ADVERTISMENT

Tips

Perhatikan Hal ini Sebelum Anda Membuat Brand Skincare Sendiri!

Artikel ditulis olehCici Hokiku

Produk dari industri kecantikan khususnya skincare diprediksi memiliki prospek bisnis yang cerah di masa depan.

Melihat hal tersebut, tak mengherankan banyak pelaku UMKM yang berbondong-bondong terjun untuk memulai bisnis ini, baik itu dengan sistem reseller maupun memproduksi produk sendiri.

Langkah Bikin Brand Skincare Sendiri

Menjadi reseller mungkin perihal yang mudah karena kamu hanya tinggal menjual produk yang sudah ada namun untuk memproduksi sendiri produk skincare itu perihal lain yang tentunya jauh lebih rumit.

Namun meskipun rumit bukan berarti memproduksi skincare adalah sesuatu yang mustahil dilakukan karena saat ini sudah banyak vendor yang jasa untuk meracik skincare sesuai keinginanmu.

Namun untuk memudahkan proses kamu dalam memproduksi produk skincare sendiri, berikut dibawah ini adalah beberapa langkah penting yang harus kamu lakukan.

1. Mempunyai pengetahuan yang cukup

Dalam membuat skincare dengan brand sendiri tentu kamu harus memiliki pengetahuan yang luas tentang produk skincare, mulai dari hal umum hingga yang tersulit.

Terus bagaimana caranya? Caranya kamu harus banyak banyak sharing kepada para ahli tentang skincare dan kesehatan kulit seseorang.

2. Menentukan produk brand skincare sendiri

Langkah berikutnya adalah menentukan produk seperti apa yang ingin kamu buat nantinya. Seperti yang kita ketahui bahwa skincare memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda.

Setelah sudah mengetahui produk seperti apa yang ingin kamu buat, lalu kamu harus menentukan komposisi dan kandungan untuk membuatnya.

3. Konsultasikan produk kepada para ahli

Jika kamu sudah menentukan dan membuat produk kamu langkah selanjutnya adalah konsultasikan produk yang sudah kamu buat ke ahlinya. Agar kamu mengetahui apakah produk yang kamu buat layak dipakai atau tidak.

Serta bahan bahan pembuatan produk apakah tidak membahayakan untuk kulit atau tidak, waktu pemakaiannya hingga konsumen merasakan perubahan yang baik pada kulitnya, dan seperti apa cara pemakaian nya yang baik.

4. Buat sample produk brand skincare sendiri

Sebelum memproduksi dengan skala besar kamu harus membuat sample terlebih dahulu dan jika sudah matang dan sesuai yang kamu inginkan baru kamu bisa memproduksi dengan banyak.

Ketika proses pembuatan tentu kamu harus didampingi oleh para ahli agar produk yang kamu buat aman dan berkualitas.

5. Lakukan uji coba produk

Jika kamu sudah memiliki sample produk skincare yang sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah menguji kelayakan produk skincare. Kamu bisa memulai uji coba kepada beberapa orang terlebih dahulu.

Uji kelayakan produk bertujuan untuk apakah produk yang sudah kamu buat sebelumnya layak untuk digunakan apa tidak, dan tidak menimbulkan efek negatif kepada kulit.

Dalam melakukan uji kelayakan produk ada beberapa poin yang harus diujikan. Mengingat setiap konsumen memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, semakin banyak kamu melakukan uji coba produk, maka semakin layak produk skincare untuk digunakan.

6. Daftarkan produk ke lembaga kesehatan

Sebelum anda menyebar ke pasaran langkah yang terakhir adalah mendaftarkan produk anda ke lembaga kesehatan, daftarkan produk skincare kepada lembaga kesehatan yang berwenang agar produk kamu diberikan surat izin edar produk tersebut. Lembaga kesehatan yang berwenang adalah BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).

Pastikan produk yang kamu sudah buat memenuhi syarat standar, peraturan, regulasi yang sudah diberikan BPOM.

Selain itu kamu juga bisa mendaftarkan produk kamu ke lembaga lain yang memberikan kelayakan produk. Seperti, lembaga MUI yang memberikan sertifikasi halal pada produk.

Jika produk kamu sudah sempurna dan sudah layak untuk diedarkan ke pasaran, sekarang saatnya kamu untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif untuk produkmu

Semoga artikel ini dapat berguna serta memiliki manfaat untuk proses pengembangan produk skincaremu.

Sumber: https://ladara.id

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan juragan lainnya.

Artikel Terkait

ADVERTISMENT

AnekaUKM - One-stop Solution for SMEs

Copyright © 2024 AnekaUKM. All rights reserved.