ADVERTISMENT

img
Tips

Perhatikan 5 Point ini Sebelum Memulai Usaha

Perhatikan 5 Point ini Sebelum Memulai Usaha
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Sebelum memulai bisnis UMKM, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dari awal, mulai dari modal, produk yang akan dijual, tempat penjualan dan lainnya.

Dengan membuat perencanaan yang lebih matang, maka Anda bisa melakukan bisnis lebih terarah dan terstruktur. Untuk mengetahui lebih jelas berikut ini merupakan beberapa tips memulai bisnis UMKM buat pemula yang bisa dilakukan, di antaranya yaitu:

1. Perhatikan Pemilihan Bidang Usaha

Tips memulai usaha yang pertama yaitu dengan memilih bidang usaha yang akan Anda jalankan terlebih dahulu. Pastikan Anda bisnis untuk pemula yang memiliki peluang bagus untuk masa depan, sesuaikan dengan hobi agar usaha berjalan lancar dan lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih bisnis untuk pemula, mulai dari sesuaikan dengan modal yang Anda miliki, pilih usaha yang memiliki peluang besar di masa depan, sesuaikan dengan target pasar dan lainnya. Dengan memilih produk usaha yang tepat maka bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar.

2. Siapkan Mental

Tips memulai usaha selanjutnya, Anda harus menyiapkan mental dengan baik, karena ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Jika Anda lemah, maka usaha tidak bisa berjalan maksimal. 

Maka tak heran jika pengusaha bisnis UMKM sukses pasti memiliki keberanian, kuat dan tahan banting, serta tidak mundur jika menghadapi masalah. Begitu pula dengan Anda, hilangkan rasa pesimis dan tidak percaya diri Anda sekarang, jangan sampai ketika bisnis sedang berjalan, Anda sudah menyerah.

3. Siapkan Modal

Modal menjadi hal penting dan utama yang harus disiapkan untuk memulai bisnis umkm. Banyak orang yang salah kaprah dengan hal ini, mereka berpikir bahwa menjadi pebisnis harus memiliki modal yang besar, tentu saja hal tersebut kurang tepat, karena seberapapun modal yang Anda miliki, Anda tetap bisa menjadi pebisnis sukses. Yang terpenting, Anda harus pintar menghitung dan mengelola modal dan keuangan, agar bisnis berjalan maksimal.

4. Fokus Pada Satu Bisnis

Agar bisnis pemula berjalan lancar, sebaiknya Anda fokus saja terlebih dahulu dengan satu bisnis. Jangan memiliki banyak bisnis, namun Anda tidak bisa mengelolanya dengan baik, tentu hal tersebut akan berhasil sia-sia. Lebih baik fokus mengembangkan satu bisnis hingga berhasil dan menguntungkan. Jika Anda fokus, maka mengelola usahanya pun tidak sulit.

5. Tentukan Lokasi Tempat Usaha yang Strategis

Agar bisnis pemula sukses membangun usaha selanjutnya yaitu dengan menentukan lokasi tempat usaha yang strategis, misalnya di pinggir jalan atau tempat yang sering dilalui banyak orang.

Semakin banyak orang yang mengenal produk bisnis Anda, semakin banyak pembeli yang tertarik untuk membeli produk Anda. Apalagi saat ini banyak platform penjualan yang memudahkan pelaku usaha UMKM dalam mengembangkan usahanya.

Itulah tips memulai bisnis UMKM untuk bisnis pemula yang bisa dilakukan.

Sumber: https://ladara.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.