ADVERTISMENT

img
Tips

Ini Dia Cara Mengirim Keramik Ke Luar Negeri Dengan Aman

Ini Dia Cara Mengirim Keramik Ke Luar Negeri Dengan Aman
Artikel ditulis olehApril Liliana

Ingin mengirim keramik ke luar negeri namun belum yakin bagaimana cara mengirim yang aman?

Keramik merupakan barang kerajinan yang memerlukan kehati-hatian dalam pengirimannya agar keramik sampai dalam keadaan yang tidak pecah saat di tangan pembeli.

pengiriman keramik yang aman

Apalagi kita tahu mengekspor berarti mengirimkan barang yang mana memerlukan waktu tidak sedikit untuk sampai ke pembeli. Apapun barangnya, tantangan sebagai pengekspor adalah harus menjamin barang tetap dalam kondisi yang baik saat tiba. Sehingga proses pengemasan atau packaging yang baik menjadi point penting yang wajib dimiliki pengekspor.

Dikutip dari repack.id, berikut ini cara mengirim keramik ke luar negeri yang aman.

Pastikan Alamat Tujuan dengan Benar

Seaman apapun cara pengemasan untuk sebuah produk, hal penting yang tidak boleh keliru adalah alamat tujuan pengiriman, maka kuncinya pengekspor wajib memastikan kebenaran alamat tujuan.

Tulislah alamat dengan jelas dan lengkap sehingga tidak membingungkan jasa pengiriman nantinya. Bila perlu konfirmasi ulang alamat tersebut kepada si penerima sebelum barang diserahkan kepada ekspedisi.

Mencantumkan Kontak yang Aktif

Selain alamat, pengekspor juga wajib menyertakan kontak yang dapat dihubungi sewaktu-waktu. Pastikan nomor telepon tersebut aktif. Selain kontak mobile, pengirim juga bisa menambahkan dengan alamat email atau lainnya.

Memilih Jasa Ekspedisi Terpercaya

Pastikan menggunakan jasa ekspedisi yang terpercaya dan sudah banyak digunakan oleh bisnis lainnya. Walaupun mungkin ada jasa logistik lain yang menawarkan tarif yang lebih murah, kita harus memperhatikan apakah layanan tersebut kredibel dan memiliki layanan yang berkualitas atau tidak.

Apakah jasa ekspedisi tersebut menjamin keamanan untuk barang pecah belah, memiliki standar tarif yang jelas, waktu pengiriman yang relatif cepat, dan mudah saat kita melakukan tracking.

Persiapkan Alat Packing

Keramik termasuk ke dalam benda pecah belah sehingga tentu memerlukan pengemasan yang ekstra saat ingin mengirimnya ke luar negeri.

Pengemasan yang aman akan membuat keramik tidak pecah dan aman dari benturan selama proses pengirimannya. 

Adapun benda-benda wajib yang harus digunakan untuk pengemasan keramik adalah: kardus, kain lembut, bubble wrap baru (bukan bekas), kertas, dan lakban. Material ini dapat dimaksimalkan penggunaannya sebagai pelapis keramik dan menghindarkannya dari risiko pecah.

Membungkus Dengan Ukuran yang Pas

Ini Dia Cara Mengirim Keramik Ke Luar Negeri Yang Aman

Memastikan ukuran bungkusan yang digunakan sesuai dengan besarnya keramik, tidak kekecilan juga tidak kebesaran. Berikan tambahan lakban atau karet untuk menghindari keramik dari guncangan. Gunakan bubble wrap yang cukup tebal sehingga daya lapisnya maksimal.

Hindari penggunaan bubble wrap bekas sebab tidak dapat melindungi keramik dengan baik, apalagi jika gelembungnya sudah tipis. Lakukan packing dengan hati-hati sehingga menjamin hasilnya tidak pecah, dibanding melaksanakannya secara tergesa-gesa.

Penuhi Seluruh Ruang Dalam Kotak Paking

Ini Dia Cara Mengirim Keramik Ke Luar Negeri Yang Aman

Menyisakan ruang kosong di dalam kotak paking akan memungkinkan terjadinya benturan pada keramik. Usahakan untuk memenuhi seluruh volume kotak dengan maksimal sehingga keramik di dalamnya tidak terguncang. Inilah pentingnya memilih kotak paking dengan ukuran yang pas sehingga tidak banyak menyisakan ruang kosong.

Cara kirim kerajinan keramik ke luar negeri dengan aman sampai tujuan ialah dengan mengisi ruang-ruang kosong dalam kardus. Bisa dilakukan dengan menyumpalnya bersama serutan kertas, atau potongan kain perca.

Beri Tanda Stiker Barang Pecah Belah

Jangan lupa memberi tanda stiker pecah belah pada kardus paking, sehingga tim ekspedisi dapat memperlakukan produk keramik Anda dengan baik selama dalam ekpedisi.

source: https://repack.id/

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.