ADVERTISMENT

img
Tips

Cara Promosi yang Efektif untuk Mengembangkan Usaha

Cara Promosi yang Efektif untuk Mengembangkan Usaha
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Dalam kamus kegiatan promosi tidak ada kata benar atau salah karena setiap langkah yang dilakukan dalam mempromosikan suatu produk pasti tetap akan membawakan hasil.

Hasil yang didapatkan itulah yang akan menjadi penentu kegiatan promosi yang dilakukan berjalan baik atau tidak.

Berikut adalah cara promosi yang telah terbukti efektif dalam upaya untuk mempromosikan produk dari lini usaha-mu

1. Bekerjasama dengan influencer

Pengaruh influencer pada perkembangan dunia digital saat ini begitu besar yang tentu saja memiliki dampak langsung di masyarakat.

Karena tak jarang apa yang dilakukannya ataupun digunakan akan ditiru oleh masyarakat.

Maka dari itu menjalin kerjasama dengan influencer saat ini merupakan hal yang penting dilakukan oleh sebuah usaha, karena influencer yang kamu ajak kerjasama akan memberikan dampak pada persepsi masyarakat tentang produk-mu.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengendorse langsung influencer yang sekiranya cocok dengan branding dari usaha kerajinan tanganmu.

2. Pemasaran produk kerajinan tangan lewat sosial media

Sosial media merupakan platform paling penting pada abad ini karena pengaruhnya yang luar biasa.

Sosial media selain bisa digunakan untuk sarana berjejaring bisa juga digunakan untuk sebuah usaha untuk membuat branding tentang usahanya.

Maka dari itu penting bagi para pelaku usaha untuk mengelola sosial medianya dengan baik agar misi dan visi dari usaha dapat tersampaikan dengan baik kepada konsumen maupun audience.

3. Manfaatkan email marketing

Kegiatan promosi ini terbilang cukup teknis dan kompleks namun dampak yang diberikan dari strategi ini cukup signifikan dan layak untuk dicoba.

Dengan memanfaatkan email yang saat ini hampir dimiliki oleh semua orang kamu bisa mengirimkan informasi mengenai produk langsung kepada konsumen.

Salah satu platform yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kegiatan promosi ini adalah mailchimp.

4. Manfaatkan platform e-commerce

Selain sosial media, platform lain yang wajib dimanfaatkan untuk pelaku usaha kerajinan tangan adalah platform e-commerce.

Platform yang bisa dibilang pasar digital ini merupakan ekosistem yang baik bagi para pelaku usaha karena dapat memberikan kesempatan para pelaku usaha kerajinan tangan untuk mengembangkan usahanya.

Salah satu platform yang sangat berguna untuk kamu gunakan sebagai sarana promosi serta penjualan adalah LaDaRa dimana para pelaku UKM dan UMKM berkumpul.

5. Foto produk dengan kualitas baik

Istilah “gambar yang berbicara” sangat relevan dengan penggunaan media digital seperti saat ini ketika semua informasi dapat dikemas dalam genggaman layar.

Maka dari itu agar informasi mengenai kualitas barang dapat tersampaikan dengan baik kepada audiens dan konsumen kamu perlu mengemas produk-mu dengan foto yang bagus dan menarik agar membuat konsumen tertarik.

Untuk melakukannya kamu tidak perlu menggunakan kamera mahal karena saat ini kamera handphone pun sudah bisa menghasilkan gambar berkualitas yang terpenting kamu paham bagaimana pencahayaan dan cara mempresentasikan produk-mu.

Itulah tadi analisa serta strategi promosi yang bisa kamu terapkan untuk pengembangan bisnismu, semoga artikel ini bermanfaat untuk usaha kerajinan tanganmu.

Sumber: https://ladara.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.