ADVERTISMENT

img
Tips

Tips dan Trik agar Daging Rendang Empuk dan Enak di Konsumsi

Tips dan Trik agar Daging Rendang Empuk dan Enak di Konsumsi
Artikel ditulis olehCici Hokiku

Rendang merupakan salah satu makanan khas yang dimiliki oleh Indonesia lebih tepat nya berasal dari provinsi Sumatera Barat (Padang). Selain itu rendang juga menjadi makanan yang banyak di sukai banyak orang dari setiap kalangan.

Rendang daging juga sering kali di incar ketika orang hendak berkunjung ke rumah makan Padang. Daging yang empuk yang dikombinasikan dengan bumbu yang memiliki rasa khas membuat makanan ini menjadi makanan yang digemari oleh banyak orang.

Namun dibalik hal itu semua terkadang sering kali kita menemukan masakan rendang masih kurang enak untuk di konsumsi misalnya, seperti daging nya yang kurang empuk atau juga ada resep yang masih kurang sehingga menurunkan nafsu makan kita.

Biasanya daging yang kurang empuk bisa disebabkan karena cara pembuatannya pasti ada yang salah ataupun terlewat sehingga membuat daging akan terasa masih keras.

Cara Memasak Rendang Enak dan Empuk

Cara memasak rendang sebenarnya tidak begitu sulit, tetapi kamu membutuhkan kesabaran yang tinggi untuk membuatnya. Sebab memasak rendang sangatlah memakan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil dan rasa yang maksimal.

Membuat bumbu-bumbunya pun kamu harus memperhatikan langkah–langkah yang baik dan benar agar mendapatkan cita rasa dan wangi yang membuat orang tertarik untuk menyantapnya ketika melihat atau mencium wanginya.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memasak rendang daging yang enak dan empuk sehingga orang lahap pada saat menyantapnya. Mari baca artikel ini hingga akhir agar kamu paham betul dan mendapatkan hasil rendang daging yang maksimal.

1. Baluri daging dengan jahe atau nanas parut

Langkah pertama sebelum kamu mengolah daging tersebut menjadi rendang kamu harus melumuri daging tersebut dengan jahe yang sudah kamu parut. Jika sudah kamu bisa menunggunya beberapa menit.

Jika dirumah kamu tidak memiliki jahe kamu bisa mengganti nya dengan nanas yang sudah diparut juga tentunya.

Tujuan dari cara ini tentu agar memudahkan daging menjadi empuk pada saat kita mengolahnya menjadi rendang.

2. Potong searah dengan serat daging

Jika kamu sudah membaluri daging tersebut menggunakan jahe ataupun nanas kamu bisa melanjutkan ke langkah yang selanjutnya yaitu memotong daging searah dengan serat daging panjang.

Potongan nya pun juga jangan terlalu kecil dan jangan juga terlalu besar. Hal ini memang terdengar sepele namun dapat berpengaruh pada tekstur daging nantinya ketika sudah matang.

Apabila kamu tidak memotongnya searah dengan serat yang pasti daging tersebut akan alot ketika sedang diolah. Begitupun sebaliknya jika kamu memotongnya searah dengan serat yang panjang kamu pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Gunakan santan secukupnya

Pada saat memasak rendang menggunakan santan juga harus diperhatikan, gunakanlah santan secukupnya kamu harus mempunyai patokan misalnya 1:3 untuk perbandingan daging dengan santan.

Jadi apabila kamu memasak daging sebanyak 1 kg kamu harus menyiapkan santan kental sebanyak 3 buah kelapa.

4. Masukan daging setelah bumbu sedang dimasak

Nah ini juga tidak kalah penting dari yang lain yaitu memasukan daging setelah bumbu sedang dimasak. Tentu dengan begini kamu akan mendapatkan tekstur daging yang empuk sesuai keinginan kamu.

Caranya kamu bisa memasukan bahan bahan dari bumbu rendang lah dihaluskan dengan cara digiling. Jika semua bahan bahan sudah digiling kamu bisa menuangkan santan kentalnya.

Kemudian kamu bisa merebus bumbu yang sudah dihaluskan yang sudah dicampurkan oleh santan. Lalu diamkan selama 2 sampai 3 jam baru kamu bisa menaruh daging yang sudah kamu potong potong ke dalam rebusan bumbu rendang tersebut.

Selain untuk mendapatkan tekstur daging yang empuk cara ini juga dapat membuat bumbu rendang meresap kedalam daging sehingga daging yang dihasilkan menjadi lebih nikmat.

5. Memasak rendang dengan menggunakan api kecil

Mungkin sebagian orang berfikir memasak dengan menggunakan api besar akan cepat matang. Padahal tidak seperti itu untuk memasak rendang kamu hanya bisa menggunakan api kecil saja.

Menggunakan api kecil tujuan nya agar membuat seluruh daging empung secara merata dan membuat bumbu rendang meresap kedalam daging. Namun jika kamu memasak nya menggunakan api besar hasilnya pun juga akan sebaliknya.

Ada beberapa tipe rendang yaitu rendang kering dan basah. Untuk memasak rendang kering dengan menggunakan api kecil kira kira waktu yang kamu butuhkan 5 sampai 6 jam. Sedangkan untuk memasak rendang basah akan memakan waktu 4 jam kurang lebih.

6. Aduk secukupnya saja saat memasak rendang

Pada saat daging sudah dimasukan kedalam bumbu yang sudah dicampurkan dengan santan kamu harus mengaduknya.

Jika kamu terlalu sering mengaduk pasti daging tersebut akan hancur dan tidak akan berbentuk utuh lagi. Maka dari itu kamu harus berhati hati pada saat mengaduknya.

Kamu hanya perlu mengaduknya sesekali saja tujuan nya agar rendang yang kamu buat tidak gosong. Pada saat mengaduk kamu harus juga berhati hati agar daging akan tetap empuk dan juga tidak rusak.

Jadi bagaimana? Apa kamu sudah mengerti bagaimana cara untuk memasak rendang daging yang empuk dan nikmat ketika di santap bersama keluarga kamu dirumah.

Semoga artikel ini dapat membantu dan menginspirasi kamu dalam membuat rendang yang lezat untuk disajikan kepada keluarga.

Sumber: https://ladara.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

img

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.