihat juga pada kemampuan transfer sebuah produk dan prosesnya. Memikirkan tentang bagaimana prosesnya agar sebuah produk dapat digunakan dalam industri yang berbeda. Bagaimana sebuah produk dapat diakses oleh pasar yang berbeda, misal dengan versi produk yang lebih murah atau dengan versi yang paling sederhana untuk digunakan di negara-negara yang masih berkembang.

9. Mencari potensi dalam meningkatkan rantai pasokan (suplay chain). Bagaimana sebuah proses pemasok kepada pelanggannya bisa dibuat lebih efisien? Ini merupakan trobosan ide bisnis yang luar biasa.

Analisis Tren

19 Cara 'Keren' Untuk Memperoleh Ide Bisnis Sendiri

10. Temukan topik yang sedang trending lewat media sosial (Twitter, TikTok, Reddit, YouTube, Buzzfeed, dll). Menjual produk dengan masuk ke topik yang sedang nge-tren akan cepat membangun bisnis Anda.

11. Menciptakan tren. Tentukan sebuah industri, pelajari secara mendalam seluk beluk industri tersebut. Lakukan terus sampai Anda mencapai titik di mana mampu melihat dan memprediksi tren yang yang akan Anda ciptakan. 

Eksplor Minat Anda

12. Lihat pekerjaan Anda sebelumnya, analisis apa yang Anda suka atau tidak suka dalam peran Anda tersebut. Pikirkan industri atau bisnis yang membuat Anda tertarik dan sukai. Misalnya jika Anda senang bekerja dengan orang-orang dalam hal pelayanan pelanggan, Anda mungkin dapat membuat bisnis tentang pelatihan atau konsultasi.

13. Buat sebuah daftar hal-hal yang Anda sukai dan dapat dilakukan secara gratis. Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat mengubah hal-hal tersebut bernilai bisnis. Contohnya jika Anda sedang bersemangat menjalani gaya hidup sehat dan mengisi waktu luang dengan mencari tahu, mengumpulkan resep-resep makanan yang sehat, menemukan cara baru untuk berolahraga, dan membaca tren kesehatan lainnya, mengapa tidak memulai dengan membuat bisnis blog kesehatan atau bisa juga membuka pelatihan kesehatan dan kebugaran?

Bangun Kekuatan Anda

14. Lihat pekerjaan Anda sebelumnya dan analisis apa yang benar-benar Anda kuasai. Pikirkan bisnis atau jenis industri apa yang memungkinkan untuk Anda buat dengan kelebihan yang Anda miliki. Misal, jika Anda memiliki pengalaman sebagai penulis di perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya, Anda dapat memulai bisnis sebagai penulis lepas.

15. Pikirkan tentang kemungkinan yang akan dihadapai dalam bisnis, seperti keuntungan yang kurang adil pada Anda. Hal ini dapat dipelajari pada pengalaman industri, pengetahuan,  keterampilan atau jaringan yang luas. Maka, mulailah dengan dengan itu sebelum terjun ke dalam bisnis.

Menjadi Mesin Ide

16. Melatih otak untuk untuk memunculkan ide-ide adalah dengan menuliskan 10 ide dari sebuah topik dalam sehari. Tidak melulu tentang ide bisnis, cukup sesuatu yang terkait dengan topik tersebut. Hal ini akan memaksa otak Anda untuk menjad sangat kreatif. Misal, tulislah 10 ide untuk mempermudah dalam memasak, 10 ide untuk menurunkan berat badan, 10 ide untuk menjual buku, dan lain-lain.

17. Baca dan baca. Semakin banyak Anda membaca tentang berbagai hal di berbagai bidang, semakin banyak ide yang akan datang kepada Anda secara alami.

Menerapkan Gaya Bisnis Terkenal ke Bisnis Lainnya

18. Anda tentu mengerti maksudnya, misal terapkan model bisnis seperti Gojek ke bisnis X.

19. Temukan ceruk dan jual kembali produk di market place Anda sendiri.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.