ADVERTISMENT

img
Tips

Tips Masak Rendang Jengkol Empuk dan Anti Bau, Begini Caranya

Tips Masak Rendang Jengkol Empuk dan Anti Bau, Begini Caranya
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Di berbagai daerah di Indonesia, jengkol merupakan salah satu makanan premium. Harganya bahan dasar yang mahal, membuat jengkol menjadi santapan hanya di acara-acara khusus. Namun, tidak jarang jengkol juga menjadi makanan sehari-hari.

Berbagai masakan olahan jengkol menjadi masakan favorit orang Indonesia.

Namun, belakangan ini, popularitas jengkol menurun bagi kalangan anak muda. Bau yang sangat menyengat membuat anak muda jaman sekarang enggan untuk menikmati masakan olahan jengkol.

Padahal, dengan proses yang tepat dalam pembuatan bumbu rendang jengkol dapat menghasilkan masakan olahan jengkol yang tidak bau.

Nah, jika masakan olahan jengkol sudah tidak bau, pasti anak muda jaman sekarang dapat menikmati masakan olahan jengkol, khususnya bumbu rendang jengkol.

Masakan olahan jengkol yang terkenal di Indonesia, antara lain bumbu rendang jengkol, semur jengkol, jengkol balado, tumis jengkol dan keripik jengkol.

Nah, kali ini penulis akan sharing bumbu yang sangat legendaris, yaitu bumbu rendang jengkol. Bumbu rendang memang menjadi salah satu bumbu terenak di dunia, nah dan lebih nikmat lagi jika diaplikasikan ke bahan dasar jengkol.

Untuk menghasilkan jengkol yang tidak bau dan empuk, kalian membutuhkan beberapa bahan yang tidak biasa dan proses yang lebih lama.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang mudah ini kalian akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Tips Jengkol Agar Tidak Bau

  1. Sediakanlah daun jeruk.
  2. Iris daun jeruk kecil-kecil
  3. Masukkan irisan daun jeruk ke dalam air
  4. Rebus Air dengan irisan daun jeruk bersama jengkol

Cara ini dapat menghilangkan bau jengkol yang menyengat atau bisa dengan merendam jengkol dengan air kapur, satu hari sebelum diolah.

Silahkan kalian menggunakan cara manapun yang kalian pikir lebih mudah. Setelah proses ini selesei, yuk simak tahap dalam pembuatan bumbu rendang jengkol.

Bahan Bahan Rendang Jengkol Agar Tidak Bau dan Empuk

  1. Jengkol 1/2 kilo gram (Harus melalui proses sebelumnya agar tidak bau)
  2. Santan Kental 1/2 kilo gram (lebih baik menggunakan santan alami daripada santan kemasan)
  3. Daun Salam 2 lembar
  4. Jahe 1 Ruas Jari (Digepuk)
  5. Serai 1 Batang (Digepuk)
  6. Air 1/4 liter
  7. Garam secukupnya
  8. Gula secukupnya
  9. Penyedap rasa secukupnya
  10. Minyak secukupnya

Bahan-bahan diatas wajib ada dan lebih baik menggunakan yang alami dan fresh agar masakan sehat dan bergizi. Untuk jengkolnya pilihlah besar yang sesuai keinginan.

Bumbu Rendang Jengkol

  1. Bawang Merah 10 siung
  2. Bawang Putih 6 siung
  3. Cabai Merah 5 buah (tanpa biji)
  4. Kemiri 4 buah (disangrai)
  5. Kunyit 1 ruas jari (dibakar)

Proses membuat Bumbu Rendang Jengkol

  1. Jengkol yang telah direbus dengan irisan jeruk atau direndam semalaman dengan air kapur, direbus hingga 1/2 matang atau sampai empuk;
  2. Setelah ditiriskan, jengkol digepuk atau dipipihkan dengan apapun, hal ini agar bumbu rendang jengkol meresap sepenuhnya;
  3. Giling bumbu rendang jengkol dengan ulegan, jika sulit kalian dapat menggunakan mesin giling bambu serba guna. Mesin ini cocok digunakan dirumah dengan menggunakan motor bensin 5,5 pk atau dengan motor listrik 450 watt. Mesin ini berfungsi untuk menggiling bumbu apapun, sangat praktis dan serba guna. Kapasitas kerja mesin giling bumbu serba guna sekitar 25kg – 30kg per jam. Dengan menggunakan mesin ini, kalian dapat menghemat tenaga dan waktu dalam proses memasak;
  4. Setelah mendapatkan bumbu halus, lalu tumis dengan minyak secukupnya, beserta daun salam, jahe, serai tumis hingga wangi;
  5. Masukkan jengkol dan air dan terus di aduk, lalu masukkan santan aduk jangan sampai santan pecah;
  6. Tambahkan penyedap rasa, garam, gula dan aduk hingga merata. Jangan lupa cek rasa berkala;
  7. Setelah matang, angkat dan hidangkan bersama pelengkap seperti bawang goreng dan kerupuk.

Nah, kalian jangan sampai ada proses yang terlewat ya agar masakan dengan bumbu rendang jengkol enak dan lezat. Cek juga artikel penulis yang lain. Selamat mencoba dan terima kasih.

sumber: http://www.searchexceed.com

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.